Sumber Sejarah Masuknya Agama Islam Ke Indonesia

Sumber Sejarah Masuknya Agama Islam ke Indonesia- Terdapat aneka macam Sumber-sumber sejarah wacana masuknya agama Islam ke Indonesia, diataranya yaitu gosip dari dalam negeri dan gosip asing/luar negeri. Berita abnormal yaitu gosip yang bersumber dari luar negeri, ditulis oleh para musafir yang pernah singgah ke Indonesia. Negara negara timur memang mempunyai tradisi tulis yang baik sehingga kemanapun mereka singgah, mereka tidak pernah lupa menulis insiden yang mereka saksikan dalam buku catatan mereka. sekarang catatan catatan tersebut menjadi sumber sejarah yang otentik.

Sumber sejarah wacana proses masuknya Islam ke Indonesia sehingga kita lebih yakin bahwa Islam masuk atau tiba ke indonesia yaitu benar, Islam dibawa oleh pedagang dan lain-lain menurut teori penyebaran Islam di nusantara dan pendapat para ahli. Yang memperkuat masuknya Islam di Indonesia, sangat terperinci bahwa Islam masuk di Indonesia dan bila Anda menginginkan bukti yang berkaitan dengan sejarah masuknya Islam di Indonesia juga sanggup dilihat atau diketahui dari pesan yang ditulis di kerikil nisan dan catatan sejarah. dari para penyair, yang sanggup dilihat di bawah ..
 Sumber Sejarah Masuknya Agama Islam ke Indonesia Sumber Sejarah Masuknya Agama Islam ke Indonesia


a. Batu nisan dan makam
Sumber sejarah kerikil nisan dan makam yang mengatakan proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu sebagai berikut.
1). Batu kuburan Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik, Jawa Timur yang berawal ke 1082 Masehi atau 475 H.
2). Batu kuburan makam Sultan Malik Al Shaleh dari Samudra Pasai yang berasal dari tahun 1297 M atau 696 H.
3). Batu makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Jawa Timur yang berawal dari tahun 1419 M atau 822 H.
4). Dua kuburan makam berasal dari tahun 1380 M (781 H) dan 1389 M (789 H) di Munje Tujoh, Aceh Utara.

b. Catatan sejarah
Sumber sejarah berupa catatan sejarah dari pelancong yang mengatakan proses masuknya Islam ke Indonesia yaitu sebagai berikut.
1). Catatan dari Dinasti Tang (China) yang mengabarkan bahwa pada periode ke 7 telah terjadi permukiman pedagang Arab di Baros, pantai barat Sumatera.
2). Catatan Marco Polo yang mengabarkan komunitas Muslim di Perlak pada selesai periode ke-13. Marco Polo menceritakan bahwa di periode kesebelas, Islam berkembang di Sumatra utara. Dia juga menceritakan bahwa Islam telah berkembang sangat pesat di Jawa.
3). Catatan  Ma Huan (pelancong China) yang mengabarkan bahwa pada awal periode ke-15 beberapa komunitas pesisir di utara Jawa telah memeluk Islam. Ma Huan yaitu seorang penulis yang hidup pada masa pemerintahan Laksamana Cheng Ho.
4). Catatan Tome Pires (traveler Portugis) bertajuk Suma Oriental berkhotbah wacana penyebaran Islam di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan sekiatar Kepulauan Maluku periode ke-16.
5). Cerita Ibn Battuatah yang menceritakan bahwa Sultan Samudra Pasai sangat baik dengan ulama dan bangsanya. Selain itu, Ibn Battutah menceritakan bahwa Pasai Oceans yaitu kesultanan perdagangan yang sangat maju. Di sana, Ibn Battuta bertemu dengan pedagang dari India, China, dan Jawa.

Demikian artikel tentang Sumber Sejarah Masuknya Islam di Indonesia agar bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumber Sejarah Masuknya Agama Islam Ke Indonesia"

Posting Komentar