Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Jenis, Dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)

Kali ini seputar definisi arteri, fungsi, fitur dan jenis arteri. Arteri yakni jenis pembuluh darah yang ada di badan kita, dimana jenis pembuluh darah terbagi menjadi dua yaitu nadi (arteri) dan vena (pembuluh darah). Pertama mari kita bahas arti arteri. Apa itu Pembuluh nadi(arteri)? Pembuluh nadi (arteri) yakni pembuluh darah yang berotot dan membawa darah ke jantung. Dinding pembuluh nadi tersusun dari tiga lapisan,yakni lapisan luar yang bersifat elastis, lapisan tengah yang berupa sel-sel otot polos, dan lapisan dalam yang disusun oleh selapis sel berdinding tipis.

Arteri mempunyai dinding yang tebal, kuat, dan elastis, yang membantu daya pemompaan jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Memompa oleh jantung menjadikan darah terdorong untuk mengalir. Ini memberi tekanan di sepanjang dinding kapal di jalannya dan memberi denyut. Maka terjadilah, darah akan memancar keluar ketika arteri tersebut terluka. Umumnya arteri berada di dalam tubuh. Arteri terbesar disebut aorta. Pembuluh ini berasal dari ventrikel kiri jantung dan bertanggung jawab membawa darah yang mengandung oksigen (darah bersih) ke seluruh tubuh. Kapal ini mempunyai katup yang berada sempurna di luar jantung. Selanjutnya, cabang aorta dua, satu cabang ke arah kepala dan satu cabang lagi ke arah badan bab bawah. Kedua arteri (arteri). yang keluar dari jantung dan kemudian bercabang lagi menjadi arteri yang lebih kecil. Arteri terkecil, disebut arteriol. Arteriol lebih tipis dari sisir rambut. Cabang arteriol ini kembali masuk ke pembuluh kapiler.
 Arteri yakni jenis pembuluh darah yang ada di badan kita Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)


Selain aorta, arteri lain yang membawa darah meninggalkan jantung yakni pembuluh darah paru (pulmonary artery). Pembuluh-pembuluh tersebut berasal dari ventrikel kanan jantung dan berukuran lebih kecil dari pada aorta. Tugasnya membawa darah yang mengandung karbon dioksida (darah kotor). dan uap air ke paru-paru. Melalui arteri, darah dari jantung beredar di seluruh jaringan badan termasuk jaringan jantung. Arteri yang bertanggung jawab atas oksigen dan nutrisi ke jantung disebut kanopi (arteri koroner). Pembuluh ini sangat kecil sehingga gampang tersumbat oleh gumpalan lemak. Penyumbatan fatwa darah menjadikan beberapa sel di organ jantung kekurangan masakan dan oksigen. Kejadian penyumbatan jantung ini disebut arteri koroner.

Kesimpulan : 

Fungsi Pembuluh Nadi (Arteri) 


  • Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh
  • Menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel
  • Mengangkut zat buangan contohnya karbon dioksida
  • Menjaga keseimbangan mobilitasi protein, kimia, unsur-unsur dari sistem kekebalan badan dan sel


Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) 




  • Dinding pembuluh nadi tersusun atas tiga lapis 
  • lapisan luar berupa sel-sel otot elastis, 
  • lapisan tengah berupa sel-sel otot polos,
  • lapisan dalam yang hanya disusun oleh selapis sel berdinding tipis. 
  • Pembuluh nadi mempunyai dinding tebal, kuat, dan elastis
  • Membawa darah yang bersih
  • Mempunyai satu kutup yaitu awal pembuluh yang berada di bersahabat jantung
  • Jika terluka, darah akan memancar
  • Umumnya terletak dibagian dalam tubuh

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)


  • Arteri Pulmonalis : Arteri pulmonalis atau nadi paru-paru yakni pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Pembuluh ini mengandung banyak karbon dioksida yang akan dilepaskan keparu-paru yakni di alveolus
  • Arteri Sistemik : Arteri sistemik yakni pembulu yang mengantar darah ke arteriol sesudah itu ke pembuluh kapiler daerah dimana zat nutrisi dan oksigen ditukarkan
  • Aorta : Aorta yakni pembuluh terbesar yang ada dalam badan dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen 
  • Arteriol : Arteriol yakni pembuluh nadi yang paling kecil yang bekerjasama dengan pembuluh kapiler
  • Pembuluh Kapiler : Pembuluh kapiler yakni daerah pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam sistem sirkulasi, pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang bukan sesungguhnya. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang dan cabang-cabang dari pembuluh balik dengan sel-sel tubuh. 

Demikian pembahasan Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) dan lihat juga macam-macam artikel disini. Semoga artikel Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) sanggup bermanfaat bagi kita semua. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Jenis, Dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)"

Posting Komentar