Afnei: Pengertian, Sejarah, Kiprah Dan Tujuan Afnei Ke Indonesia

AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas Dan Tujuan AFNEI Ke Indonesia- Secara umum, Pengertian AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) adalah pasukan sekutu yang dikirim ke Indonesia sehabis selesainya Perang Dunia II untuk melucuti persenjataan tentara Jepang, membebaskan tawanan perang Jepang, dan mengembalikan Indonesia kembali menjadi Hindia Belanda kekuasaan Belanda di bawah manajemen NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Pasukan ini di bawah pimpinan Letnan Jendrall Sir Philip Christison.

Sejarah AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies
Setelah berhasil mengatasi persoalan dengan tentara Jepang, orang-orang Indonesia lalu menghadapi pasukan Sekutu dari Komando Asia Tenggara (SEAC) di bawah kepemimpinan Lord Laksamana Louis Mountbatten. Petugas Sekutu pertama, yang tiba ke Indonesia, yaitu Mayor Greenhalgh, ia terjun payung di lapangan udara Kemayoran pada tanggal 14 September 1945. Tugas Greenhalgh yaitu mempersiapkan pembentukan markas pasukan Sekutur di Jakarta. Kedatangan Greenhalgh diikuti oleh sebuah kapal penjelajah Cumberland di Tanjung Priok pada tanggal 29 September 1945. Kapal tersebut membawa Komandan Skuadron Cruiser V. Inggris, Rear Admiral W.R. Patterson. Pasukan Sekutu Hindia Belanda (AFNEI) di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Philip Christison.
adalah pasukan sekutu yang dikirim ke Indonesia sehabis selesainya Perang Dunia II untuk m AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas Dan Tujuan AFNEI Ke Indonesia


Awalnya kedatangan pasukan Sekutu disambut oleh pihak Indonesia. Tapi sehabis pasukan Sekutu (Inggris) tiba untuk membawa orang-orang Belanda yang bergabung di Pemerintahan Sipil Hindia Belanda (NICA) maka perilaku bangsa Indonesia mulai berubah, itu bermusuhan. Situasi keamanan lalu menjadi tidak terkendali.

Kemungkinan Letnan Jenderal Christison telah memperingatkan bahwa kiprah pasukan Sekutu tidak akan berhasil tanpa pemberian pemerintah Republik Indonesia. Oleh sebab itu, Letjen Jenderal Christison melaksanakan perundingan dengan pemerintah Republik Indonesia, dan mengakui De facto Republik Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945.
Iklan

Sejak legalisasi de facto, masuknya pasukan Sekutu ke wilayah Indonesia secara terbuka diterima oleh pejabat Republik Indonesia. Ini sebab pemerintah Republik Indonesia harus menghormati kiprah pasukan Sekutu. Pengakuan tersebut diperkuat oleh pernyataan yang dikeluarkan oleh Christison, bahwa ia tidak akan mengganggu hal-hal yang menyangkut status manajemen negara Indonesia.

Tugas AFNEI atau Tujuan AFNEI di Indonesia 

Tugas AFNEI di Indonesia yaitu melaksanakan perintah Kepala Staf Gabungan Pasukan Sekutu yang diberikan kepada SEAC. Tugas AFNEI yaitu sebagai berikut... 

  • Menerima penyerahan dari tangan Jepang
  • Membebaskan interniran Sekutur
  • Melucuti, mengumpulkan, dan memulangkan orang Jepang
  • Menegakkan dan mempertahankan keadaan tenang untuk lalu diserahkan kepada pemerintahan sipil, serta. 
  • Menghimpun keterangan perihal penjahat perang dan menuntut mereka di depan pengadilan pasukan Sekutu.

Demikianlah isu mengenai AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian AFNEI, sejarah AFNEI, kiprah & tujuan AFNEI ke Indonesia. Sekian dan terimakasih. 

Referensi: AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia
Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus IPS. Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan. Hal 3
Sadali.dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Hal: 59-60

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Afnei: Pengertian, Sejarah, Kiprah Dan Tujuan Afnei Ke Indonesia"

Posting Komentar