Perkembangbiakan Binatang Vertebrata

Perkembangbiakan Hewan Vertebrata. Hai sobat .. kali ini kita akan membahas pembiakan binatang vertebrata. Dalam pembibitan harus ada organ dalam pembibitan. Secara umum, semua binatang vertebrata dari jenis kelamin mereka dipanen sehingga menghasilkan sel sperma. Jumlah sel sperma yang dihasilkan sanggup mencapai ratusan juta untuk satu produksi. Sel sperma aktif. Di betina ada sepasang ovarium dan ovarium. Ovarium menghasilkan ova. Berbagai jenis pemuliaan binatang vertebrata sanggup dilihat di bawah ...

Perkembangbiakan Hewan Vertebrata

1. Perkembangbiakan Ikan
Ikan jantan mempunyai testis, sedangkan ikan betina mempunyai sepasang ovarium. Telur yang dihasilkan oleh ikan betina dikeluarkan melalui susukan telur dan dioleskan ke lubang kemaluan dengan lubang kencing (urogenital).

Ikan betina sanggup menghasilkan 4-6 juta sel telur. Ikan betina menghapus sel telur dan ikan jantan mengeluarkan sperma di air. Pemupukan eksternal terjadi. Zigot yang terbentuk berubah menjadi indiviud gres dalam air. Ikan anak "diserahkan" sepenuhnya di alam. Karena itu, dari 6 juta telur ikan laut, hanya kurang dari 1 juta yang sanggup bertahan ketika menetas dan hanya sedikit yang sanggup mencapai usia dewasa.

2. Perkembangbiakan Amfibi
Seperti ikan, kodok membawa pemupukan eksternal. Ribuan telur diproduksi oleh seekor katak betina. Telur dilepaskan ke air pada ketika menikah. Katak jantan mengeluarkan sperma ke dalam air. Telur yang telah dibuahi akan membentuk zigot. Selanjutnya zigot berubah menjadi kecebong dan kesannya menjadi kodok dewasa.

3. Perkembangbiakan Reptilia
Reptil menjalani pembuahan internal. Untuk itu, sperma dari binatang jantan dipaksukkan ke dalam liang reproduksi betina. Alat untuk memasukkan sperma disebut pe.nis, sedangkan kadal disebut hemipe.nis. Disebut hemipe.nis alasannya bentuknya tidak sempurna, itu hanya tas. Jumlah hemipe.nis sebanyak 2 buah. Setelah pembuahan, zigot dilengkapi dengan putih telur dan kulit jeruk nipis.

Beberapa reptil bertelur dan alasannya itu disebut ovipar (berarti telur). Ada juga telur yang tersisa di oviduk hingga menetas. Saat usia reptil anak, akan dikeluarkan dari badan induknya melalui kloaka. Dengan demikian binatang tersebut tampaknya melahirkan anak. Hewan ibarat itu disebut ovovivipar. Ada beberapa jenis kadal yang hidup di padang pasir, semuanya ada betina. Telur kadal ini sanggup menetas menjadi individu gres bahkan ketika pembuahan tidak terjadi. Ini disebut partenogenesis. Selain kadal, partenogenesis juga terjadi pada belalang dan decapoda.

4. Perkembangbiakan Burung
Pada burung tes.tis jantan ibarat biji kacang tanah, keputihan. Dari te.stis, s.perma yang dihasilkan dilewatkan ke susukan sperma. Selanjutnya, sperma dilepaskan melalui kloaka pada ketika menikah. Umumnya burung tidak mempunyai pe.nis sebagai alat kopulasi

Burung betina mempunyai ovarium (ovarium) dan oviduk (oviduk), tapi yang berkembang hanya ke kiri, sedangkan yang kanan terdepresiasi. Kelereng ibarat ovum, kuning alasannya mengandung banyak kuning telur. Setelah matang, sel telur menjadi oviduk. Sepanjang susukan telur, sel telur mendapat sebutir telur putih dari kelenjar khusus. Setelah itu telurnya dibungkus kulit dan kulit jeruk nipis sebagai kulit terluar. Telur "selesai" dikeluarkan melalui kloaka.


5. Perkembangbiakan Mamalia
Contoh binatang mamalia yang akan dibahas yakni kelinci. 

a. Alat Perkembangbiakan Kelinci Jantan
Alat pemuliaan kelinci jantan terdiri dari testis, vas deferens, dan p.enis. Testis atau testis yakni penghasil sperma. Kelinci mempunyai dua testikel yaitu testis kiri dan kanan. Testis dibungkus dengan skrotum, kulit sedikit menebal, yang sanggup melebar dan berkontraksi. Fungsi skrotum untuk menjaga suhu testis (stabil). Jika suhu cuek skrotum akan menyusut, biar testis sanggup mendapat suhu yang lebih hangat.

Dari testis, sperma dilewatkan ke vas deferens kemudian ke tas sperma, ke uretra dan keluar dari p.enis. Vas deferens yakni susukan sperma yang mengalirkan sperma ke dalam tas sperma. Tas sperma yakni daerah penyimpanan sperma. Uretra yakni susukan kencing dari p.enis. P.enis yakni alat kelamin pria yang mempunyai kegunaan untuk menyalurkan sperma ke alat kelamin wanita.

b. Alat Perkembangbiakan Kelinci Betina
Alat pemuliaan kelinci betina terdiri dari ovarium, susukan telur, rahim, v.agina, dan vulva. Ovarium atau ovarium yakni alat reproduksi yang menghasilkan sel telur. Jumlah kelinci kelinci, kiri dan kanan. Ukurannya kecil sehingga sulit diamati dengan mata biasa. Sel telur yang dilepas sekitar 0,1 mm. Dari ovarium, ovum mengarah ke susukan telur. Biasanya, pertemuan antara sperma dan sel telur terjadi di tuba falopi. Peleburan antara sperma dan inti telur disebut pemupukan. Konsepsi menghasilkan zigot. Singkatnya sanggup dilihat pada denah berikut

Sperma + Ovum > Zigot (di oviduk) > embrio (di uterus) > individu

c. Perkembangan Embrio
Kejadian pelepasan telur dari ovarium disebut ovulasi. Mulai dari pelepasan telur berikutnya disebut siklus ovulasi. Waktu yang diharapkan untuk satu siklus ovulasi tidak sama, tergantung pada jenis hewannya. Misalnya siklus ovulasi kelinci berlangsung selama 4 hari, sedangkan siklus ovulasi insan berlangsung selama 28 hari. Jika pembuahan terjadi dan tumbuh menjadi embrio, biasanya tidak terjadi ovulasi lagi. Hal ini diatur oleh hormon estrogen. Embrio renta hidup dengan kandungan ibunya secara berbeda pada setiap hewan.
 kali ini kita akan membahas pembiakan binatang vertebrata Perkembangbiakan Hewan Vertebrata

Demikian artikel tentang Perkembangbiakan Hewan Vertebrata semogan bermanfaat. terima kasih.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perkembangbiakan Binatang Vertebrata"

Posting Komentar