Kebijakan Publik : Pengertian,Tujuan, Ciri-Ciri, Macam Macam, Contoh, Dan Proses Perumusan Kebijakan Publik

Kebijakan Publik : Pengertian,Tujuan, Ciri-Ciri, Macam Macam, Contoh, Dan Proses Perumusan Kebijakan Publik - Kebijakan publik yang sederhana yaitu konsep dasar rencana pemerintah atau organisasi publik untuk mengatur kepentingan umum atau masyarakat. Sedangkan Secara umum, Pengertian Kebijakan Publik yaitu segala sesuatu yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh pemerintah untuk kepentingan umum. Segala sesuatu yang dimaksud yaitu setiap hukum dalam hidup bersama, baik itu relasi antara warga negara dan warga negara dengan pemerintah.

Kebijakan publik biasanya diatur dalam undang-undang menyerupai undang-undang (undang-undang), peraturan presiden, dan peraturan kawasan (perda) yaitu bentuk kebijakan publik. Kebijakan publik atau kebijakan publik yaitu agenda yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam arti luas untuk mencapai tujuan masyarakat. Dengan kata lain, kebijakan publik yaitu keputusan - keputusan forum atau pemerintah yang berwenang yang menyangkut kepentingan umum. Seperti kebijakan tarif dasar listrik (TDL), tarif telepon, harga BBM, dan tarif bus kota.

1. Pengertian Kebijakan Publik Menurut Pendapat Para Ahli - Berikut pendapat para jago mengenai definisi kebijakan publik.. 

  • Thomas R. Dye : Menurut Thomas R. Dye, pengertian kebijakan publik yaitu segala sesuatu yang dikerjakan pemerintah, mengapa mereka melakukan, dan hasil yang menciptakan sebuah kehidupan bersama tampil berbeda 
  • Carl Frederich : Menurut Carl Frederich, pengertian kebijakan publik yaitu serangkaian tindakan yang diusulkan seseorang, kelompok, atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu, dengan bahaya dan peluang yang ada 
  • David Easton : Menurut David Easton, pengertian kebijakan publik yaitu efek dan acara pemerintah. 

2. Macam-Macam Kebijakan Publik - Pada dasarnya kebijakan umum terbagi menjadi tiga, antara lain sebagai berikut ..

a.  Kebijakan Umum Ekstraktif
Kebijakan publik yang ekstraktif yaitu absorpsi sumber daya material dan sumber daya insan di masyarakat. Seperti pemungutan dan tarif pajak, ongkos dan retribusi, dan pengolahan sumber daya alam yang terkandung di dalam wilayah negara

b. Kebijakan Distributif Umum
Kebijakan publik distributif yaitu pelaksanaan distrubusi dan alokasi sumber daya kepada masyarakat. Distribusi berarti distribusi yang relatif sama kepada semua anggota masyarakat, sedangkan alokasi yang berarti yang mempunyai saham cenderung pada kelompok atau sektor masyarakat tertentu sesuai dengan skala prioritas yang ditetapkan atau sesuai dengan situasi pada dikala itu.

c. Kebijakan Umum Regulative
Kebijakan regulatif umum yaitu pengaturan sikap anggota masyarakat. Regulative general policy yaitu peraturan dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh warga negara dan pejabat pemerintah negara.

3. Fungsi Kebijakan Publik - Suatu kebijakan niscaya harus mempunyai fungsi. Fungsi kebijakan publik yaitu sebagai berikut ...

  • Ciptakan ketertiban masyarakat untuk kelancaran akal ekstraktif dan distributif
  • Memastikan hak asasi insan warga negara dari penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat pemerintah atau kelompok mayoritas di masyarakat.

4. Perumusan Kebijakan Publik - Pembuatan kebijakan publik dilakukan melalui proses yang disebut perumusan kebijakan publik. Aliran proses perumusan kebijakan publik pada umumnya yaitu sebagai berikut ..

  • Proses Input: Proses input merupakan proses input yang terdiri dari tuntutan, kritik atau proteksi dari masyarakat.
  • Input Processing: Tuntuan, kritik, atau proteksi yang ada akan diklasifikasikan satu per satu ke dalam rekomendasi. Setelah itu masukan akan dibahas oleh pembuat kebijakan menyerupai pemerintah, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten / Kota, tokoh masyarakat, atau pemuka agama. Hasil pembahasan oleh pembuat kebijakan akan menghasilkan keputusan yang akan menjadi kebijakan.
  • Proses Keluaran: Suatu hasil keputusan yang telah menjadi kebijakan publik yang, jikalau dilaksanakan atau dilaksanakan oleh seluruh masyarakat. Hasil implementasi kebijakan akan dievaluasi ulang untuk perbaikan lebih lanjut atau penyempurnaan kebijakan.

 Kebijakan publik yang sederhana yaitu konsep dasar rencana pemerintah atau organisasi pu Kebijakan Publik : Pengertian,Tujuan, Ciri-Ciri, Macam Macam, Contoh, Dan Proses Perumusan Kebijakan Publik

Demikianlah gosip Apa itu Kebijakan Publik ?... Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian kebijakan publik, pengertian kebijakan publik berdasarkan definisi para ahli, pengertian kebijakan publik secara sederhana, macam-macam kebijakan publik, fungsi kebijakan publik, perumusan kebijakan publik. Sekian dan terima kasih. 


Referensi : 
H.S, Sunardi dan Tri Purwanto, Bambang. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama dan MTs. Solo : Global. Hal : 75-78

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kebijakan Publik : Pengertian,Tujuan, Ciri-Ciri, Macam Macam, Contoh, Dan Proses Perumusan Kebijakan Publik"

Posting Komentar