Cara Menghitung Jangka Sorong, Bab Pecahan Jangka Sorong Dan Fungsinya Beserta Pola Soal Dan Gambar

Cara Menghitung Jangka Sorong, Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar- Jangka sorong sanggup dipakai dengan gampang dalam menghitung panjang suatu objek. Sorong yaitu salah satu alat pengukur jumlah jangka panjang.  Jangka sorong mempunyai bentuk yang terlihat menyerupai kunci inggris dengan rahang yang sanggup digeser. cara membaca jangka sorong ketelitian 0.01 mm Rentang geser mempunyai ketepatan hingga 0,1 mm. Cara menghitung atau memakai istilah sliding yaitu pelajaran di kelas x dan di kelas 3 sma dan untuk sahabat yang belum atau belum mempelajarinya di sekolah lebih baik anda cepat mengetahui bahwa anda ada di depan sekolah.

Fungsi Jangka Sorong 

  1. Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Mudah 
  2. Untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm (rahang tetap dan rahang geser bawah)
  3. Rahang tetap dan rahang geser atas, untuk mengukur diameter benda yang sangat kecil contohnya cincin, pipa, dll 
  4. Tangkai ukur dibagian bawah, untuk mengukur kedalaman contohnya kedalaman tabung, lubang kecul, atau perbedaan tinggi yang kecil.


Tata Cara Menggunakan Jangka Sorong 

Berikut cara memakai Jangka Sorong yang diikuti di langkah-langkah menyerupai berikut ini, ..
1. Persiapan awal, kendurkan baut pengunci dan geser rahang geser untuk menguji apakah rahang geser bekerja dengan baik. Tidak jika rahangnya tertutup harus berada dalam keadaan atau mengatakan nol. Jika tidak, set ke nol.
2. Selanjutnya, bersihkan permukaan benda dan permukaan rahang tanpa benda terlampir sanggup menyebabkan kelelahan pengukuran.
3. Tutup rahang hingga mengapit benda yang diukur. Tentukan posisi objek yang diukur. Lalu baca saja skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Menghitung dan Mengukur Diamater

  • Cara menggunakannya yaitu dengan rapatkan rahang atas kemudian ditempatkan benda yang ingin diukur diameternya. Taring rahang geser hingga kedua rahang menempek dan menekan bab dalam benda. Pastikan bahwa dinding bab dalam benda tegak lurus dengan skala, maksudnya benda jangan hingga lurung. 


Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman

  • Cara memakai jangka sorong untuk menghitung/mengukur kedalaman yaitu dengan menempatkan benda yang ingin diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Taring rahang geser hingga dengan menyentuk permukaan dalam (dasar lubang). Usahakan semoga benda yang diukur kedalamannya dalam keadaan statis (tidak bergeser). 


Cara Membaca Jangka Sorong 


  • Lihat skala utama, lihat nilai yang terukur lurus dengan angka nol di skala nonius. Bisa mengatakan posisi berhimpit dengan garis skala utama sanggup juga tidak. Jika tidak, gunakan nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Di tahap ini anda akan mendapatkan ketelitian hingga 1 mm. 
  • Lihat skala nonius, carilah angka di skala nonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini mempunyai ketelitian hingga 0,1 mm. 
  • Jumlahkan


Contoh Soal Menghitung Jangka Sorong
Contoh Soal 1 Menghitung Jangka Sorong:
 Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar Cara Menghitung Jangka Sorong, Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar

Contoh Soal 2 Menghitung Jangka Sorong: 

 Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar Cara Menghitung Jangka Sorong, Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar

Contoh Soal 3 Menghitung Jangka Sorong: 
 Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar Cara Menghitung Jangka Sorong, Bagian Bagian Jangka Sorong dan Fungsinya Beserta Contoh Soal dan Gambar

Demikianlah isu mengenai Cara Menghitung Jangka Sorong dengan Mudah. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghitung Jangka Sorong, Bab Pecahan Jangka Sorong Dan Fungsinya Beserta Pola Soal Dan Gambar"

Posting Komentar