Pengertian Individu, Populasi, Komunitas Dan Pengertian Ekosistem

Pengertian Individu, Populasi, Komunitas Dan Pengertian Ekosistem- Berikut kali ini mengenai pengertian dan klarifikasi dari individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. Langsung saja, pertama-tama mulai dengan pengertian individu. Pengertian Individu yaitu organisme tunggal contohnya, untuk seekor tikus, seorang manusia, sebatang pohong jambu, dan sebatang pohon kelapa. Pengertian Populasi adalah kumpulan individu yang homogen dan hidup di suatu tempat dengan waktu tertentu. Contoh suatu populasi yaitu sebuah kola terdama ikan, teratai, dll. Populasi pohon kepala dikelurahan tegakan di tahun 1989 berjumlah 2552 batang. 

Ukuran populasi berubah setiap saat. Perubahan ukuran populasi disebut dinamika populasi. Perubahan dihitung dengan memakai rumus perubahan jumlah dibagi dengan waktu. Hasilnya yaitu kecepatan perubahan populasi. Misalnya pada tahun 1980 populasi pinus di tawangmangu ada 700 batang. Kemudian pada tahun 1990 dihitung lagi 500 pohon pinus. Padahal, selama 10 tahun telah terjadi pengurangan pohon pinus sebanyak 200 pohon. Untuk mengetahui kecepatan perubahan maka kita membagi jumlah batang pohon yang menurun seiring dengan lamanya perubahan terjadi.

 Berikut kali ini mengenai pengertian dan klarifikasi dari individu Pengertian Individu, Populasi, Komunitas Dan Pengertian Ekosistem

Pengertian Komunitas adalah kumpulan banyak sekali populasi yang hidup pada waktu dan wilayah tertentu yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Dalam tingkat kohesi masyarakat, ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan individu dan populasi. Semua organisasi yaitu bab dari masyarakat dan komponennya saling terkait dengan keragaman interaksinya. Contoh yang termasuk masyarakat yaitu populasi alga, populasi ikan, dan populasi binatang sekitar yang membentuk komunitas terumbu karang.

Pengertian Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh korelasi timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Antara komunitas dan lingkungannya saling berinteraksi yang membuat kesatuan ekologi yang disebut dengan ekosistem. Komponen penyusun dari ekosistem yaitu produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora) dan dekomposer/pengurangi (mikroorganisme). 

Demikianlah warta mengenai Pengertian Individu, Populasi, Komunitas & Ekosistem. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian individu, pengertian populasi, pengertian komunitas dan pengertian ekosiste. Sekian dan terima kasih. 

TAG : Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya
Penyebaran Fauna di Indonesia
Penyebaran Flora di Indonesia
Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis dan Ekosistem
Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?..
Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik

Referensi: Pengertian Individu, Populasi, Komunitas & Ekosistem
Aryulina D, et al. 2004. Biologi Sekolah Menengan Atas untuk kelas X. Jakarta: Esis.Hlm. 211-215

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Individu, Populasi, Komunitas Dan Pengertian Ekosistem"

Posting Komentar