Tokoh Sejarah Pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha

Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha- Dalam periode Hindu-Budha ada banyak sekali tokoh besar yang muncul dan kiprahnya dalam perjalanan sejarah Indonesia sangat besar. Pengaruh yang disebabkan oleh tokoh sejarah sangat besar baik efek politik, efek di bidang ekonomi, efek di bidang sosial, dan masih banyak lagi. Peninggalan tokoh-tokoh ini kini menjadi sejarah Indonesia yang merupakan membuktikan bahwa kerajaan Hindu-Budha, ada dan dongeng menarik dalam perjuangan. Untuk melihat tokoh sejarah dalam periode Hindu-Budha, antara lain sebagai berikut ..

Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Buddha

a. Raja Mulawarman
Raja Mulawarman yaitu raja kerajaan Kutai yang terletak di Kalimantan Timur. Dari peninggalan prasasti yang ditemukan, Raja Mulawarman populer sebagai raja yang adil dan bijaksana. Selama masa pemerintahannya, orang-orang Kerajaan Kutai hidup sejahtera dan sejahtera. Raja Mulawarman yaitu penganut agama Hindu yang taat.

b. Raja Purnawarman
Raja Purnawarman yaitu raja Kerajaan Tarumanegara yang terletak di Jawa Barat. Berdasarkan prasasti yang ditemukan, Raja Purnawarman yaitu raja yang berani, agung, dan jujur ​​atas tugasnya.

c. Ratu Shima
Ratu Shima yaitu ratu yang memerintah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah. Ratu Shima memerintah kerajaan dengan tegas, adil, dan menegakkan kejujuran. Umatnya taat, tidak ada yang melaksanakan kejahatan. Bagi yang melanggar aturan atau menerima hukuman sangat berat.

d. Raja Airlangga
Airlangga yaitu putra Raja Udayana dari Kerajaan Bali. Dia lalu menjadi menantu Raja Dharmawangsa dari Kerajaan Medang Kemulan. Pada 1019, Airlangga dinobatkan sebagai raja oleh para imam dan brahmana. Airlangga berhasil menyatukan kerajaan yang terbagi dan membangun kerajaannya. Airlangga bahwasanya yaitu gelar yang diterima lantaran ia berhasil mengendalikan air Sungai Brantas sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Di bidang pemerintahan, Airlangga menunjuk orang-orang yang berjasa kepadanya. Di bidang ekonomi, ia memerintahkan masyarakatnya untuk membuat waduk di kawasan Sungai Brantas. Di bidang sosial, ia membangun tempat suci, asketisme, dan asrama para imam. Airlangga melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan rakyatnya. Saat tua, Airlangga mengundurkan diri dari pemerintah. Dia pergi ke gunung untuk menjadi pertapa. Sebagai pertapa, Airlangga memegang Jatiningrat.

e. Mahapatih Gajah Mada
Awalnya, Gajah Mada yaitu seorang perwira yang memimpin pasukan Bhayangkari di Kerajaan Majapahit. Pada zaman Raja Jayanegara, muncul beberapa kali pemberontakan melawan raja. Pemberontakan yang paling berbahaya yaitu Pemberontakan Kuti. Gajah Mada dan pasukannya berhasil menghancurkan pemberontakan tersebut. Gajah Mada juga berhasil menghancurkan Pemberontakan Sadeng yang terjadi pada masa pemerintahan Tribhuanatunggadewi. Sebagai ratifikasi atas jasanya, Gaja Mada ditunjuk menjadi mahapatih kerajaan.

Budha ada banyak sekali tokoh besar yang muncul dan kiprahnya dalam perjalanan sejarah Indonesia Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha

Gajah Mada mengucapkan sumpah yang terkenal, Sumpah Palapa. Gajah Mada berjanji untuk tidak makan buah palapa (kenikmatan dunia) sebelum seluruh nusantara bersatu di bawah naungan Majapahit. Untuk mewujudkan cita-citanya, Gajah Mada membangun armada maritim yang kuat. Pada masa pemerintahan Raja Hyam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapi punjak kemuliaan dan menjadi Negara Nasional kedua di Indonesia.

f. Raja Hayam Wuruk
Hayam Wuruk yaitu Raja Majapahit yang terkenal. Disertai patih berjulukan Gajah Mada, Majaphit mencapai masa jayanya. Wilayah Kerajaan Majapahit mencakup seluruh nusantara, ditambah Tumasik dan Semenanjung Melayu. Hayam Wuruk mengatur tatanan dan keharmonisan agama dengan mengangkat pejabat yang menangani persoalan agama untuk masing-masing agama. Hayam Wuruk juga memberi peringatan bahwa semua peraturan dipatuhi oleh rakyat.

g. Raja Balaputradewa
Balapautradewa yaitu raja kerajaan Sriwijaya yang memerintah pada kurun ke-9. Pada masa pemerintahannya, kerajaan Sriwijaya berkembang sangat pesat. Sriwijaya menjadi kerajaan maritim dan menjadi sentra perdagangan di Asia Tenggara. Raja Balaputradewa mendirikan Biara Nalanda untuk para bhikkhu Sriwijaya. Banyak cowok tiba ke Sriwijaya memperdalam Buddhisme. Karena itu, Sriwijaya juga populer sebagai sentra pendidikan dan penyebaran agama Budha.

h. Raja Kertanegara
Raja Kertanegara yaitu Raja Singasari yang sangat terkenal. Di bidang politik, ia dikenal sebagai raja yang mempunyai aspirasi untuk memperluas kekuasaannya di luar pulau jawa untuk menutupi seluruh nusantara. Kertanegara memberantas pemberontak yang mengganggu kerajaan mereka untuk membuat kedamaian dan ketenangan.

Demikian artikel tentang artikel perihal Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Buddha biar bermanfaat biar bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Sejarah Pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha"

Posting Komentar