Macam-Macam Ekosistem Darat Dan Ciri-Cirinya Beserta Gambarnya

Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya -Ekosistem terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem perairan dan ekosistem terestrial, dimana kita akan menginformasikan aneka macam jenis ekosistem darat. Ekosistem terestrial berada pada area yang sangat luas yang disebut bioma. Jenis bioma sangat dipengaruhi oleh iklim, sedangkan iklim dipengaruhi oleh letak geografis di garis lintang dan ketinggian permukaan laut. Beberapa biomassa diubahsuaikan dengan vegetasi yang dominan. Ada tujuh jenis bioma di bumi, hutan hujan tropis, sabana, savanna, hutan gugur, tundra, padang pasir, dan taiga. Berikut ini menjelaskan aneka macam ekosistem darat dan fitur-fiturnya menyerupai sifat hutan hujan tropis, fitur padang rumput, fitur savanna, fitur hutan gugur, fitur tundra, fitur padang pasir, ciri taiga, antrara lainnya sebagai berikut ...

Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya

 yaitu ekosistem perairan dan ekosistem terestrial Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya Beserta Gambarnya

1. Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis terletak di dalam Khatulistiwa, menyerupai di lembah Amazon, Amerika Selatan, Asia Tenggara (malaysia, indonesia, thailand), dan lembah sungai congo. Hutan hujan tropis mempunyai fitur abiotik berikut.

  • Curah hujannya sangat tinggi antara 200-450 cm / tahun
  • Sepanjang tahun matahari bersinar dengan suhu sekitar 21-30 derajat celcius
  • Di pohon hutan hujan tropis sanggup tumbuh setinggi 55 m dan membentuk kanopi (kap mesin).
  • Beberapa tumbuhan tumbuh merayap (liana), menyerupai rotan, atau tumbuh melekat (epiphytes), menyerupai anggrek, di dahan pohon untuk mendapatkan sinar matahari.
  • Kebanyakan binatang tinggal di sekitar kanopi alasannya gampang mendapatkan makanan dan bergerak. Banyak yang ditemukan binatang sanggup terbang atau memanjat, menyerupai kelelawar, ular, tupai, monyet, burung, dan serangga. Sementara di tanah ada jenis macan tutul, babi hutan dan jaguar.


2. Padang rumput
Padang rumput berada di kawasan tropis hingga kawasan beriklim sedang, menyerupai Hungaria, Amerika Selatan, Australia, dan Rusia Selatan. Di Indonesia, ada padang rumput di Nusa Tenggara. Rata-rata curah hujan 25-50 cm / tahun (beberapa mencapai 100 cm / tahun) dan curah hujan tidak teratur. Di kawasan dengan curah hujan tinggi, rumput tumbuh subur hingga mencapai tinggi 3 m, menyerupai rumput bluestem. Sedangkan di kawasan dengan curah hujan rendah ada rumput pendek, menyerupai rumput grama dan bufallo grasses. Hewan yang tinggal di padang rumput, menyerupai reptil, burung, kanguru, rusa, singa, cheetah, jaguar, serigala, ular, tikus, serangga, zebra dan jerapah.

Ciri ciri  Padang rumput

  • Terletak di kawasan tropis dan sub tropis
  • Curah hujan biomassa padang rumput ialah 25-50 cm / tahun, namun turun secara tidak teratur
  • Iklim biomassa padang rumput umumnya panas
  • Ditemukan posorita dan drainase tidak teratur, menimbulkan tumbuhan sulit untuk mengambil air
  • Hewan di padang rumput menyerupai reptil, burung, kanguru, rusa, singa, cheetah, jaguar, serigala, ular, binatang pengerat, serangga, zebra dan jerapah.


3. Sabana
Sabana (savana) ialah padang rumput yang diselingi pepohonan. Sabana terletak di kawasan tropis dengan curah hujan sekitar 90-150 cm / tahun, menyerupai Australia utara, Nusa Tenggara Timur, Kenya (Afrika), Nusa Tenggara Barat. Saban dibedakan menjadi dua jenis: savana murni (satu jenis pohon) dan gabungan sabana (beberapa jenis pohon). Jenis tumbuhan yang membentuk biomassa ialah rumput, Acacia, Eucalyptus, dan Coryphautan (gates), sedangkan pada spesies binatang antara lain gajah, spotted, rayap, antelop, zebra, singa, serangga, dan kuda.

ciri ciri Sabana(Savanna)

  • Padang rumput diselingi pepohonan
  • Terletak di kawasan tropis dengan curah hujan 90-150 cm / tahun.
  • Sabana terdaat di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Amerika Utara dan Kenya (Afrika)
  • Tanaman yang membentuk biomassa Savanna ialah rumput, Coryphautan (gerbang), akasia, kayu putih
  • Jenis Biara binatang menyerupai gajah sabana, macan tutul, rayap, antelop, zebra, singa, serangga, dan kuda.


4. Hutan Musim Gugur
Hutan yang terjatuh ditemukan di kawasan di mana ada empat animo menyerupai animo dingin, animo panas, animo semi dan animo gugur. Seperti di Amerika Serikat, timur, Asia timur, Cile, dan Eropa barat. `Hutan yang gugur mempunyai curah hujan yang tidak merata sepanjang tahun sekitar 75-100 cm / tahun. Tanaman yang hidup pada umumnya mempunyai daun yang lebar, menyerupai pohon ek, elm, maple, dan beech. Di animo dingin, air membeku sehingga tidak sanggup diserap tumbuhan sehingga tumbuhan tidak sanggup melaksanakan fotosintesis. Akibatnya, daun menjadi bermetamorfosis merah kemudian coklat, dan alhasil jatuh. Sebaliknya di animo panas tiba-tiba dan salju mencair, tumbuhan akan menyerap air sehingga daunnya mekar untuk fotosintesis.

Di animo dingin, beberapa binatang hidup dalam ekosistem hutan yang rusak yang mengalami hibernasi (tidak bergerak dan tidak makan, hanya tidur), menyerupai hamster dan kelelawar. Beberapa binatang pemakan biji, menyerupai lemings, menyimpan cadangan makanan dalam menyembunyikan lubang. Ada juga binatang yang membentuk lemak di bawah kulit, menyerupai tikus. Sementara itu, burung-burung tersebut berimigrasi ke kawasan yang lebih hangat.

Ciri ciri Hutan Musim Gugur
  • curah hujannya 75-100 mm / tahun
  • memiliki empat animo (panas, dingin, gugur, dan semi)
  • terletak di kawasan sub tropis 23,5 derajat Lu dan LS
  • di animo panas: radiasi matahari tinggi, curah hujan tinggi, dan kelembaban tinggi.
  • sebelum animo dingin: radiasi matahari mulai berkurang, suhu dan kelembaban mulai turun. Tanaman sulit untuk mendapatkan air, sehingga warna daun menjadi merah dan coklat hingga alhasil gugur (gugur).
  • Musim dingin: telanjang cacat (tidak berdaun), daun tidak mengalami fotosintesis, dan beberapa binatang melaksanakan hibernasi (tidur panjang).
  • sebelum animo panas: suhu naik, salju meleleh, dan tumbuhan mulai berdaun (musim semi).


5. Tundra
Tundra ialah bioma paling dingin. Biome tundra dibedakan oleh dua jenis arsitektural tundra dam timdra alpin. Tundra Arktik terletak di kawasan kantong utara (Arktik), Siberia, Finlandia, Rusia dan Kanada. Tanah ditutupi oleh mencairnya salju di animo panas. Di animo dingin, tidak ada sinar matahari yang berlangsung selama sekitar 9 bulan. Matahari gres bersinar di animo panas yang hanya memakan waktu sekitar tiga bulan. Vegetasi mayoritas ibi biome ialah lichen "rusa kutub", lumut Sphagnum. Selain itu, ada juga bibit tumbuhan yang mempunyai ukuran pendek, dengan masa pengembangan singkat (sekitar 2 bulan). Di animo panas tumbuhan segera menghasilkan bunga dan biji, kemudian akan mengalami dormansi (tidak aktif) di animo dingin, menyerupai pohon willow dan birch. Hewan yang hidup di biola tundra, antara lain rubah, karibu, muskox dan ptarmigan. Tundra alpin ditemukan di puncak gunung yang tinggi, menyerupai di puncak gunung Jaya Wijaya, Papua. Vegetasi tundra alpine didominasi rumput alang-alang, lumut, semak, dan lumut daun.
Ciri ciriTundra
  • Mendapatkan sedikit energi radiasi matahari, animo cuek yang sangat panjang sanggup berlangsung selama 9 bulan dengan suasana yang gelap.
  • Musim panas berlangsung selama 3 bulan, di mana vegetasi tumbuh.
  • Fauna khas biola tundra ialah "Muskoxem" (bison berkepala tebal) dan rusa kutub / karibu (rusa kutub)


6. Gurun
Padang pasir ialah ladang yang luas yang tandus alasannya hujan yang sangat jarang turun di kawasan tersebut. Misalnya Gurun Gobi di Asia dan Gurun Sahara di Afrika.

Ciri ciri Gurun
  • Curah hujan sangat rendah: kurang dari 25 cm / tahun
  • Tanahnya sangat tandus dan tidak sanggup menyimpan air
  • Kecepatan penguapan (evaporasi) sangat tinggi
  • Kelembaban sangat rendah
  • Suhu di beberapa padang pasir sanggup sangat panas, dengan suhu siang hari mencapai 60 derajat celcius, sementara malam hari mencapai 0 derajat Celsius.


7. Taiga
Taiga (hutan boreal) ditemukan di kawasan antara subtropis dan kutub, menyerupai Alaska, Rusia, Amerika Utara, dan semenanjung Skandinavia. Bioma ini juga ditemukan di iklim dingin. Tanaman mayoritas dengan jarum berdaun (tumbuhan runjung) yang terlihat hijau sepanjang tahun, menyerupai alder, cemara, cemara, birch dan juniper. Hewan yang hidup di ekosistem taiga antara lain sering, burung, rusa, mengundang, beruang hitam, dan lynx.

Ciri ciri Taiga
  • Perbedaan suhu di animo panas dan animo cuek sangat tinggi
  • Pertumbuhan tumbuhan terjadi di animo panas (3-6 bulan)
  • Tanaman / pohon seragam (homogen)
Demikianlah info mengenai Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat baik itu ciri-ciri hutan hujan tropis, ciri-ciri padang rumput, ciri-ciri sabana, ciri-ciri hutan gugur, ciri-ciri tundra, ciri-ciri gurun, ciri-ciri taiga. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Ekosistem Darat Dan Ciri-Cirinya Beserta Gambarnya"

Posting Komentar