Pengertian Pankreas, Fungsi, Bagian, Gambar Dan Struktur Pankreas

Pengertian Pankreas, Fungsi, Bagian, Gambar Dan Struktur Pankreas- Secara umum, Pancreas ialah organ pemanis dalam sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yang menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksorin dan menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin. Pankreas ialah kelenjar yang panjangnya 12-15 cm dan lebar 4 cm terdapat di perut bab atas yang membentang ke kiri, dan kepala tampak di duodenum (usus 12 jari) jikalau dideskripsikan. Produk enzim yang berasal dari pankreas dipasok ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

A. Fungsi Pankreas 
Pankreas ialah organ dengan fungsi utama fungsi eksorin dan fungsi endokrin. Inilah klarifikasi dari kedua pankreas ...

1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Exorin
Ketika kuliner keluar dari perut ke duodenum, duodenum kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzimnya (getah pankreas) melalui saluran pankreas. Enzim pencernaan (getah pankreas) diproduksi oleh Asini. Asini ialah sel pankreas patch. Berbagai macam kandungan getah pankreas ialah sebagai berikut ...

  • NaCHO3: NaCHO3 ialah cairan dengan fungsi menunjukkan suasana basa pada kuliner yang masuk ke dalam duodenum, alasannya ialah kuliner berasal dari perut yang bersifat asam alasannya ialah imbas asam lambung. Jika kuliner terus menjadi asam melalui usus, bisa melukai dinding usus dan menjadikan enzim getah pankreas menjadi tidak aktif.
  • Pankreas Lipase: Lipase pankreas ialah enzim yang berfungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Tak hanya itu, enzim lipase juga berperan dalam menjaga semoga timbunan lemak tidak terlalu banyak di tubuh.
  • Tripsinogen: Tripsinogen ialah protein Proteinase (breaker) komponen yang tidak aktif, dan bila katif, maka akan menjadi enzim tripsin yang berfungsi untuk memecah peptone menjadi beberapa asam amino.
  • Amylase pankreas: Amilase pankreas ialah enzim yang berfungsi mengubah pati yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yang sangat sederhana). Hal ini bisa terjadi alasannya ialah tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida.
  • Pancreas Carbohydrase Enzim: Enzim karbohidrat pankreas ialah enzim yang berfungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim berfungsi untuk memecahkan disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Karena tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida. Contohnya ialah laktase, sucrase, maltase, dll.


Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Exor: Secara umum fungsi pankreas sebagai organ exorin ialah sebagai berikut ...

  • Meninggalkan pH kuliner yang masuk ke duodenum dalam suasana basa. Makara makanannya tidak asam, jikalau kuliner bersifat asam bisa melukai usus. dan menciptakan enzim pankreas tidak bekerja.
  • Menghasilkan aneka macam enzim yang mencerna kuliner ke dalam usus halus. Berbagai enzim dengan fungsi yang sama memecah molekul kompleks menjadi molekul sederhana yang bisa diserap tubuh.


2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin
Pankreas insan juga mempunyai langerhans yang berperan dalam melaksanakan fungsi endokrin pankreas. Pula langerhans ialah sekelompok sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang kaya akan pembuluh darah dan membentuk 1-2% seluruh periode pankreas. Pulau Langerhans terbagi menjadi 4 jenis sel, masing-masing sel memproduksi aneka macam hormon, dan setiap hormon mempunyai fungsi bergam. Berbagai jenis sel tersebut ialah sebagai berikut ...


  • Sela Alfa Pankreas: Sela alfa pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon ialah untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati kemudian dibawa ke darah. 
  • Sel Beta Pankreas: Sel beta pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin ialah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, jikalau gadar gulam dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon ini tidak ada, atau kurang, maka orang itu akan terkena penyakit diabetes militus. 
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas): Sel f pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida ialah untuk memperlambat penyerap makanan. Fungsi utama belum ditemukan.  
  • Sel Delta Pankreas: Sel delta pankreas ialah sel dengan fungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon hematostatin ialah untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas, dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas. 


Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin: Fungsi pankreas sebagai organ endorin secara umum ialah sebagai berikut...  

  • mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah.


B. Fungsi Pankreas Secara Umum 

Setelah membahas mengenai dua fungsi utama pankreas, berikut fungsi umum pankreas.... 
  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Mempunyai tugas menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan 
  • Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  • Memiliki tugas metabolisme baik dengan anabolisme atuapun kataboisme gula dan bentuk lainnya
  • Berfungsi dalam metabolisme lemak
  • Sebagai penghasil aneka macam protease menyerupai tripsin, amilase, dan lipase dalam membantu proses pencernaan. 

C. Bagian-Bagian Pankreas 
Struktur pankreas terdapat dalam 4 bab utama yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Kepala Pankreas: Kepala pankreas ialah bab yang terlibat melekat pada usus halus, kepala merupakan bab terluas dari pankreas. 
  • Leher Pankreas: Leher pankreas ialah bab pankreas dengan ukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan. 
  • Badan Pankreas: Badan pankreas ialah bab yang berada diantara leherdan ekor, hal ini merupakan bab paling penting pada pankreas.  
  • Ekor Pankreas: Ekor pankreas ialah bab meruncing yang ada di perut kiri. Bagian ekor merupakan bab terakhir dari tubuh pankreas. 
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus): Saluran pankreas ialah saluran pankreas yang menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuasa di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan. 
 Pancreas ialah organ pemanis dalam sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yang mengh Pengertian Pankreas, Fungsi, Bagian, Gambar Dan Struktur Pankreas

Demikianlah warta mengenai Pengertian Pankreas, Fungsi, & Struktrnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pankreas, fungsi pankreas, dan struktur pankreas. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pankreas, Fungsi, Bagian, Gambar Dan Struktur Pankreas"

Posting Komentar