Macam Macam Tulang Insan Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya

Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya- Kerangka insan terdiri dari beberapa jenis atau jenis tulang. Masing-masing sanggup dikelompokkan baik dengan bentuk, jaringan kompiler, maupun menurut lokasi. Sebelum membahas ihwal aneka macam tulang manusia, tahukah anda pengertian kerangka kerja itu? .. Memahami kerangka kerja sebelumnya yang telah kita jelaskan dengan terang dan lengkap. Tulang jenis ini yakni tulang yang ada di tubuh kita, jadi tubuh kita terdiri dari beberapa jenis atau jenis tulang yang saling terhubung dalam membentuk bingkai menjadi sistem rangka. Untuk melihat aneka macam tulang insan atau jenis tulang manusia, sanggup dilihat di bawah ..

Macam-Macam Tulang Manusia

1. Berdasarkan Bentuk
Berdasarkan bentuknya, ada tiga macam kelompok tulang, yaitu tulang pendek, tulang pipih, dan tulang pipa. 
a. Tulang Pendek 
Tulang pendek berbentuk lingkaran pendek dan berisi sumsum merah Contohnya ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, dan ruas-ruas tulang jari. 
b. Tulang Pipih
Tulang pipih berbentuk pipih. Bagian dalamnya berongga-rongga menyerupai spons dan berisi sumsum merah. Sumsum merah berfungsi membentuk sel-sel darah dan sel-sel darah putih. Contohnya tulang rusuk, tulang dada, tulang belikat, dan tulang pelipis. 
c. Tulang Pipa
Tulang pipa berbentuk panjang dan lingkaran menyerupai pipa. Contohnya tulang lengan atas, tulang paha, dan tulang hasta. 
 Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya



2. Berdasarkan Jaringan Penyusun
Berdasarkan jaringan penyusunnya, tulang sanggup dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras. 
a. Tulang Rawan
Tulang rawan bersifat liat dan elastis sebab zat-zat antarsel tulang banyak mengandung zat perekat dan mengandung zat kapur. Zat perekat tulang yakni homogen protein yang disebut kolagen. Zat ini sangat berperan dalam proses penyambungan tulang apabila terjadi tulang retak atau patah. Contohnya telinga, hidung, dan di ujung-ujung tulang  keras, kawasan sambungan antaratulang
b. Tulang Keras
Tulang keras bersifat kaku dan keras sebab sebagian besar tersusun dari zat kapur dan fosfor. Makin renta umur seseorang makin tinggi kadar zat kapur dalam tulangnnya. Itulah penyebab tulang menjadi makin keras, tidak lentur, dan gampang patah. 
 Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya



3. Berdasarkan Letaknya
Bingkai tubuh insan terdiri dari kantong tulang yang saling berhubungan. Berdasarkan lokasinya, kerangka rangka tubuh insan sanggup dikelompokkan menjadi tengkorak, tulang, dan tulang.
a. Tulang Tengkorak
Tulang tengkorak tengkorak terdiri dari sambungan kontinu. Dalam kekerabatan antara tulang tengkorak bayi yang gres lahir ada celah lebar yang disebut fontanela. Tengkorak tulang berfungsi sebagai pelindung organ yang lembut dan penting, contohnya untuk melindungi mata dan otak. Selain itu, tulang tengkorak juga memilih bentuk wajah.
 Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya



b. Tulang Badan
Tulang kerangka dalam memilih bentuk tubuh dan berfungsi untuk melindungi peralatan tubuh yang penting, menyerupai jantung dan paru-paru. Bingkai tubuh terdiri dari tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, gelang dan gelang pelvis.
 Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya



c. Tulang Anggota Gerak
Anggota gerak kami terdiri dari dua lengan dua anggota badan. Lengan ini disebut tungkai atas dan kaki (kaki) disebut tungkai bawah, tulang lengan atas (humerus) sesuai dengan gelang pundak pada ujung atasnya dan sesuai dengan lengan bawah di ujung yang lain. Turunan tulang rawan rendah terdiri dari lapisan tulang (radius) dan kasta tulang (ulna). Kedua tulang (radius dan ulna) berafiliasi dengan tulang pergelangan tangan. Kaki kepingan atas (kaki) femur (femur) berafiliasi dengan gelang pelvis. Ujung bawah tulang paha dikaitkan dengan anggota tubuh kepingan bawah yang terdiri dari tulang kering (tibia) dan tulang kaki (fibula). Antara tulang dan tulang paha ada tulang tempurung lutut (patella).
 Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya


Demikian artikel tentang Macam Macam Tulang Manusia Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya supaya bermanfaat. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Macam Tulang Insan Beserta Letak, Fungsi Dan Gambarnya"

Posting Komentar