Pengertian Bangsa : Bangsa Dalam Arti Sosiologis Antropologis, Politik Dan Ciri Ciri Bangsa

Pengertian Bangsa :  Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis, Politik Dan Ciri Ciri Bangsa-Pengertian Bangsa, dalam bahasa Inggris, bangsa berasal dari kata bangsa, Bangsa berarti bangsa, keluarga, atau trah (Jawa). Pengertian bangsa berdasarkan definisi para ahli menyampaikan bahwa pemahaman bangsa ialah kumpulan orang yang biasanya terikat alasannya ialah kesatuan bahasa dan tempat tertentu di bumi. Sedangkan Pengertian bangsa berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam arti bangsa ialah orang yang sama asal, kebiasaan, bahasa, dan sejarah, dan pemerintahan sendiri. terbagi menjadi dua yaitu pengertian bangsa dalam sosiologi antropologi dan politik. Untuk mengetahui pemahaman bangsa dalam sosiologi antropologi dan politik sanggup dilihat di bawah ini.

a. Bangsa-Bangsa dalam Makna Sosiologis Antropologis
Bangsa ini merupakan aliansi kehidupan yang independen dan setiap anggota komunitas kehidupan itu ialah satu kesatuan, bahasa, agama, dan kebiasaan. Persekutuan yang hidup, yang berarti pertemuan orang-orang yang saling membutuhkan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam wilayah tertentu.
 Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis Pengertian Bangsa :  Bangsa dalam Arti Sosiologis Antropologis, Politik Dan Ciri Ciri Bangsa


Persekutuan ini tinggal di negara yang jumlah warganya lebih besar atau lebih besar daripada komunitas kehidupan lainnya, menyerupai komplotan masyarakat Jawa. Persekutuan yang mempunyai warganegara sedikit atau lebih kecil dari yang lain, menyerupai suku Badui.

b. Bangsa dalam Makna Politik
Bangsa dalam arti politik ialah masyarakat dalam wilayah tertentu dan mereka tunduk pada penguasa yang ada. Jadi, pemahaman bangsa dalam arti politik ialah bangsa yang mempunyai kepentingan, nasib dan tujuan yang sama (politik). Bangsa-bangsa dalam pengertian politik inilah yang mengangkat gagasan nasionalisme atau semangat nasionalisme. Selain itu, bangsa ini juga berasal dari orang-orang yang mempunyai latar belakang sejarah pengalaman yang sama, dan usaha dalam mencapai impian untuk bersatu.

Ciri-Ciri Bangsa
Berdsarkan pengertian bangsa tersebut, bangsa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. 
1). Sekelompok insan yang mempunyai rasa kebersamaan (self belonging together). 
2). Memiliki wilayah tertentu tetapi belum mempunyai pemerintahan sendiri
3). Ada kehendak bersama untuk membentuk atau berada di bawah pemerintahan yang dibuatnya sendiri
4). Keanggotan orangnya bersifat kebangsaan/nasionalitas. 
5). Tidak sanggup ditentukan secara niscaya waktu kelahirannya, misal suku bangsa Betawi tidak diketahui secara niscaya kapan mulai ada suku bangsa Betawi itu. 

Demikian artikel tentang  Pengertian Bangsa : Apa itu Bangsa ?... agar bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Bangsa : Bangsa Dalam Arti Sosiologis Antropologis, Politik Dan Ciri Ciri Bangsa"

Posting Komentar