Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses Dan Tujuan Aktivitas Produksi

Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses Dan Tujuan Kegiatan Produksi- Secara Umum, Pengertian Produksi adalah suatu kegiatan untuk menciptakan/menghasilkan atau menambah nilai guna terhadap suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan oleh orang atau tubuh (produsen). Orang atau tubuh yang melaksanakan kegiatan produksi dikenal sebagai produsen. Sedangkan barang atau jasa yang dihasilkan dari kegiatan produksi disebut produk. Istilah Produksi berasal dari bahasa Inggris untuk menghasilkan yang berarti menghasilkan.

Sedangkan dalam pengertian ekonomi, Pengertian Produksi ialah sebagai kegiatan penciptaan dan penambahan atau pemanfaatan barang dan jasa. Berdasarkan definisi produksi, ada dua konsep mengenai kegiatan produksi antara lain sebagai berikut ...


  • Kegiatan menghasilkan barang dan jasa: Pengertian kegiatan produksi dalam menghasilkan barang dan jasa ialah menghasilkan barang dan jasa yang belum ada sehingga bertambah jumlahnya atau memperbesar ukurannya. Contohnya ialah perjuangan pertanian, peternakan dan perikanan.
  • Kegiatan menambah nilai guna barang dan jasa: Pengertian kegiatan produksi dalam menambah nilai guna barang dan jasa ialah kegiatan yang menambah nilai guna barang dan jasa sehingga barang dan jasa menjadi lebih tinggi. Contohnya ialah tempe yang dibentuk dari kedelai, kripik yang dibentuk dari singkong, dan pakaian yang dibentuk berasal dari kain.


Faktor-Faktor Produksi
Faktor Produksi - Jalan produksi tergantung pada ketersediaan faktor produksi. Faktor produksi ialah segala sesuatu yang diharapkan dalam kegiatan produksi suatu barang dan jasa. Faktor produksi terdiri dari sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keterampilan atau kewirausahaan. Faktor produksi dan tenaga kerja alami ialah faktor produksi utama (asli), sedangkan modal dan tenaga kerja berasal dari faktor produksi. Berikut klarifikasi faktor-faktor produksi ......


  • Faktor Produksi Alam, ialah semua kekayaan yang ada di alam semesta yang dipakai dalam proses produksi. Faktor produksi alami disebut faktor produksi primer atau asli. Faktor produksi alam terdiri dari tanah, air, udara, sinar matahari, dan mineral.
  • Faktor Produksi Tenaga Kerja, merupakan faktor produksi insan yang secara eksklusif atau tidak eksklusif sanggup menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja sebagai faktor orisinil produksi. Meski ketika ini banyak kegiatan proses produksi yang dimainkan oleh mesin, namun keberadaan insan harus dibutuhkan.
  • Faktor Produksi Modal, merupakan faktor pendukung yang mempercepat dan meningkatkan kemampuan berproduksi. Faktor produksi terdiri dari mesin, sarana transportasi, bangunan, dan sarana transportasi.
  • Faktor Produksi Keahlian,, ialah keahlian atau keterampilan individu yang mengkoordinasikan dan mengelola faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.


Proses Produksi
Proses Produksi - Proses produksi ialah langkah-langkah yang harus dilalui dalam memproduksi barang atau jasa. Ada proses produksi yang memakan waktu lama, contohnya dalam pembuatan gedung pencakar langit, pembuatan pesawat terbang, dan pembuatan kapal dan lain-lain. Dalam proses produksi butuh waktu yang berbeda ada saatnya, menyerupai membuat kain, membuat televisi, dan lain-lain. Namun, ada juga proses produksi yang bisa dinikmati eksklusif oleh konsumen, menyerupai pertunjukan hiburan, pijat dan produksi lainnya.

Berdasarkan prosesnya, proses produksi diklasifikasikan dalam tiga macam, antara lain sebagai berikut ...

a. Proses Produksi Pendek, merupakan proses produksi yang singkat atau cepat dan eksklusif dalam memproduksi barang atau jasa yang bisa dinikmati konsumen. Contohnya ialah proses produksi pangan, menyerupai pisang goreng, bakwan, singkong goreng. dan lain-lain.
b. Proses Produksi Panjang, merupakan proses produksi yang memakan waktu lama. Contohnya ialah proses produksi beras yang tumbuh dan membuat rumah.
c. Proses Terus Menerus/Kontinu, ialah proses produksi yang mengolah material secara berurutan dengan beberapa tahap dalam proses hingga menjadi produk jadi. Sehingga material melewati tahapan proses mesin terus menerus menjadi produk jadi. Contohnya ialah proses pembuatan gula, kertas, karet, dan lain-lain
d. Proses Produksi Berselingan/Intermitten, ialah proses produksi yang mengolah materi dengan menggabungkan ke dalam barang jadi. Seperti, proses produksi kendaraan beroda empat di mana bagian-bagian kendaraan beroda empat dibentuk terpisah, mulai dari rangka, lingkar kemudi, ban, mesin, kaca, dan lain-lain. Setelah semua bab kendaraan beroda empat simpulan atau lengkap maka bab selanjutnya dari kendaraan beroda empat digabungkan menjadi mobil.



Tujuan Produksi 
Tujuan-Tujuan Produksi - Berikut tujuan-tujuan dari produksi antara lain sebagai berikut...
1. Menghasilkan barang atau jasa
2. Meningkatkan nilai guna barang atau jasa
3. Meningkatkan kemakmuran masyarakat
4. Meningkatkan keuntungan 
5. Meningkatkan lapangan usaha
6. Menjaga kesinambungan perjuangan perusahaan 

menghasilkan atau menambah nilai guna terhadap suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebut Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses Dan Tujuan Kegiatan Produksi

Demikianlah warta mengenai Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses, & Tujuannya . Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian produksi, faktor-faktor produksi, proses produksi, teori-teori produksi dan tujuan-tujuan produksi. Sekian dan terima kasih. 

TAG:Pengertian Wirausaha, Ciri, Fungsi, & Manfaatnya
Pengertian Perusahaan Dagang, Jenis & Ciri-Cirinya
Pengertian Ekonomi Menurut Pendapat Para Ahli
Pengertian Distribusi dan Fungsi Distribusi
Pengertian, Ciri-Ciri, dan Tujuan Konsumsi
Pengertian dan Macam-Macam Kebutuhan Serta Contohnya

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses Dan Tujuan Aktivitas Produksi"

Posting Komentar