Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berpikir, Syarat-Syarat Penelitian & Penelitian Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berpikir, Syarat-Syarat Penelitian & Penelitian Menurut Para Ahli- Secara Umum, Pengertian Penelitian ialah suatu penyelidikan terorganisasi, atau penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta untuk memilih sesuatu. Kata penelitian ialah terjemahan dari sebuah kata penelitian yang berasal dari bahasa Inggris. Kata Riset terdiri dari dua kata yaitu kembali makna kembali dan pencarian yang berarti mencari. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa definisi penelitian (penelitian) ialah melihat kembali sebuah pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengubah kesimpulan yang diterima secara umum, serta untuk mengubah pendapat dengan adanya aplikasi gres berdasarkan pendapat. Sebuah studi yang memakai metode ilmiah dinamakan sebagai penelitian ilmiah. Dari definisi penelitian (penelitian) secara umum, ada beberapa pemahaman dari penelitian yang diajukan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut ...

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

  • Parson (1946): Menurut pendeta bahwa gagasan penelitian ialah penyelidikan sistematis atas sesuatu (inquiry) dengan aksentuasi bahwa pencarian ini dilakukan pada perkara yang bisa dipecahkan.
  • John (1949): Memahami penelitian berdasarkan John bahwa makna penelitian ialah inovasi fakta berdasarkan metode objektif yang terperinci untuk menemukan korelasi antara fakta dan menghasilkan proposisi atau aturan tertentu.
  • Woody (1972): Memahami penelitian berdasarkan kayu merupakan metode untuk menemukan ajaran kritis. Penelitian melibatkan pertolongan definisi dan redefinisi pada masalah, merumuskan hipotesis atau balasan sementara, menarik kesimpulan, dan setidaknya melaksanakan pengujian menyeluruh terhadap semua kesimpulan yang diambil untuk memilih apakah kesimpulan sesuai dengan hipotesis.
  • Donald Ary (1982): Menurut Donald Ary, definisi penelitian ialah penerapan pendekatan ilmiah terhadap evaluasi suatu perkara untuk memperoleh isu yang bermanfaat dan sanggup dipertanggungjawabkan.
  • Hill Way: Menurut Hill Way, gagasan penelitian ialah studi mendalam dan hati-hati terhadap semua fakta terpercaya mengenai perkara tertentu untuk mendapatkan solusinya.
  • Winarno Surachmand: Gagasan penelitian berdasarkan Winarno Surachamnd ialah acara ilmiah untuk mengumpulkan pengetahuan gres yang bersumber dari primer, dengan tekanan tujuan pada inovasi prinsip umum, serta peramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki.
  • Soetrisno Hadi: Menurut Soetrisno hadi bahwa definisi penelitian ialah perjuangan untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, yang bisnisnya dilakukan dengan memakai metode ilmiah.



Sikap dan Cara Berpikir Seorang peneliti

Seorang peneliti harus mempunyai perilaku yang khas dan besar lengan berkuasa dalam penguasan mekanisme dan prinsip-prinsip dalam penelitian. Sika-sikap yang harus dikembangkan seorang peneliti ialah sebagai berikut..

Sikap-Sikap Seorang Peneliti
1. Objektif 
Seorag peneliti harus sanggup memisahkan antara pendapat pribadi dan fakta yang ada. Untuk menghasilkan penelitian yang baik, seorang peneliti harus bekerja sesuai atas apa yang ada di data yang diperoleh di lapangan dan tidak memasukkan pendapat pribadi yang sanggup mengurangi dari keabsahan hasil penelitiannya (tidak boleh subjektif). 
2. Kompeten
Seorang peneliti yang baik mempunyai kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan memakai metode dan teknik penelitian tertentu
3. Faktual 
Seorang peneliti harus bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh, bukan berdasarkan observasi, harapan, atau anggapan yang bersifat abstrak. 

Selain itu, seorang peneliti juga diharapkan mempunyai contoh pikir yang mendukung tugas-tugas mereka. Cara berpikir yang diharapkan dari seorang peneliti ialah sebagai berikut.. 

Cara Berpikir Seorang Peneliti 
1. Berpikir Skeptis
Seorang peneliti harus selalu mempertanyakan bukti atau fakta yang sanggup mendukung suatu pernyataan (tidak gampang percaya)
2. Berpikir analisis
Peneliti harus selalu menganalisi setiap pernyataan atau problem yang dihadapi 
3. Berpikir kritis
Mulai dari awal hingga simpulan kegiatan, penelitian dilakukan berdasarkan cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.

Syarat-Syarat Penelitian
Adapun tiga syarat terpenting dalam melaksanakan penelitian yaitu sebagai berikut... 
1. Sistematis, dilaksanakan berdasarkan contoh tertentu dari hal yang paling sederhana hingga yang kompleks dengan tatanan yang sempurna hingga dengan tercapainya tujuan yang efektif dan efisien. 
2. Terencana, dilaksanakan sebab terdapat unsur kesenjangan dan sebelumnya sudah terkonsep langkah-langkah pelaksanaannya. 
3. Mengikuti konsep ilmiah, maksudnya ialah mulai dari awal hingga hingga simpulan acara penelitian mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan atau ditetapkan yaitu dengan prinsip yang dipakai untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ialah sebagai berikut..
1. Eksloratif (penjajagan) adalah penelitian yang tujuan untuk menemukan suatu pengetahuan gres yang sebelumnya belum pernah ada. 
2. Verifikatif (pengujian) adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk melaksanakan pengujian terhadap teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, sehingga sanggup diperoleh hasil yang sanggup menggugurkan atau memperkuat teori atau hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. 
3. Development (pengembangan) ialah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, menggali dan memperluas lebih dalam mengenai suatu perkara atau teori kelimuan untuk menjadi 

Kriteria-Kriteria Seorang Peneliti
Menurut Whitney (1960), bahwa ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang peneliti antara lain sebagai berikut.. 
1. Daya nalar
Seorang peneliti harus mempunyai daya logika yang tinggi, yaitu sanggup memberi alasan dalam memecahkan masalah, baik secara induktif maupun secara deduktif
2. Orisnalitas
Seorang peneliti harus mempunyai daya khayal ilmiah dan kreatif. Peneliti harus cemerlang, mempunyai inisiatif yang terencana, serta harus penuh dengan wangsit yang rasional dan menghindari peniruan atau jiplakan. 
3. Daya ingat 
Seorang peneliti harus mempunyai daya ingat yang kuat, selalu ekstensif dan logis, serta sanggup dengan sigap melayani serta menguasai fakta
4. Kewaspadaan 
Peneliti harus secara cepat sanggup melaksanakan pengamatan terhadap perubahan yang terjadi atas suatu variabel atau sifat suatu fenomena. Dia harus sigap dan mempunyai penglihatan yang tajam, serta tanggap (responsif) terhadap segala perubahan dan kelainan. Ini penting semoga beliau bisa dengan cepat mengantisipasi dampa faktor lain itu terhadap penelitiannya. 
5. Akurat 
Peneliti harus mempunyai tingkat pengamatan serta perhitungan yang akurat, tajam serta beraturan. 
6. Konsentrasi 
Seorang peneliti harus mempunyai kekuatan untuk berkonsentrasi yang tinggi, kemauan yang besar, dan tidak cepat merasa bosan. 
7. Dapat bekerja sama
Seorang peneliti harus mempunyai sifat kooperatif sehingga sanggup bekerja sama dengan siapapun, serta harus mempunyai keinginan untuk bertemansecara intelektual dan sanggup bekerja secara berkelompok (team work). Ini menunjuk pada adanya sifat kepemimpinan pada diri si peneliti. 
8. Kesehatan 
Seorang peneliti harus sehat, baikt jiwa maupun fisiknya. selain itu, beliau juga harus stabil, sabar, dan penuh vitalitas. Kesehatan ini diharapkan semoga penelitian sanggup berlangsung lancar dan mencapai hasil yang maksimal. 
9. Semangat 
Peneliti harus mempunyai semangat yang besar untuk meneliti. Peneliti juga harus mempunyai daya cipta serta hasrat yang tinggi. 
10. Pandangan moral 
Seorang peneliti harus mempunyai kejujuran intelektual kejujuran moral, beriman, dan sanggup dipercaya. 


 ialah suatu penyelidikan terorganisasi Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berpikir, Syarat-Syarat Penelitian & Penelitian Menurut Para Ahli

Demikianlah isu mengenai Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berfikir & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian penelitian, pengertian penelitian berdasarkan para ahli, tujuan penelitian, perilaku penelitian, cara berpikir seorang peneliti, pengertian penelitian berdasarkan para ahli. Sekian dan terima kasih.

Referensi:  Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berfikir & Menurut Para Ahli
Muin Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Perminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga. Hal: 204-208

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Penelitian, Tujuan, Sikap, Cara Berpikir, Syarat-Syarat Penelitian & Penelitian Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar