Tahap-Tahap Proses Sosialisasi

Tahap-Tahap Proses Sosialisasi- Proses sosialisasi terjadi dengan beberapa tahapan atau langkah yang.Adengan adaptasi terjadi secara bertahap, seiring dengan perluasan dan pertumbuhan pengetahuan dan penerimaan individu atas nilai dan norma yang terkandung di lingkungan masyarakat tempatnya berada. Perubahan lingkungan sanggup menyebabkan perubahan sikap dan tindakan seseorang dikarenakan telah ada penerapan nilai dan norma yang berbeda dari nilai dan norma yang dimilikinya sebelumnya. Berbagai nilai dan norma diserap oleh insan melalui sosialisasi.

Beberapa sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori tugas (role theory) alasannya yaitu dalam proses sosialisasi diajarkan tugas yang harus dijalankan oleh individu. George Herbert Mead beropini bahwa sosialisasi melalui mana seseorang sanggup dibedakan melalui tahapan sebagai berikut.

Tahap-Tahap Proses Sosialisasi

a. Tahap Persiapan (Prepatory Stage)
Tahapan persiapan yaitu tahap yang dialami semenjak insan lahir berarti anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, dan mendapat pemahaman perihal dirinya sendiri. Pada tahap ini, anak mulai memalsukan acara yang tidak sempurna.

Contoh:
Kata "makan" yang diajarkan ibu kepada anak balita itu diucapkan "mam". Arti dari kata tersebut juga tidak dipahami oleh anak. Perlahan-lahan si anak mengerti dengan tepat arti kata makan dengan kenyataan yang terjadi.

b. Tahap Meniru (Play Stage)
Fase memalsukan yaitu tahap mimik yang ditandai dengan semakin sempurnanya anak memalsukan tugas yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran akan nama diri dan siapa orang tuanya, saudaranya, dan sebagainya. Anak-anak mulai menyadari apa yang sedang dilakukan seorang ibu dan apa yang diperlukan seorang ibu dari anaknya.

c. Tahap Persiapan Bertindak (Game Stage)
Tahap persiapannya yaitu bahwa imitasi mulai berkurang dan digantikan oleh tugas yang dimainkan eksklusif sendiri dengan kesadaran penuh. Kemampuannya untuk menempatkan dirinya di posisi orang lain meningkat sehingga memungkinkan kemampuan bermain bersama.

d. Tahap Peneriman Norma Kolektif (Generalized Stage/Other)
Tahap penerimaan yaitu tahap di mana seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah bisa memasukkan dirinya ke dalam sebuah masyarakat di sebuah lausa. Dengan kata lain, ia bisa mentolerir, tidak hanya dengan orang yang berinteraksi dengannya, tapi juga dengan masyarakat luas.
 Proses sosialisasi terjadi dengan beberapa tahapan atau langkah yang Tahap-Tahap Proses Sosialisasi


Demikian pembahasan perihal Tahap-Tahap Proses Sosialisasi dan lihat juga beraneka ragam artikel disini. Semoga Tahap-Tahap Proses Sosialisasi sanggup teman-teman terima dan bermanfaat.terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahap-Tahap Proses Sosialisasi"

Posting Komentar