Hambatan Dalam Perdagangan Internasional (Antar-Negara)

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional (antar-negara) -Ada aneka macam hambatan dalam kemajuan dan terjadinya perdagangan internasional. Bila dilihat dari manfaat perdagangan internasional tidak terhindar dari hambatan sehingga banyak perdagangan internasional tidak terjadi alasannya ialah adanya perdagangan internasional. Banyak yang menciptakan perdagangan internasional semakin dipeluk oleh negara-negara yang terlihat dari imbas konkret perdagangan internasional itu sendiri, kalau dibandingkan dengan imbas negatif perdagangan internasional itu sendiri, perbedaannya ialah bahwa imbas konkret lebih menguntungkan daripada imbas negatif, yang kurang berbahaya. Perdagangan internasional mempunyai banyak manfaat, namun dalam implementasinya tidak terlepas dari hambatan. Hambatan dalam perdagangan internasional meliputi:

Hambatan Dalam Perdagangan Internasional

a. Kebijakan Proteksionisme
Kebijakan proteksionis ialah kebijakan yang ditujukan untuk melindungi produsen yang berada di dalam negara itu sendiri. Kebijakan ini bahwasanya sah kalau bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri masih gres (industri bayi) dan memang membutuhkan perlindungan. Kebijakan itu kurang niscaya kalau hanya untuk melindungi produsen dalam negeri yang cenderung kurang efisien dan kurang bersaing dengan produk impor yang biasanya menurunkan harga dengan kualitas yang lebih baik.

b. Prosedur Perdagangan Internasional yang Rumit dan Berbelit-Belit
Perdagangan internasional harus melalui mekanisme / proses yang rumit dan rumit dari proses perizinan, inspeksi, pengemasan, pengiriman dan pemrosesan simpulan sampai penerimaan oleh negara pengimpor. Kompleksitas mekanisme menciptakan tidak semua pengusaha / pedagang bisa menjadi pelaku perdagangan internasional.

c. Produk yang Tidak Memenuhi Standar Mutu Internasional
Produk yang bisa masuk pasar internasional biasanya diharuskan memenuhi standar kualitas. Faktanya ialah bahwa banyak produk yang diproduksi oleh suatu negara belum sanggup memenuhi standar kualitas, alasannya ialah kurangnya peralatan, teknologi, dan juga para ahli. Beberapa standar kualitas yang ditentukan dalam perdagangan internasional ialah memperlihatkan sertifikat tertentu pada produk yang telah memenuhi syarat untuk dijual di pasar internasional menyerupai International Standard Organization (ISO), contohnya sertifikat ISO 9001, ISO 9002, ISO 14000 dan banyak lagi. Adanya persyaratan standar yang ketat menimbulkan banyak negara yang produknya belum bisa masuk ke dalam perdagangan internasional.

d. Adanya Persaingan Ketat Antarnegara
Adanya persamaan produk yang dihasilkan oleh beberapa negara menimbulkan antara satu negara ke negara lain secara ketat memasuki pasar internasional. Bagi negara yang telah bisa menghasilkan produk dengan kualitas lebih tinggi dengan harga yang lebih murah tentunya hal ini tidak menjadi masalah. Ini untuk negara yang tidak mempunyai kemampuan dan keahlian, yang akan menciptakan produknya tidak bisa menembus pasar internasional.

e. Ketegangan di Bidang Politik dan Militer
Perdagangan internasional akan terganggu kalau di antara kedua negara yang menciptakan kekerabatan dagang menjadikan dilema dalam politik dan militer, menyerupai perang, invasi ke negara lain, perselisihan perbatasan, ikut campur dalam urusan dalam negeri dan lain-lain.
 Hambatan Dalam Perdagangan Internasional  Hambatan Dalam Perdagangan Internasional (antar-negara)

Demikian artikel tentang Hambatan Dalam Perdagangan Internasional (antar-negara)  agar bermanfaat. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hambatan Dalam Perdagangan Internasional (Antar-Negara)"

Posting Komentar