Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi Devisa & Tujuan Penggunaan Devisa

Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi Devisa & Tujuan Penggunaan Devisa- Secara umum, Pengertian Devisa adalah sejumlah valuta ajaib untuk membiayai transaksi perdagangan internasional. Devisa terdiri dari valuta asing, yaitu mata uang yang diterima oleh semua negara di dunia ialah US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling (Inggris), Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Dollar-Canada, DM (Deutshe Mark)- Germany, emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional. 

Ini ialah kendali otoritas moneter Bank Sentral. Devisa sama dengan fungsi uang pada umumnya, namun devisa dalam transaksi internasional atau antar negara sebagai alat pembayaran antar negara, pertukaran barang dan jasa, penimbunan kekayaan, cadangan moneter, dan kekayaan pengukuran.

Pemerintah dan swasta diwajibkan mempunyai cadangan devisa untuk perdagangan internasional dalam menjaga stabilitas makro makro dan ekonomi suatu negara. Stok cadangan ialah indikator moneter yang besar lengan berkuasa atau kelemahan ekonomi suatu negara. Definisi cadangan devisa ialah jumlah valuta ajaib yang disediakan oleh Bank Indonesia (Bank Indonesia) untuk keperluan pembiayaan dan kewajiban luar negeri, menyerupai pembiayaan impor dan pembiayaan lainnya kepada pihak asing.

Macam-Macam Devisa
Macam-macam devisa digolongkan menurut dari sumber dan wujudnya. Macam-macam devisa tersebut antara lain sebagai berikut... 

a. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Sumbernya

  • Devisa Kredit: Devisa kredit ialah devisa yang berasal dari kredit (pinjaman) luar negeri. 
  • Devisa Umum, Devisa umum ialah devisa yang berasal dari sumber lain (selain kredit) menyerupai ekspor, penyelenggaraan jasa dan penerimaan bunga modal. 


b. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Wujudnya

  • Devisa Kartal: Devisa kartal ialah devisa yang berwujud uang logam dan uang kertas
  • Devisa Giral: Devisa giral ialah devisa yang berwujud surat-surat berharga, contohnya wesel, cek, cek perjalan (travellers cheque), IMO (Internasional Money Order) dan lain-lain. Jika berkeinginan, devisa giral sanggup diubah ke devisa kartal. 
Sumber-Sumber Perolehan Devisa


Rendahnya devisa terhadap suatu negara dipengaruhi oleh perkembangan neraca pembayaran suatu negara. Sumber devisa ialah sebagai berikut ...
a. Kegiatan ekspor
Negara dengan sistem ekonomi terbuka, acara ekspor merupakan salah satu andalan negara untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor barang atau jasa semakin besar devisa negara.
b. Jasa perdagangan
Negara-negara yang bergerak dan mengandalkan perdagangan jasa ialah negara-negara yang tidak kaya akan sumber daya alam. Ini menyerupai yang dilakukan Singapura dengan mengandalkan layanan perdagangan sebagai sumber utama devisa.
c. Kegiatan wisata
Salah satu sumber devisa ialah pasar pariwisata yang diperoleh dari kunjungan turi ajaib dan domestik. Semakin banyak turis yang berkunjung ke negara tersebut, semakin banyak devisa yang masuk ke dalam negeri.
d. Pinjaman luar negeri (foreign aid)
Pinjaman luar negeri ialah salah satu sumber devisa suatu negara, terutama di negara berkembang atau negara berkembang. Negara yang biasanya sangat bergantung pada tunjangan luar negeri selain sebagai sumber lainnya.
e. Hibah dan hadiah dari luar negeri
Hibah atau hadiah merupakan sumber devisa bagi negara yang mempunyai sifat tidak menarik. Hibah atau hadiah berasal dari dalam negeri atau luar negeri.
f. Warga negara yang bekerja di luar negeri
Sumber devisa lain ialah dana yang berasal dari warga yang bekerja di luar negeri, contohnya TKW atau TKI. Pekerja tersebut memperlihatkan tugas besar untuk mendapatkan devisa negara dengan uang yang ditransfer dari negara asal daerah ia bekerja.

Fungsi  Devisa
Devisa mempunyai fungsi yang berperan dalam perekonomian suatu negara, fungsi devisa antara lain sebagai berikut ...
  • Sebagai alat pembayaran barang dan jasa impor
  • Sebagai alat pelunasan utang luar negeri terutama bunga
  • Alat pembiayaan kekerabatan luar negeri, menyerupai biaya misi seni, biaya perjalanan dinas, biaya diplomatik diplomatik dan tunjangan luar negeri.
  • Sumber pendapatan negara untuk membiayai pembangunan.

Tujuan Penggunaan Devisa
Sesuai dengan fungsi  Devisa, tujuan penggunaan devisa ialah sebagai berikut ...
  • Bayar barang konsumen impor, menyerupai ponsel dan kain
  • Bayar barang modal masing-masing dalam impor, menyerupai mesin
  • Membiayai pengiriman tim seni dan olahraga.
  • Mendanai korps diplomatik di luar negeri
  • Membayar jasa luar negeri menyerupai jasa pengiriman
  • Bangun segala macam kemudahan umum di dalam negeri
  • Mendanai anak muda dan mahasiswa untuk berguru di luar negeri
  • Memberikan bantuan ke negara lain yang mengalami bencana

adalah sejumlah valuta ajaib untuk membiayai transaksi perdagangan internasional Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi Devisa & Tujuan Penggunaan Devisa

Demikianlah warta Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi, & Tujuan Penggunaan. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua pengertian devisa, macam-macam devisa, sumber-sumber devisa, fungsi-fungsi devisa, dan tujuan penggunaan devisa. Sekian dan terima kasih.

TAG 
Kredit (Pengertian, Fungsi, Unsur, Macam, Prinsip & Definisi Para Ahli)

Pengertian Pelaku Ekonomi & Fungsi Para Pelaku Ekonomi
Sistem Ekonomi (Pengertian, Fungsi, & Macam-Macam Serta Ciri-Cirinya)
Pengertian Ekonomi Makro dan Mikro Serta Perbedaannya
Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli
Manfaat dan Bentuk-Bentuk Kerja Sama Internasional
Faktor Pendorong dan Penghambat Perdagangan Internasional
Pengertian, Jenis, Tujuan dan Instrumen Kebijakan Moneter
Pengertian Pasar Uang, Fungsi, Ciri-Ciri dan Sumber-Sumbernya
Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Valuta Asing (Valas)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Devisa, Macam, Sumber, Fungsi Devisa & Tujuan Penggunaan Devisa"

Posting Komentar