Asal Mula Terjadinya Negara Menurut Fakta, Teoritis Dan Proses Pertumbuhan

Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan Fakta Dan Teoritis- Sejarah pembentukan negara dimulai dari asal dan juga aneka macam teori pembentukan negara dari aneka macam pendapat ahli. Setiap negara mengalami pengalaman yang berbeda dari insiden yang dikenali oleh negara lain. Ada beberapa cara untuk menentukan asal suatu negara yang terbagi dalam beberapa pandangan di negara asal secara faktual, teoritis, dan didasarkan pada proses pertumbuhan.

1. Asal Mula Terjadinya Negara Secara Faktual/Kenyataan

Faktanya, ini yakni cara untuk mengetahui asal ajakan suatu negara menurut fakta sebetulnya yang diketahui dalam sejarah lahirnya suatu negara. Dalam terjadinya suatu negara tergolong dalam aneka macam istilah, antara lain, sebagai berikut ..

 Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan Fakta Dan Teoritis Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan Fakta, Teoritis Dan  Proses Pertumbuhan


  • Occupatie (pendudukan) yakni wilayah atau wilayah yang tidak dikuasai dan belum dikuasai oleh suku atau kelompok tertentu. Misalnya liberia ditempati oleh budak Negro dan dibebaskan pada tahun 1947.
  • Cessie (pengajuan) yakni area yang tersisa ke negara lain menurut janji tertentu. Conohnya, Wilayah Sleeswijk diserahkan oleh Austria di Prusia (Jerman) alasannya yakni janji di negara yang dalam perang harus memberi negara yang dikuasainya di negara pemenang. Austria yakni salah satu pecundang dalam Perang Dunia I.
  • Accesie yakni kawasan alasannya yakni adanya peningkatan lumpur sungai atau yang timbul dari dasar bahari (delta). Daerah dihuni oleh sekelompok orang sehingga terbentuk sebuah negara. Misalnya di wilayah negara bab Mesi yang terbentuk dari Sungai del Nil.
  • Fusion (fusion), Beberapa negara mengadakan fusi (fusi) dan membentuk negara baru. Misalnya pada penggabungan Jerman Barat dan Jerman Timur pada tahun 1990
  • Proklamasi tersebut merupakan penduduk orisinil suatu kawasan yang diduduki oleh negara lain dengan mengadakan usaha (perlawanan) sehingga berhasil merebut daerahnya kembali dan menyatakan kemerdekaannya. Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dari pendudukan Jepang yang dinyatakan dengan proklamasi
  • Innovatioan (formasi baru) yakni kemunculan sebuah negara gres atas wilayah sebuah negara yang melarat dan lenyap alasannya yakni sesuatu. Misalnya ketika lenyapnya Uni Soviet. Di wilayah negara itu muncul negara gres menyerupai Chechnya, Uzbekistan, dan Rusia.
  • Anexatie (aneksasi / penguasaan) yakni sebuah negara sanggup bangkit di kawasan yang dikuasai (dianeksasi) oleh negara lain tanpa adanya reaksi yang signifikan. Negara Israel dibuat dengan mencaplok Palestina, Mesir, Suriah dan Yordania.

2. Asal Mula Terjadinya Negara Secara Teoritis 


Secara teoritis yakni cara mengetahui asal ajakan negara sesuai dengan / menurut studi teoritis yang dikenal dengan teori pembentukan negara. Teori Formasi Negara yakni sebagai berikut ..

  • Teori Ketuhanan, yakni sebuah teori yang didasarkan pada akidah akan segala sesuatu yang terjadi pada kehendak Tuhan. Negara dengan sendirinya juga terjadi pada kehendak Tuhan. Teori ini menerima derma dari Kranenburg, Thomas Auinas dan Agustinus.
  • Teori Kekuatan, yakni teori yang dibuat negara menurut pada dasar kekuasaan di mana kekuasaan yakni ciptaan orang yang paling berpengaruh dan berkuasa. Teori ini menerima derma dari Karl Marx, Leon Duguit, dan Harold J. Laski
  • Teori Ilmu Sosial (Social Contract), yakni teori yang didasarkan pada janji masyarakat. Semua negara berkomitmen pada janji bersama untuk membentuk sebuah organisasi yang sanggup melindungi dan menjamin kelangsungan hidup semua orang. Teori ini juga didukung oleh Monstequieu, Thomas Hobbes, John Locke, J.J.Rousseau.
  • Teori Hukum Alami, yakni teori yang didasarkan pada aturan kodrat tidak dibuat di negara bagian, namun kekuatan alamiah berlaku di setiap waktu dan tempat, dan bersifat universal dan tidak berubah.

3. Asal Negara Bagian Berdasarkan Proses Pertumbuhan
Berdasarkan proses pertumbuhan yakni cara mengetahui tahap perkembangan negara, dari asal mula terjadinya, proses pertumbuhan, hingga mencapai bentuk yang kita kenal sekarang. Dengan cara ini, asal negara sanggup dibedakan dalam dua proses, antara lain, sebagai berikut.

a. Secara primer. Terjadinya negara berawal dari masyarakat aturan paling sederhana yang lalu berkembang ke tingkat yang lebih maju. Tahapan pertumbuhannya yakni sebagai berikut.
  • Tribe / community fellowship (genootschaft) yakni kehidupan insan yang dimulai dari keluarga, maka kelompok masyarakat aturan (sukum). Satu suku bermetamorfosis dua suku, tiga suku, dan seterusnya hingga menjadi besar dan kompleks. Perkembangan ini bisa terjadi alasannya yakni faktor alam atau jawaban penaklukan suku.
  • Kerajaan (rijk) yakni panggung yang diawali dengan kepala suku yang pada awalnya berkuasa di masyarakat aturan untuk berkembang dengan melaksanakan penaklukan ke kawasan lain.
  • Negara rasional yakni panggung yang dimulai dengan sebuah negara nasional yang diperintah oleh raja adikara dengan sistem pemerintahan terpusat. Semua orang yang dipaksa untuk mematuhi kehendak dan perintah raja. Hanya ada satu identitas nasional. fase ini disebut fase nasional dalam terjadinya suatu negara
  • Negara demokratis yakni panggung di mana kekuasaan mutlak raja mengambil kehendak rakyat untuk memegang pemerintahan mereka sendiri. Artinya, kedaulatan / kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat. Orang yang berhak menentukan pemimpinnya yang dianggap bisa mewujudkan aspirasi mereka. Ini mendorong lahirnya demokrasi.

b. Sekunder. Teori terjadinya suatu negara dengan basis sekunder menurut keadaan itu sudah ada sebelumnya. Tapi alasannya yakni revolusi, intervensi dan penaklukan, muncullah sebuah negara yang menggantikan negara yang ada. Karena revolusi di Uni Soviet. Cheechnya, dan Uzbekistan menjadi negara merdeka. Kemerdekaan Indonesia dari Jepang sehabis Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Demikianlah isu mengenai Asal Mula Terjadinya Negara. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu asal mula terjadinya negara menurut faktual, asal mula terjadinya negara menurut teoritis, asal mula terjadinya negara secara proses pertumbuhan. Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Asal Mula Terjadinya Negara Menurut Fakta, Teoritis Dan Proses Pertumbuhan"

Posting Komentar