Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur Unsur Dan Kiprah Administrasi Pemasaran

Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur Unsur Dan Tugas Manajemen Pemasaran- Secara Umum, Pengertian Manajemen Pemasaran yaitu proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan biar tercapainya sasaran atau tujuan perusahaan. Sekalipun sederhana, Memahami administrasi pemasaran sedang mencoba untuk mengidentifikasi apa yang diperlukan oleh konsmen dan bagaimana pemenuhannya sanggup terwujud.

Untuk bisa mengidentifikasi kebutuhan konsumen, maka bisnis perlu melaksanakan riset pemasaran, menyerupai survei harapan konsumen, sehingga bisnis bisa mendapatkan informasi ihwal apa sebungghnya yang diperlukan oleh konsumen. Konsep Pemasaran yaitu kebutuhan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan.

Informasi ihwal kebutuhan konsumen tersebut lalu diteruskan ke bab produksi untuk direalisasikan. Begitu hasil produksinya terealisasi, maka administrasi pemasaran lalu juga melaksanakan kegiatan dalam proses penyampaian produk ke konsumen. Dalam hal bisnis sablon, yang termasuk dalam kegiatan pengelolaan pemasaran yaitu untuk mengidentifikasi jenis sablon yang diminati oleh konsumen, apakah sudah ada screen printing pengusaha yang memenuhi minat, seberapa besar kemampuan pembeliannya. Kekuatan, bagaimana membuat perusahaan atau bisnis kita bisa menjawab harapan dan kepentingan konsumen, termasuk dalam kegiatan ini yaitu proses penjualan (jual) produk yang telah diproduksi tadi.


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Philip Kotler/Amstrong (2002:14): Pengertian administrasi pemasaran berdasarkan philip kotler bahwa administrasi pemasaran yaitu analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas acara yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi. 
Buchari Alma (2004:130): Menurut Buchari Alma bahwa pengertian administrasi pemasaran yaitu merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran ataupun bab dipemasaran. 

Unsur-Unsur Manajemen Pemasaran 

1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen yaitu orientasi utama dalam seni administrasi bisnis. Tentu proses marketing atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam konsep pemasaran sebagia perioritas utama. 
2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Dalam kegiatan pemasaran harus disusun secara menyeluruh dari segala keperluan biar mempermudah proses pemalaksanaan dan pengawasan. 
3. Kepuasan Konsumen 
 Hal ini menjadi perhatian utama dalam menyusun seni administrasi pemasaran. Bagusnya administrasi pemasaran saat menyetujui hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan, tetapi bagaimana cara maupun seni administrasi pemasaran yang dijalankan.

Tugas Manajemen Pemasaran 


  • Mempelajari kebutuhan maupun harapan dari konsumen
  • Mengembangkan konsep-konsep produk atau barang untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Membuat desain produk dan menyebarkan pembungkusan maupun merk
  • Mengatur distribusi dan menyidik penjualan
  • Menciptakan komunikasi pemasaran efektif dan efisien
  • Mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak. 
 Unsur Unsur Dan Tugas Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur Unsur Dan Tugas Manajemen Pemasaran

Demikianlah informasi mengenai  Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian administrasi pemasaran, fungsi administrasi pemasaran, unsur-unsur administrasi pemasaran, dan tugas-tugas administrasi pemasaran. Sekian dan terima kasih. 

TAG:Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen 
Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Prinsip & Bidang 
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli 
Pengertian Produksi, Faktor-Faktor, Proses, & Tujuannya 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manajemen Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Unsur Unsur Dan Kiprah Administrasi Pemasaran"

Posting Komentar