Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara- Kerajaan Tarumanegara ada aneka macam jenis atau jenis warisan budaya raja-raja yang pernah memerintah kerajaan tarumanegara atau biasa disebut garis keturunan kerajaan tarumanegara dengan aneka macam hasil budaya yang tercipta dari aneka macam temuan para andal yang telah diperoleh. Hasil warisan budaya dari Kerajaan Tarumanegara berupa prasasti. Tujuh prasasti ditulis dalam bahasa Sanskerta. Tujuh prasasti warisan budaya Kerajaan Tarumanegara yaitu sebagai berikut.

Peninggalan-Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara

a. Prasasti Ciaruteun menyebutkan nama Tarumanegara, Raja Purnawarman, dan lukisan sepasang kaki yang dianggap sama dengan telapak kaki Dewa Wisnu. Prasasti Ciaruteun yang terletak di Ciampea, Bogor dikenal juga dengan Prasasti Ciampea. 

b. Prasasti Tugu menyatakan bahwa Raja Purnawarman memerintahkan menggali susukan air berjulukan Gomati sepanjang 6.112 tombak. Pekerjaan itu dilakukan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman yang ke-22 dan final dalam 21 hari. Prasasti Tugu ditemukan di Cilincing, Jakarta. 

c. Prasasti Kebon Kopi ditemukan di Kampung Muara Hilir, Kecamatan Cibungbulang. Pada prasasti itu tergambar bekas dua tapak kaki gajah yang diidentikkan dengan gajah Airawata, gajah milik penguasa Tarumanegara yang agung.

d. Prasasti Jambu ditemukan dibukit Koleangkak, perkebunan Jambu, sebelah barat Bogor. Prasasti ini berisi sanjungan kebesaran, kegagahan, dan keberanian Raja Purnawarman. 

e. Prasasti Lebak atau Prasasti Cidanghiyang ditemukan di Kampung Lebak, tepi Sungai Cidanghiyang, Pandeglang, Banten. Prasasti ini berisi kebanggaan atas kebesaran dan keagungan Raja Purnawarman. 

f. Prasasti Pasir Awi ditemukan didaerah Leuwiliang. Prasasti ini tertulis dalam abjad ikal yang belum sanggup dibaca. 

g. Prasasti Muara Cianten ditemukan di Bogor. Prasasti ini tertulis dalam abjad ikal yang juga belum sanggup dibaca
 Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara


Demikian artikel tentang Peninggalan-Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara supaya bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara"

Posting Komentar