Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam Macam Dan Teladan Seni Kriya

Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam Macam Dan Contoh Seni Kriya- Secara Umum, Pengertian Seni Kriya yakni sebuah karya seni yang dibuat dengan memakai keterampilan tangan (hand skill) dan memperhatikan segi fungsional (kebutuhan fisik) dan keindahan (kebutuhan emosional). Karya seni Kriya dikategorikan sebagai karya seni terapan kepulauan. Dalam perkembangannya, karya seni kerajinan identik dengan seni kerajinan menyerupai yang terlihat dari cara menciptakan Kriya Art Work dengan tangan (hand made).

Kesenian Kriya sudah ada semenjak zaman prasejarah yang terlihat dari objek temuan semenjak zaman Batu Muda (Neolitik) yang telah diselesaikan manusia. Karya seni yakni gerabah dimana tembikar terbuat dari tanah liat dan dipakai sebagai wadah.

Tembakan di abad Neolitik menjadi ornamen sebagai simbol simbol kehidupan spiritual. Pada periode berikutnya, seni seni berkembang dengan baik dalam aspek fungsi, meningkatkan kualitas bahan, bentuk dan pola dekorasi. Awalnya benda itu bentuknya sederhana, dalam perkembangannya menjadi aneka macam bentuk dan rumit disertai ornamen yang menciptakan banyak variasi dan detail.

Istilah Kriya Art berasal dari bahasa Sansekerta Krya yang berarti melakukan. Krya terus berubah menjadi karya, kerajinan tangan dan karya. Secara khusus kerajinan itu melaksanakan sesuatu untuk menghasilkan objek atau objek. Namun, tumbuh disebut seni kerajinan.

Sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia besar Kriya ditafsirkan sebagai pekerjaan (kerajinan). Dalam bahasa Inggris disebut Craft yang berarti energi atau kekuatan, itu berarti keterampilan dalam bekerja atau menciptakan sesuatu.

Fungsi Seni Kriya 
Secara garis besar, fungsi seni kriya yakni sebagai berikut... 
1. Hiasan (Dekorasi). Banyak hasil produk dari seni kriya dipakai untuk benda pajangan. Seni kriya tersebut lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsinya sehingga seni kriya jenis ini mengalami aneka macam pengembangan. Contohnya hiasan dinding, karya seni ukir, patung, cinderamata dan lain sebagainya..
2. Benda Terapan (Siap Pakai). Seni kriya ini lebih mengutamakan fungsinya sebagai benda yang siap pakai, nyaman, namun tidak menghilangkan unsur keindahannya. Contohnya senjata, furnitur, keramik dan lain sebagainya.
3. Benda Mainan. Mungkin kita sering menjumpai seni kriya sebagai alat permainan yang biasanya dengan bentuk sederhana dan materi yang gampang didapatkan dan dikerjakan, dengan harga yang relatif murah. Contohnya yakni boneka, kipas kertas, congklak dll.

Jenis-Jenis Seni Kriya atau Macam-Macam Seni Kriya 

Bentuk seni kriya nusantara sangat bermacam-macam dan juga materi alami yang digunakan. Dari aneka macam karya tersebut masih ada ragam ragam hiasan tradisional dan ada yang mengembangkannya alasannya yakni tuntutan pasar.

1. Jenis Seni Kriya Berdasarkan Bahan yang Digunakan
a. Kerajinan Kayu Art
Kerajinan kayu yakni homogen kerajinan seni dalam karya pembuatan benda selalu menggabungkan nilai fungsi sekaligus dekoratif dengan memakai materi kayu. Dalam seni kerajinan kayu, ada pekerjaan dengan tingkat dasar atau tingkat awal. Kayu sangat banyak dipakai dalam pembuatan aneka macam benda kerajinan menyerupai pahatan, wayang golek, masker, furnitur, dan hiasan ukiran.

b. Seni Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil yakni kerajinan dengan materi dasar kain. Istilah tekstil mempunyai cakupan luas dan meliputi dengan aneka macam jenis kain yang cara pembuatannya bagus dengan mengikat, tenun dipres dan banyak cara menciptakan teknik kain. Umumnya kain terbuat dari serat berputar atau dipin untuk menghasilkan benang panjang dan kemudian ditenun atau dirajut untuk menghasilkan kain dalam bentuk barang jadi. Jenis kerajinan seni tektil kepulauan dikelompokkan menjadi dua jenis karya batik dan karya tenun.

c. Kriya Ceramic Art
Seni kerajinan keramik yakni benda yang terbuat dari tanah liat yang terbakar. Pembuatan seni kerajinan keramik dilakukan dengan teknik slab / plank, rotate / throwing, spinning / pinching, dan casting. Bidang kerajinan keramik yakni bandung, jepara, cirebon, banjarnegara, malang, purwerejo, jogyakarta, banjar negara, dan sulawesi selatan.

d. Seni Logam Kriya
Seni kerajinan logam yakni seni kerajinan yang mengolah logam menjadi aneka macam macam benda kerajinan. Teknik menciptakan kerajinan seni logam terdiri dari dua jenis teknik yaitu wire perdue / wax print, dan teknik bivalve.

e. Kriya Leather Art
Seni kulit yakni karya seni yang memakai kulit sebagai materi bakunya. Kulit yang biasa dipakai pada seni kerajinan kulit yakni kulit kambing, sapi, buaya, kerbau dan ular. Kulit mengalami serangkaian pemrosesan yang panjang, yang dimulai dari pemisahan daging binatang, dicuci dengan memakai cairan tertentu, pembersihan, perendaman dengan memakai materi kimia tertentu (penyamakan), pewarnaan, kontras kulit biar tidak berkontraksi, pengeringan dan peredaman. Setelah itu potong-potong biar sesuai ukuran objek yang akan dibuat. Contoh hasil kerajinan kulit yakni tas, sepatu, ikat pinggang, wayang kulit, dompet, pakaian (jaket), alat musik rebana, dan tempat HP. Daerah yang memproduksi kerajinan kulit yakni yogyakarta, garut, dan bali.

f. Seni Kriya Batu
Batu kerajinan seni yakni kerajinan seni dengan materi dasar kerikil yang dibuat sedemikian rupa biar terlihat cantik. Batu dengan tekstur keras, dan kaku sanggup diolah. Contohnya di wilayah sukami dan sukaraja. Daerah ini sering ditemukan hiasan dan hiasan rumah batu. Misalnya kerikil akik, fosil, jesper, dan kerikil permata seta masih jauh lebih banyak.

2. Macam-Macam Seni Kriya Berdasarkan Teknik Pembuatannya

a. Seni Kriya Pahat atau Seni Ukiran Kriya
Jenis, bahan, bentuk dan teknik pada pahatan sangat beragam, mulai dari jenis pahatan, gesekan dan aneka kerajinan lainnya. Selain memakai kayu, patung juga memakai aneka macam macam logam, batu, serta tulang dan kulit hewan sebagai materi dasar. Bali yakni salah satu tempat yang menghasilkan patung paling banyak dalam bentuk patung, gesekan sampai aneka macam kerajinan lainnya, salah satu pahat dari bali yakni patung patung dengan materi kerikil andesit.

b. Seni Kriya Batik
Proses pembuatan kain batik sanggup dilakukan dengan aneka macam teknik teknik stempel, teknik penulisan dan pengecatan. Teknik batik yakni salah satu yang paling banyak dipakai di Indonesia. Selain pulau Jawa, batik juga ditemukan di pulau Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Bali. Pola kain batik dari masing-masing tempat juga bervariasi. Gaya batik Jawa umumnya bergaya naturalis dengan sentuhan warna yang bervariasi.

c. Seni Kriya Tenun
Indonesia yakni salah satu produsen kain tenun terbesar di dunia, terutama dalam hal dekorasi. Tenun terdiri dari dua jenis yaitu songket tenun, dan tenun ikat. Bedanya yakni teknik pembuatan dan materi yang digunakan. Songket menenun dalam bentuk benang perak, emas atau benang sutera. Daerah di Indonesia yang populer dengan tenun tenun tenun yakni aceh, sulawesi tengah, bali, sumatra utara, toraja (sulawesi selatan), NTT, kalimantan timur, flores, dan kalimantan bvarat. Sedangkan tempat pembuatan songket tenun yakni sumatra barat, aceh, riau, sumatra utara, lombok, palembang, sumatra barat, tenggara nusa dan maluku.

d. Seni anyaman Kriya
Kesenian tenun yakni teknik pembuatan dengan mengatur materi dasar dalam bentuk tumpang tindih, cross-overs, dan melipat pakat dan lungsen dengan pola tertentu. Bahan yang dipakai dalam kerajinan rotan yakni rotan, bambu, pandan, lontar, mendong, enceng gondok, kertas, plastik, dan tali. Pusat kerajinan anyaman ada di bali, sulawesi, tasikmala, kalimantan dan papua.

e. Seni Kerajinan Bordir

Seni kerajinan bordir / bordir yakni kerajinan yang menempatkan hiasan benang yang dijahit pada kain yang berfungsi untuk menghias dan memperindah tampilan kain. Aplikasi bordir bordir dipakai pada pakaian, tas, kerudung, taplak meja, dan mukena. Daerah penghasil bordir / sulan ada di barat sempurna di tasikmalaya.

 yakni sebuah karya seni yang dibuat dengan memakai keterampilan tangan  Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam Macam Dan Contoh Seni Kriya

Demikianlah info mengenai Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam & Contoh Seni Kriya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian seni kriya fungsi seni kriya, macam-macam seni kriya, dan pola seni kriya. Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Seni Kriya, Fungsi, Macam Macam Dan Teladan Seni Kriya"

Posting Komentar