Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin Jantan (Spermatogenesis) Dan Sel Kelamin Betina (Oogenesis)

Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin Jantan (Spermatogenesis) Dan Sel Kelamin Betina (Oogenesis)-Pembentukan sel kelamin terbagi menjadi dua deretan sel Jantan dan sel kelamin Betina. Sel kelamin jantan  disebut sebagai spermatogenesis sedangkan sel kelamin betina disebut sebagai oogenesis. Teman masih ingat perihal diskusi sebelumnya perihal sel kelamin (gametogenesis) tumbuhan. Pada binatang dan manusia, pembentukan sel kelamin terbagi menjadi dua menyerupai sel kelamin jantan di atas dan sel kelamin betina. Kali ini kita membahas perihal prosedur proses pembentukan sel Kelamin Jantan dan sel kelamin betina yang sanggup dilihat menyerupai di bawah ini.

Pembentukan Sel Kelamin

1. Pembentukan Sel Kelamin Jantan (Spermatogenesis)
Proses spermatogenesis terjadi pada alat kelamin di genital laki-laki yang disebut testis. Proses spermatogenesis dimulai dengan pembentukan spermatogonium (sel induk sperma). Spermatogonium Diploid (kromosom 2n) mengalami pembelahan mitosis yang menghasilkan spermatosit primer diploid. Spermatosis primer menyebarkan miosis 1 yang menghasilkan dua sel spermatotik sekunder haploid (n kromosom). Setiap sel spermatosis sekunder mengalami miosis II yang akan menghasilkan empat sel spermatid besar dan haploid. Dalam pertumbuhannya, spermatid mengalami pematangan untuk membentuk sel sperma yang berfluktuasi dan sanggup bergerak secara aktif.

2. Pembentukan Sel Kelamin Betina (Oogenesis)
Proses oogenesis terjadi di dalam ovarium dan didahului oleh pembelahan mitogen oogonium (sel telur). Oogonium diploid (kromosom 2n). Hasil pembelahan mitogen oogonium ialah oosit primer dan masih diploid. Oosit primer lalu mengalami pembagian meiosis I, dan menghasilkan 2 sel yang tidak besar, yaitu satu sel besar yang disebut tubuh kutup I (badan polar pertama). Pada proses meosis II, oosit sekunder terbagi menjadi dua sel yang tidak besar. Sel besar yang sama disebut ootid, sedangkan sel kecil disebut tubuh kutup kedua (body dari teladan kedua), sedangkan epilog aku juga akan menjalani meiosis II, membentuk dua sel kecil epilog tubuh II.

Kaprikornus pada simpulan meiosis II terbentuk 4 sel, yaitu buah dari sel besar yang disebut ootid dan tiga sel kecil yang disebut tubuh kutup (badan polar). Pada pertumbuhan selanjutnya, ootid akan mengalami perubahan lebih lanjut menjadi sel telur matang, sedangkan tiga sel epilog tubuh kecil akan diserap kembali.
 Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin Jantan  Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin Jantan (Spermatogenesis) Dan Sel Kelamin Betina (Oogenesis)


Demikianlah pembahasan Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin dan lihat juga aneka macam macam artikel bermanfaat disini. Semoga artikel Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin sanggup bermanfaat untuk kita semua 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mekanisme Pembentukan Sel Kelamin Jantan (Spermatogenesis) Dan Sel Kelamin Betina (Oogenesis)"

Posting Komentar