Pengertian Sistem, Unsur Unsur, Karakteristik Sistem & Arti Pengertian Sistem Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Sistem, Unsur Unsur, Karakteristik Sistem & Arti Pengertian Sistem Menurut Para Ahli- Secara Umum, Pengertian Sistem adalah sekumpulan objek (objectives) (unsur-unsur atau bagian-bagian) yang berbeda-beda (diverse) yang paling bekerjasama (intrerrealated), saling bekerja sama (jointly) dan saling mensugesti (independently) satu sama lain serta terikat pada rencana (planned) yang sama untuk mencapai tujuan (output) tertentu dalam lingkungan (environment) yang kompleks. Dalam Terminologi, Sistem dipakai dalam banyak cara berbeda sehingga sulit untuk mendefinisikannya dalam sebuah pernyataan yang merangkum semua kegunaannya dan cukup ringkas untuk memenuhi tujuannya. Ini alasannya rasa sistem bergantung pada latar belakang sudut pandang orang yang mencoba mendefinisikannya. Misalnya, secara hukum, sistem dilihat dari kumpulan peraturan yang membatasi baik oleh kapasitas sistem itu sendiri dan lingkungan di mana ia berada untuk memastikan keharmonisan dan keadilan. Menurut teknik, sistem dipandang sebagai proses input (input) yang ditransformasikan menjadi output tertentu (output). Menurut sistem awam dipandang sebagai cara atau metode untuk mencapai suatu tujuan. Itu yaitu banyak sekali cara untuk melihat konsep sistem.

Namun demikian, kami akan menyajikan beberapa rasa sistem supaya mendapatkan pemahaman yang benar perihal terminologi sistem. Sistemnya etimologis, berdasarkan Webster's News The Collegiate Dictionary terdiri dari kata-kata "sym" dan "histanai" dari kata Yunani, yang berarti menempatkan bahu-membahu ---menempatkan bersama.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli 


  • Advanced Learner's Dictionary dalam Sukarna (1977:13) menjelaskan pengertian sistem yaitu "System is a group of facts ideas, beliefs etc arranged in an orderly way; as a system of philosophy". atau sistem yaitu kumpulan fakta-fakta, pendapat-pendapat, kepercayaan-kepercayaan dan lain-lain yang disusun dalam suatu cara yang teratur; menyerupai sistem filsafat. 
  • Webster's Third New Collegiate Dictionary dalam Simatupang (1995:6) memperlihatkan pengertian perihal sistem bahwa sistem yaitu sebagai suatu kesatuan (unity) yang kompleks yang dibuat oleh bagian-bagian yang berbeda-beda (diverse) yang masing-masing terikat pada (subjected to) rencana yang sama atau bantuan (serving) untuk mencapai tujuan yang sama. 
  • Murdick, Ross dan Claggett dalam Simatupang (1995:6) mendefinisikan sistem sebagai suatu susunan elemen-elemen yang berinteraksi dan membentuk satu kesatuan yang terintegrasi. 
  • Shrode dan Voich, Jr (1974: 122) mendefinisikan sistem yaitu "System is a set of interrelated parts, working independently and jointly, in pursuit of common objectives of the whole, within a complex environment" atau sistem yaitu kumpulan unsur-unsur atau bagian-bagian yang saling berinteraksi,saling ketergantungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu dalam lingkungan yang kompleks. 
  • Arifin Rahman dalam Webster New Collegiate Dictionary bahwa sistem terdapat kata "Syn" dan "Histanal" yang berasal dari bahasa Yunani berarti menempatkan bersama. Makara pengertian sistem yaitu suatu kumpulan pendapat-pendapat, prinsip-prinsip, dan lain-lain yang membentuk suatu kesatuan yang berhubung-hubungan satu yang lain.
  • W.J.S Poewadarminta, menyampaikan bahwa sistem yaitu kelompok bab yang bekerja sama untuk melaksanakan sesuatu maksud 
  • Colin Cherry, mengatakan bahwa sistem yaitu suatu keseluruhan yang dibuat dari banyak bab suatu assambel dari banyak sekali macam sifat dan bagian-bagian tersebut. 
  • Andri Kristanto, menyampaikan bahwa pengertian sistem yaitu suatu jaringan kerja dari sebuah mekanisme yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melaksanakan kegiatan atau menuntaskan suatu sasaran tertentu.


Unsur-Unsur Sistem  

Untuk mengetahui apakah semuanya sanggup dikatakan maka sistem tersebut harus memasukkan lima elemen utama yaitu sebagai berikut ...
1. Adanya satu set objek (tujuan) (elemen, atau bab atau elemen)
2. Adanya interaksi atau kekerabatan (interrealatedness) antara unsur (bagian, unsur).
3. Adanya sesuatu yang mengikat unsur-unsur (bekerja secara berdikari dan bersama-sama) (bagian, unsur saling bergantung dan bekerja sama) menjadi satu kesatuan (unity).
4. Berada di lingkungan yang kompleks.
5. Ada tujuan yang sama (output), sebagai hasil akhir.

Karakteristik Sistem  

Karakteristik sistem dibagi menjadi 8 bab sebagai berikut ...
1. Komponen Sistem
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang berinteraksi satu sama lain, yang berarti bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen sistem terdiri dari komponen dalam bentuk subsistem atau bab dari sistem.
2. Keterbatasan sistem (boundary)
Keterbatasan sistem yaitu area yang membatasi antara sistem dengan sistem lain atau dengan lingkungan eksternal. Batas sistem ini memungkinkan sebuah sistem dilihat secara keseluruhan. Batas-batas suatu sistem memperlihatkan ruang lingkup sistem.
3. Lingkungan diluar sistem (lingkungan)
Lingkungan di luar sistem (lingkungan) berada di luar batas sistem yang mensugesti pengoperasian sistem. Lingkungan sanggup bermanfaat dan harus dijaga dan dikendalikan, yang tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem.
4. Konektor sistem (interface)
Sistem penghubung yaitu media penghubung antara satu subsitem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan pita sumber sehari mengalir dari subsistem ke subsistem lainnya. Output dari subsitem akan dimasukkan (input) ke subsistem lain melalui link.
5. Sistem Masukan (input)
Enter yaitu energi yang masuk ke dalam sistem, yang sanggup berupa perawatan, dan sinyal input. Masukan Maintenace yaitu energi yang dimasukkan supaya sistem sanggup beroperasi. Sinyal input yaitu energi yang diproses untuk mendapatkan output. Contoh dalam aktivitas sistem komputer yaitu pemeliharaan input sedangkan data yaitu sinyal input yang akan diolah menjadi informasi.
6. Output sistem (output)
Output sistem yaitu hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang mempunyai kegunaan dan pembuangan residu. Contoh komputer menghasilkan panas yang membuang-buang pembuangan, sedangkan informasi yaitu keluaran yang dibutuhkan.
7. Sistem pengolahan
Sistem menjadi bab pengolahan yang akan mengubah input menjadi output. Sistem produksi akan mengolah materi baku menjadi materi jadi, sistem akuntansi akan mengolah data menjadi laporan keuangan.
8. Sistem target
Suatu sistem harus mempunyai tujuan atau tujuan. Tujuan dari sistem ini yaitu untuk memilih sistem input dan output yang diharapkan yang akan dihasilkan sistem

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sistem, Unsur, & Arti Sistem Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sistem, pengertian sistem berdasarkan para ahli, unsur-unsur sistem. Sekian dan terima kasih.

TAG: Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah Kepemimpinan
Pengertian, Sifat, dan Fungsi Pengendalian Sosial
Pengertian, Ciri-Ciri & Hakikat Sosiologi
Nilai Sosial (Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi & Macam-Macamnya)
Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk & Menurut Para Ahli

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sistem, Unsur Unsur, Karakteristik Sistem & Arti Pengertian Sistem Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar