Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Penyebab Terjadinya Dan Contohnya

Jenis-Jenis Pengangguran Menurut Penyebab Terjadinya Dan Contohnya- Pengangguran juga terbagi menjadi beberapa jenis. Hanya dengan mengetahui bahwa pengangguran mempunyai jenis yang kita tahu pengangguran tidak ada yang berbeda tetap sama menganggur, pastinya para pembaca terkejut melihat pembahasan ihwal jenis pengangguran ini, apa lagi kita, tapi ini bukan hanya dagelan biasa saja, tapi ini Benar-benar ada, Biarkan pembaca membuka buku ekonomi harus segera kaget melihat pembahasan soal pengangguran, nampaknya pengangguran juga terdiri dari beberapa jenis atau jenis pengangguran. Untuk menandakan bahwa ada tipe pengangguran mari kita lihat menyerupai di bawah ..

Jenis pengangguran dibagi menjadi dua, yaitu jenis pengangguran menurut ekonomi, dan jenis pengangguran menurut mengapa. Kedua penggalan dapat dilihat di bawah ..

1. Jenis Pengangguran Berdasarkan Ekonomi
Jenis pengangguran menurut ekonomi dibagi menjadi tiga jenis, antara lain sebagai berikut.

Jenis Pengangguran Menurut Penyebab Terjadinya Dan Contohnya Jenis-Jenis Pengangguran Menurut Penyebab Terjadinya Dan Contohnya

a. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment)
Orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini yaitu para pekerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan sebab mereka belum mendapat pekerjaan meski berusaha mencari pekerjaan atau ada beberapa orang yang malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.

b. Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment)
Pengangguran jenis ini yaitu pekerja yang bekerja namun pada tingkat produktivitas yang tidak optimal. Hal ini sebab dalam satu jenis pekerjaan yang diisi oleh jumlah tenaga kerja lebih dari seharusnya. Misalnya di ekspresi dominan tanam, satu petak sawah bila dilakukan cukup optimal dilakukan oleh empat buruh saja tapi dilakukan oleh dua belas pekerja.

c. Setengah Menganggur (Under Unemployment)
Jenis pengangguran ini yaitu orang yang bekerja kurang dari 35 jam seminggu.

2. Jenis Pengangguran Berdasarkan Sebabnya
Jenis pengangguran menurut alasan terbagi menjadi beberapa jenis, antaralain sebagai berikut ..

a. Pengangguran Friksional (Transisional)
Pengangguran ini muncul dari pergerakan orang-orang dari satu daerah ke daerah lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dan sebab aneka macam tahap siklus hidup. Contoh:

  • Migrasi tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri menganggur sementara.
  • Keluar dari pekerjaan usang untuk mencari pekerjaan gres yang lebih baik.


b. Pengangguran Struktural
Pengangguran ini terjadi sebab adanya perubahan struktur ekonomi yang mengakibatkan kelemahan di bidang keahlian lainnya. Contoh:

  • Kawasan agraris (pertanian) menjadi daerah industri, maka tenaga kerja di bidang pertanian akan menganggur


c. Pengangguran Siklikal atau Siklus atau Konjungtural
Pengangguran ini terjadi sebab adanya gelombang konjungtur, yang merupakan resesi atau kemunduran dalam acara ekonomi. Contoh:

  • Sebuah perusahaan dikala sedang membutuhkan tenaga kerja gres untuk perluasan bisnis, sebaliknya bila bisnis tersebut kehilangan kontinuitas maka akan terjadi job levation (PHK) atau pemberhentian.


d. Pengangguran Musiman (Seasonal)
Pengangguran musiman terjadi sebab perubahan musiman di suatu negara. Contoh:

  • Pada ekspresi dominan panen, para petani bekerja keras, sementara banyak pekerja menganggur sebelumnya.

Deemikian artikel tentang Jenis-Jenis Pengangguran Menurut Penyebab Terjadinya Dan Contohnya agar bermanfaat. terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Penyebab Terjadinya Dan Contohnya"

Posting Komentar