Pengertian Tugas Sosial Dan Jenis-Jenis Tugas Sosial

Pengertian Peran Sosial dan Jenis-Jenis Peran Sosial- Bertemu lagi. Kali ini seputar pemahaman tugas dan tipe sosial atau jenis tugas sosial..Pengertian tugas sosial ialah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya. Apabila seorang individu telah melaksanakan kewajiban dan meminta hak-haknya sesuai dengan status sosial yang disandangnya, beliau telah menjalankan suatu tugas yang benar/tepat.Peran itu berasal dari contoh hidup. Oleh sebab itu, tugas memilih apa yang diberikan oleh masyarakat disekitarnya. Peran dianggap penting sebab mengatur sikap seseorang yang ada di masyarakat, menurut norma yang berlaku di masyarakat.

Di masyarakat, ada banyak individu dengan tugas yang beragam. Keragaman tugas sosial membawa konsekuensi dinamis dari konflik, ketegangan, kegagalan, dan ketidaksetaraan. inilah penjelasannya .

a. Konflik Peran
Konflik tugas terjadi ketika seseorang dengan posisi tertentu harus melaksanakan tugas yang bahwasanya tidak beliau harapkan. Hal ini terjadi sebab seseorang mempunyai banyak status sosial.
Contoh:

  • Seorang polisi yang baik harus menangkap pelakunya yang bahwasanya ialah keponakannya sendiri. Padahal, sebagai paman, ia berkewajiban untuk melindungi keponakannya sendiri.
  • Seorang siswa mengalami konflik tugas antara memberi sontekan kepada sobat dan menjadi siswa yang jujur


b. Ketegangan Peran
Ketegangan terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas sosial yang dimilikinya sebab adanya ketidaksesuaian antara kewajiban yang harus beliau lakukan dan tujuan dari tugas sosial itu sendiri.
Contoh:

  • Seorang pemimpin kantor yang harus menerapkan disiplin waktu yang ketat kepada para pegawainya yang kebanyakan kerabatnya sendiri.


c. Kegagalan peran
Kegagalan tugas terjadi dikala seseorang tidak bisa melaksanakan banyak tugas sekaligus sebab ada tuntutan yang saling bertentangan.
Contoh:

  • Seorang ibu rumah tangga yang suaminya telah meninggal dunia. Dia bertindak sebagai pemimpin bagi anak-anaknya, pencari nafkah keluarga, pengasuh, serta pendidik untuk putra dan putrinya. Peran berat dan berat semacam itu mungkin gagal beroperasi.


d. Kesenjangan Peran (Role Distance)
Kesenjangan tugas terjadi ketika seseorang harus menjalankan tugas yang bukan merupakan prioritas hidupnya sehingga merasa tertekan atau merasa tidak cocok untuk menjalankan peran.
Contoh:

  • Seorang perempuan muda yang terpaksa menikahi dan berperan sebagai istri dan ibu rumah tangga
 Kali ini seputar pemahaman tugas dan tipe sosial atau jenis tugas sosial Pengertian Peran Sosial dan Jenis-Jenis Peran Sosial

Demikian artikel tentang Pengertian Peran Sosial dan Jenis-Jenis Peran Sosial biar semakin bermanfaat, terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Tugas Sosial Dan Jenis-Jenis Tugas Sosial"

Posting Komentar