Segala Hal Wacana Proto Melayu (Melayu Tua) Asal Permintaan Dan Ciri Ciri Proto Melayu

Proto Melayu Old Nation mempunyai proses dalam kedatangan atau migrasi dan asal mula kehidupan dalam pendistribusian nenek moyang bangsa Indonesia yang terkait dengan migrasi Bangsa Melayu Proto Lama. Orang-orang Melayu Proto Lama yaitu orang-orang Austranian dari Asia yang merupakan SM pertama. Negara-negara Melayu Kuno memasuki nusantara melalui dua jalur, yaitu garis barat dan timur. Garis barat melalui Semenanjung Melayu (Malaysia) - Sumatera; Jalur Timur melalui Filipina-Sulawesi Selatan. Mereka mempunyai peradaban yang lebih maju daripada Negrito. Budaya Melayu Kuno disebut budaya Batu Baru atau Neolithikum. Mereka membawa budaya Neolitik dari pusatnya di Bacson-Hoabinh. Meski dari batu, pembuatannya sudah merapikan. Hasil budaya yang populer dikala ini yaitu kapak persegi yang ditemukan di banyak bab Indonesia bab barat (Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali).

Bangsa proto melayu atau disebut dengan Bangsa Melayu Tua merupakan nenek moyang bangsa Indonesia yang pertama kali tiba ke Indonesia sekitar tahun 1500 SM. Mereka yaitu orang-orang Austronesia yang memasuki wilayah Nusantara melalui dua jalur, yaitu Jalur Barat melalui Malaysia–Sumatera dan Jalur Utara atau Timur melalui Philipina–Sulawesi.

Bangsa Proto Melayu ini dianggap sebagai bangsa yang mempunyai kebudayaan maju daripada bangsa – bangsa purba lainnya pada masa itu. Hal ini dibuktikan dengan inovasi – inovasi fosil benda- benda yang merupakan bukti kebudayaan mereka, yakni hampir semua peralatan mereka dibentuk dengan materi dasar watu yang teah dihaluskan.
 Proto Melayu Old Nation mempunyai proses dalam kedatangan atau migrasi dan asal mula kehid Segala Hal wacana Proto Melayu (Melayu Tua) Asal ajakan Dan Ciri Ciri  Proto Melayu

Hasil dari kebudayaan zaman neolithikum yang populer dari Bangsa Proto Melayu ini, yaitu kapak persegi. Kapak persegi ini aneka macam ditemukan di wilayah – wilayah Indonesia Barat, mencakup Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali, dan Sulawesi Utara. Hingga sekarang diketahui bahwa keturunan dari Bangsa Proto Melayu yaitu orang – orang suku Dayak dan Toraja.

Menurut penelitian Van Heekeren di Kalumpang (Sulawesi Utara) telah terjadi adonan sumbu dan sumbu persegi yang disampaikan oleh orang Austronesia yang berasal dari utara Indonesia atau melalui Filipina dan Sulawesi. Suku Indonesia milik keturunan Proto-Melayu yaitu Dayak (Kalimantan Tengah), Sasak (Pulau Lombok, Nias (Sumatera Barat), Kubu (Sumatera Selatan), Batak (Sumatera Utara), Toraja (Sulawesi Selatan) Orang-orang Melayu Proto yaitu kemudian didorong ke arah timur sehabis kedatangan orang Melayu Deutero.

Ciri – Ciri Bangsa Proto Melayu :

1. Mereka bersal dari Cina bab selatan (Yunan) dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1.500-500 SM.
2. Memiliki kebudayaan watu muda (Neolitikum)
3. Orang – orang bangsa Proto Melayu mempunyai rambut lurus, kulit kuning yang berwarna kecoklatan, dan bermata sipit.
4. Mendiami kawasan – kawasan Indonesia bab Timur, menyerupai Dayak, Toraja, Mentawai, Nias,dan Papua

Demikian artikel wacana Segala Hal wacana Proto Melayu (Melayu Tua) biar bermanfaat (Sumber : Sejarah, Hal : 44, Penulis : Rini Mardikanigsih-R.Sumaryanto, Penerbit : Global)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Segala Hal Wacana Proto Melayu (Melayu Tua) Asal Permintaan Dan Ciri Ciri Proto Melayu"

Posting Komentar