Pengertian Pembangunan Ekonomi, Pengaruh Kasatmata Dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Dampak Positif Dan Negatif Pembangunan Ekonomi- Pengertian Pembangunan Ekonomi, Dampak Positif Dan Negatif Pembangunan Ekonomi- Sebelum membahas efek konkret dan efek negatif pembangunan ekonomi, pertama kita harus tahu adalahApa itu Pembangunan Ekonomi ?. Pengertian Pembangunan Ekonomi yakni suatu proses yang mengakibatkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat meningkat dalam jangka panjang dengan perubahan ciri-ciri penting suatu masyarakat, yaitu perubahan baik dalam hal teknologi, teladan pikir masyarakat maupun kelembagaan.  

Sedangkan berdasarkan Wikipedia, Pengertian pembangunan ekonomi merupakan proses peningkatan total pendapatan dan pendapatan per kapita dengan memperhatikan adanya pertumbuhan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan penyaluran pendapatan bagi warga negara. negara.

Pembangunan ekonomi bergantung pada pertumbuhan ekonomi (economic growth) dimana pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya, ekonomi memudahkan dalam proses pembangunan ekonomi.
 Dampak Positif Dan Negatif Pembangunan Ekonomi Pengertian Pembangunan Ekonomi, Dampak Positif Dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Sedangkan tujuan pertumbuhan ekonomi yakni proses peningkatan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk peningkatan pendapatan nasional. Negara ini bisa disebut peningkatan pertumbuhan ekonomi kalau terjadi peningkatan GNP riil di dalam negeri. Mengingat pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Kemudian, "Apa perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi", pertumbuhan ekonomi dari keberhasilannya lebih kuantitatif, yaitu peningkatan standar pendapatan dan tingkat output yang dihasilkan, sementara pembangunan ekonomi lebih kualitatif, bukan hanya dari kenaikan produksi, tapi juga dari perubahan perubahan struktur produksi dan alokasi input dari aneka macam sektor ekonomi ibarat institusi, pengetahuan, sosial, dan teknik.

Selanjutnya, pembangunan ekonomi, didefinisikan sebagai proses yang mengakibatkan pendapatan per kapita penduduk meningkat dalam jangka panjang.

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi 

  • Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan acara perekonomian akan berjalan lebih lancar dan bisa mempercepat proses pertumbuhan ekonomi. 
  • Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang diharapkan oleh masyarakat, sehingga akan mengurangi pengangguran. 
  • Terciptanya lapangan pekerjaan dari pembangunan ekonomi secara eksklusif memperbaiki tingkat pendapatan nasional 
  • Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga acara ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan menjadi semakin bermacam-macam dan juga dinamis. 
  • Pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan kualitas SDM sehingga dimungkinkan ilmu pengetahan dan teknologi menjadi semakin berkembang pesat. Sehingga makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi
  • Adanya pembangunan ekonomi yang tidak bersiklus dengan baik sehingga menimbulkan adanya kerusakan lingkungan hidup. 
  • Industrialisasi menimbulkan berkurangnya lahan pertanian. 
  • Tersingkirnya/hilangnya habitat alam baik itu alam hayati atau hewani
  • Terjadinya pencemaran air, udara, dan tanah dari ketidakdisiplinannya manusia. 

Demikianlah gosip mengenaiPengertian Pembangunan Ekonomi, Dampak Positif & Negatif . Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pembangunan ekonomi, pengertian pembangunan ekonomi berdasarkan wikipedia, efek konkret pembangunan ekonomi, dan efek negatif pembangunan ekonomi. Sekian dan terima kasih. 

Referensi: Pengertian Pembangunan Ekonomi, Dampak Positif & Negatif 
Nugroho, Iwan dan Rokhimin Dahuri. 2004. Pembangunan Wilayah perspektif Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Jakarta. LP3ES
Drs.Subandi,M.M.2005.Sistem Ekonomi Indonesia. Alfabeta Bandung 
Djojohadikusumo, Sumitro. 1991. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta. 
 MPR RI. 1999. Tap. MPR RI Nomor IV/MPR/1999 perihal Garis-Garis Besar Haluan Negara 1999 – 2004 . MPR RI, Jakarta.
Safril, dkk. 2003. Ekonomi dan Pembangunan. Bumi Aksara, Jakarta.Z

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pembangunan Ekonomi, Pengaruh Kasatmata Dan Negatif Pembangunan Ekonomi"

Posting Komentar