Pengertian Sosiologi , Ciri-Ciri Dan Hakikat Sosiologi

Pengertian Sosiologi , Ciri-Ciri Dan Hakikat Sosiologi - Secara umum, Pengertian Sosiologi  yaitu ilmu yang mempelajari jaringan relasi antar insan dalam masyarakat. Sosiologi yaitu ilmu yang berbicara wacana apa yang terjadi hari ini, terutama contoh relasi dalam masyarakat, dan berusaha menemukan masyarakat umum, rasional, empiris, dan umum. Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh filsuf Prancis, moralis dan sosiolog Augste Comte di Cours de Philosophie Positive-nya. Menurut Comte, sosiologi berasal dari kata Latin Socius yang berarti sahabat atau sesama dan logo kata Yunani yang berarti cerita. Jadi, pada awalnya sosiologi berarti kisah wacana sahabat atau masyarakat.

1. Pengertian Sosiologi  Menurut Pakar Ahli- Selain Auguste comte, ada beberapa sosiolog yang sangat berkontribusi dalam memperlihatkan pendapatnya dalam pengembangan sosiologi dalam mendefinisikan pengertian sosiologi. Memahami sosiologi berdasarkan para mahir yaitu sebagai berikut ..


  • Pitirin Sorokin: Menurut Pitirin Sorokon, pengertian sosiologi yaitu studi wacana relasi dan saling menghipnotis antara aneka macam jenis fenomena sosial, ibarat fenomena religius, fenomena moral, tanda-tanda ekonomi, dan fenomena keluarga; relasi dan saling dampak antara fenomena sosial dan fenomena non-sosial, ibarat fenomena geografis dan biologi; karakteristik umum dari semua jenis fenomena sosial lainnya.
  • Roucek dan Warren: Menurut Roucek dan Warren, gagasan sosiologi yaitu studi wacana relasi antara orang-orang dalam kelompok.
  • William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkof: Menurut William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkof, pengertian sosiologi yaitu studi alami wacana interaksi sosial dan hasil, yaitu organisasi sosial.
  • J. A. A. von Dorn dan C. J. Lammers: Menurut J. A. A. von Dorn dan C. J. Lammers, pengertian sosiologi yaitu ilmu wacana struktur dan proses sosial yang tidak stabil.
  • Max Weber: Menurut Max Weber, pengertian sosiologi yaitu ilmu yang berusaha memahami tindakan sosial.
  • Selo Soemardjan dan Soelard Soemardji: Menurut Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardji, pengertian sosiologi yaitu studi sains sosial wacana struktur sosial dan proses sosial, termasuk perubahan sosial.
  • Paul B. Horton: Menurut Paul B. Horton, pengertian sosiologi yaitu sains yang berfokus pada studi wacana kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
  • Soerjono Soekanto: Menurut Soerjono Soekanto, pengertian sosiologi yaitu ilmu yang memusatkan perhatian pada aspek kemasyarakatan yang bersifat umum dan mencoba mendapatkan contoh kehidupan masyarakat secara umum.
  • William Kornblum: Meurut William Kornblum, gagasan sosiologi yaitu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan sikap sosial anggotanya dan menciptakan masyarakat terlibat dalam aneka macam kelompok dan kondisi.
  • Allan Johnson: Menurut Allan Johnson, gagasan sosiologi yaitu studi wacana kehidupan dan perilaku, terutama yang berkaitan dengan sistem sosial dan bagaimana hal itu menghipnotis orang dan bagaimana orang-orang yang terlibat di dalamnya menghipnotis sistem.

2. Ciri-Ciri dan Hakikat Sosiologi - Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mempunyai ciri-ciri utama yaitu empiris, teoretis, kumulatif, nonetis. Ciri-Ciri utama Sosiologi yaitu sebagai berikut... 
  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi terhadap kenyataan dan logika sehat serta akhirnya tidak bersifat spekulatif atau menduga-duga.
  • Teoritis, artinya suatu ilmu pengetahuan yang selalu  berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi merupakan kesimpulan logis yang bertujuan menjelaskan mengenai relasi dari alasannya yaitu akhir sehingga menjadi teori. 
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang telah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama. 
  • Nonetis, artinya pembahasan suatu persoalan yang tidak mempersoalkan baik atau buruknya persoalan tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk memperjelas persoalan tersebut secara mendalam. 
3. Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahun yaitu sebagai berikut..
  • Sosiologi yaitu ilmu sosial, hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa sosiologi mempelajari atau berafiliasi dengan gejala-gejala kemasyarakatan
  • Berdasarkan penerapannya, sosiologi digolongkan dalam ilmu pengetahuan murni (pure science) dan sanggup menjadi ilmu terapan (applied science). 
  • Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abnormal dan bukan pengetahuan yang konkret. Artinya, yang menajdi perhatian yaitu bentuk dan contoh insiden dalam masyarakat secara menyeluruh, tidak hanya insiden itu sendiri. 
  • Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan contoh insan dan masyarakatnya. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi insan serta bentuk, sifat, isi dan struktur masyarakat.  
  • Sosiologi merupakan ilmu umum, bukan khusus, artinya mempelajari gejala-gejala pada interaksi antarmanusia. 
 yaitu ilmu yang mempelajari jaringan relasi antar insan dalam masyarakat Pengertian Sosiologi , Ciri-Ciri Dan Hakikat Sosiologi


Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Ciri-Ciri, & Hakikat Sosiologi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sosiologi, ciri-ciri sosiologi, hakikat sosiologi. Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sosiologi , Ciri-Ciri Dan Hakikat Sosiologi"

Posting Komentar