Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi

Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi- Gigi ialah alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan. Dengan gigi, kita sanggup menggigit, memotong, mengunyah, merobek, dan menghaluskan masakan yang kita makan. Proses dan cara melaksanakan gigi disebut mencerna masakan secara mekanis. Gigi berfungsi untuk mengunyah masakan menjadi halus. Ini sangat membantu kinerja enzim untuk mencerna masakan dengan cepat dan efisien.

A. Jenis Gigi dan Fungsi Gigi Manusia - Gigi insan terbagi menjadi 4 jenis gigi yang ditemukan di verbal menurut bentuknya. Berbagai jenis gigi insan dan fungsinya mencakup berikut ini.

  • gigi Seri (identis incisivus) ialah gigi yang terdiri dari akar yang berfungsi untuk memotong dan memotong masakan atau benda lainnya. Gigi seri di bab depan dengan bentuk tegak dan tajam. Seperti sekop atau tatah.
  • Gigi kaninus (kaninus identik) ialah gigi yang terdiri dari satu akar yang berfungsi untuk merobek masakan atau benda lainnya. Bentuk gigi taringnya tinggi dan runcing.
  • Gigi Geraham depan (pramolar) ialah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi menggiling dan mengunyah masakan atau benda lainnya. Bentuk gigi depan lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan kecil.
  • Gigi Geraham belakang (molar) ialah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk menghancurkan, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah masakan atau benda lainnya.

Pengertian, Fungsi, Tipe, & Bagian GigiB. Bagian Gigi - Secara struktural, anatomi gigi terdiri dari bab di atas sebagai berikut:

1. Mahkota gigi (Korona): Mahkota gigi (korona atau biasa disebut klimaks gigi yang terlihat dari luar) Setiap jenis mempunyai bentuk mahkota gigi yang berbeda.
2. Gigi leher (Kolom): Keropos gigi (kolom) ialah gigi di dalam karet terlindung dan merupakan batas antara mahkota dan akar gigi.
3. Akar gigi (Radiks): Akar gigi ialah gigi yang ada di dalam rahang dan disematkan. Gigi akar melekat di tulang rahang dengan jumlah satu atau dua.

 Gigi ialah alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi



C. Lapisan - Lapisan Gigi - Pada bab gigi insan yang terstruktur/tersusun atas 4 (empat) lapisan/ jaringan antara lain sebagai berikut... 

  • Email : Email ialah lapisan/jaringan keras yang melapisi bab mahkota gigi yang mengandung kalsium. Fungsi Email gigi ialah untuk melindungi tulang gigi di bab luar gigi manusia.  
  • Tulang Dentin : Tulang dentin ialah lapisan/jaringan yang dibuat oleh zat kapur berwarna kekuningan yang terdapat sesudah lapisan Email. 
  • Pulpa (Rongga gigi) : Pulpa ialah lapisan yang terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, dan serabut-serabut saraf yang mendeteksi, tekanan, panas, dingin, dan sakit. Pembuluh darah dan saraf menjulur ke akar gigi. 
  • Semen : Semen ialah lapisan keras yang mempunyai konstruksi yang besar lengan berkuasa melapisi akar gigi. Semen/sementrum merupakan lapisan pada akar gigi yang berdamping/bertasan pribadi denan tulang rahang dimana tempat tersebut tempat tumbuhnya gigi manusia.

D. Susunan dan Jumlah Gigi - Berdasarkan dari tahapan perkembangannya, gigi insan terdiri dari dua kelompok yaitu gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) ialah gigi yang tumbuh di anak yang berusia 6 bulan - 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dengan digantikan oleh gigi dewasa. 

1. Jumlah Gigi Susu anak ialah 20 buah : 
Gigi seri : 8 buah 
Gigi taring : 4 buah 
Gigi geraham : 8 buah
 Gigi ialah alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi


2. Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permanen) ialah 32 buah : 
Gigi seri : 8 buah 
Gigi taring : 4 buah 
Gigi geraham depan : 8 buah 
Gigi geraham belakang : 12 buah
 Gigi ialah alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi


Demikianlah info mengenai Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian gigi, fungsi gigi, jenis-jenis gigi, dan bagian-bagian gigi, susunan gigi, jumlah gigi pandai balig cukup akal (permanen), jumlah gigi anak (gigi susu). Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Gigi, Fungsi, Jenis Jenis, Jumlah, Bagian-Bagian, Susunan Dan Jumlah Gigi"

Posting Komentar