Pengertian Sejarah, Aspek Sejarah, Sumber Dan Ruang Lingkup Sejarah

Pengertian Sejarah, Aspek Sejarah, Sumber Dan Ruang Lingkup Sejarah - Hai .. kali ini Membahas pada pemahaman sejarah baik pada umumnya maupun berdasarkan hebat beserta sumber sejarah dan ruang lingkup sejarah. Segera, Secara Umum Definisi Sejarah yaitu sebuah insiden yang terjadi di masa kemudian yang disusun berdasarkan peninggalan aneka macam peristiwa. Peninggalan ini yaitu sumber sejarah. Sejarah juga bisa diartikan sebagai cabang sains yang secara sistematis mengajikan keseluruhan proses pengembangan perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupan yang terjadi di masa lalu.

Pengertian Sejarah Menurut Istilah 

  • Dalam bahasa Inggris, kata Sejarah berasal dari kata Historia yang berarti masa lampau; masa lampau umat Manusia. 
  • Dalam bahasa Arab sejarah disebut dengan sajaratun (syajaroh) yang berarti pohon dan keturunan, maksudnya disaat kita membaca silsilah raja-raja akan tampak pohon dari yang terkecil hingga bermetamorfosis besar, maka hal tersebut sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan raja-raja yang berarti insiden pemerintahan keluarga raja di masa lampau. 
  • Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut dengan istoria yang berarti belajar. Sehingga arti sejarah yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa, insiden yang terjadi di masa lampau dalam kehidupan umat manusia. 
  • Dalam bahasa Jerman, kata sejarha disebut dengan geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang telah terjadi di masa lampau kehidupan umat Manusia. 


Pengertian Sejarah Menurut Bahasa
Pemahaman sejarah berdasarkan bahasa terbagi menjadi dua yaitu definisi sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, gagasan perihal sejarah yaitu insiden atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas yaitu insiden insan yang berakar pada realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan kekuatan spiritual. Dalam bahasa Indonesia, sejarah mempunyai tiga arti: sejarah yaitu silsilah atau asal, sejarah yaitu sebuah insiden atau insiden yang bahwasanya terjadi di masa kemudian dan sejarah yaitu sains dan cerita.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli 
  • R.Mohammad Ali: Pengertian sejarah berdasarkan R.Mohammad Ali yaitu keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadia atau ilmu yang menyidik perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau. 
  • Ibnu Khaldun: Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah sebagai catatan perihal masyarakat umat insan atau peradaban dunia, perihal perubahan-perubahan yang terjadi pada tabiat masyarakat itu. 
  • Moh. Yamin, SH: Sejarah berdasarkan Moh. Yamin, SH yaitu suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa insiden yang sanggup dibuktikan dengan materi kenyataan
  • Roeslan Abdulgani: Pengertian sejarah berdasarkan Roeslan Abdulgani yaitu ilmu yang meneliti dan menyidik secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan masuks untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi evaluasi dan penentuan keadaan masa kini serta arah progres di masa depan. 
  • W.H.Walsh: Pengertian sejarah berdasarkan W.H.Walsh yaitu pencatatan yang berarti dan penting bagi manusia. Catatan tersebut mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan dongeng yang berarti. 
  • Patrick Gardiner: Pengertian sejarah berdasarkan Patrick Gardiner yaitu ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia. 
  • J.V.Bryce: Menurut J.V. Bryce bahwa pengertian sejarah yaitu catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia. 
  • Thomas Carlyle: Pengertian sejarah berdasarkan Thomas Carlyle yaitu peristia masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka, yaitu penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-rang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.  

Aspek-Aspek Sejarah
Ada tiga aspek dalam sejarah: masa lalu, sekarang, dan masa depan yaitu sebagai berikut:

  • Masa lalu, awal kembalinya di masa depan sehingga dalam sejarah ada pelajaran perihal nilai dan moral.
  • Hari ini, sejarah inilah yang menjadi sumber pemahaman generasi penerus dari masa kemudian sebagai cermin bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Masa kemudian yaitu deskripsi perihal kehidupan dan budaya insan di masa kemudian sehingga bisa merumuskan relasi lantaran jawaban mengapa suatu insiden sanggup terjadi dalam kehidupan itu, meski belum tentu setiap insiden atau insiden tercatat dalam sejarah.

Sumber sejarah
Memahami Sumber Sejarah - Sumber sejarah yaitu semua yang merupakan inti sejarah. Menurut Moh. Ali bahwa apa yang dikatakan oleh sumber sejarah yaitu sesuatu yang nyata dan tidak berwujud dan mempunyai kegunaan untuk penelitian sejarah semenjak zaman kuno hingga sekarang. Sedangkan pendapat Muh. Yamin bahwa sumber sejarah yaitu kumpulan objek budaya untuk menandakan sejarah.

Jenis Sumber Sejarah - Sumber sejarah dikelompokkan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut ...
1, Sumber Oral, adalah sumber sejarah yang diturunkan eksklusif dari laporan bintang film sejarah atau laporan saksi mata masa lalu. Seperti anggota Legislator Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang pernah ikut dalam serangna secara umum menceritakan insiden yang dialami orang lain, apa yang telah beliau alami dan apa yang beliau lakukan yaitu narasi mulut (sumber lisan) yang dipakai untuk penelitian sejarah.
2. Sumber Tertulis, yaitu sumber sejarah yang berasal dari peninggalan tertulis, catatan insiden yang terjadi di masa lalu, menyerupai manuskrip, surat kabar, dokumen, tambo (catatan tahunan cina), kronik, dan rekaman
3. Sumber benda (artefak), merupakan sumber sejarah yang diperoleh dengan relik berupa benda budaya. Seperti sumbu, perhiasan, candi, tembikar, manik-manik dan pahatan. Namun sumber sejarah belum bisa dipastikan kebenarannya. Oleh lantaran itu sumber sejarah membutuhkan penelitian, penilaian, analisis, dan interpretasi yang cermat oleh para ahli.

Berdasarkan urutan yang memberikan sumber sejarah menyerupai berikut ...
  • Sumber Primer, yaitu peninggalan orisinil sejarah. Misalnya piagam, prasasti, bait suci, kronik, yang berasal pada zamannya.
  • Sumber sekunder yaitu objek buatan benda orisinil atau sumber perpustakaan hasil sejarawan, laporan penelitian, dan terjemahan buku kuno
  • Sumber Daya Tersier, yaitu buku sejarah yang disusun berdasarkan laporan penelitian hebat tanpa penelitian langsung

Ruang Lingkup Sejarah 
Ruang lingkup sejarah merupakan pemahaman yang menjadi sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup sejarah mencakup konsep sejarah, unsur sejarah, dan relasi sejarah dengan ilmu. Berikut klarifikasi ruang lingkup sejarah...

a. Konsep Sejarah - Konsep yaitu suatu wujud kemampuan nalar dalam membentuk citra gres yang sifatnya abnormal (tidak nyata) berdasarkan data atau suatu kajian.
  • Sejarah sebagai peristiwa, yaitu kejadian, kenyataan (realita), aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah mengandung insiden yang terladi atau berlangsung di masa lalu. 
  • Sejarah sebagai kisah, yaitu suatu rangkaian dongeng yang berupa narasi yang disusun berdasarkan ingatan, tafsiran, insan atau kesan. 
  • Sejarah sebagai ilmu, mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian mengenai insiden dongeng sejarah. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan terdapat beberapa syarat ilmiah contohnya empiris, objektif, teori, dan kesimpulan umum (menggeneralisasikan). 
  • Sejarah sebagai seni, dikatakan sebagai seni lantaran sejarah memerlukan inutisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah. 

b. Unsur Sejarah - Sejarah terdiri dari 3 unsur antara lain sebagai berikut.
Ruang, yaitu daerah terjadinya suatu insiden yang menjadi bukti insiden sejarah menjadi real. 
Waktu, yaitu unsur sejarah yang memegang peranan penting sebagai sifat krologis dalam kajiansejarah sehingga dikenal dengan konsep periodisasi. 
Manusia, yaitu unsur sejarah yang menjadi sentral atau pemegang tugas lantaran insiden sejarha sanggup berlansung secara kompleks tergantung dari nalar insan dengan lingkungan yang ada.
c. Hubungan Sejarah dengan Ilmu 
1). Persamaan Sejarah dengan Ilmu - Persamaan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yaitu berdasarkan dari pengalaman, pengamatan dan penyerapan. Sama-sama mempunyai dasar teori dan metode.
2). Perbedaan sejarah dengan ilmu - Perbedaan sejarah sebagai ilmu pengetahuan yaitu sanggup dipahami jikalau sejarah terikat oleh...
  • Sejarah terikat oleh waktu, lantaran waktu memegang peranan penting yang harus terdapat dalam sejarah. tetapi ilmu pengetahuan tidak terikat oleh waktu lantaran bukan hal yang penting dari ilmu pengetahuan 
  • Sejarah terikat oleh tempat, lantaran mempunyai sifat yang unik dan einmalig atau terjadi hanya sekali. Sifat unik terikat oleh daerah atau spasial.
  • Sejarah terikat oleh kekhususan, lantaran daerah dan waktu mmbuat sejarah menjadi uni dan khusus. 
 kali ini Membahas pada pemahaman sejarah baik pada umumnya maupun berdasarkan hebat beserta su Pengertian Sejarah, Aspek Sejarah, Sumber Dan Ruang Lingkup Sejarah

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sejarah, Sumber & Ruang Lingkup Sejarah. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sejarah secara umum, pengertian sejarah berdasarkan bahasa, pengertian sejarah berdasarkan istilah, pengertian sejarah berdasarkan para ahli, aspek-aspek sejarah, ruang lingkup sejarah. Sekian dan terima kasih. 

Referensi: Pengertian Sejarah, Sumber & Ruang Lingkup Sejarah
Marwan Supriyadi, Sejarah 1 untuk Sekolah Menengan Atas / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sejarah, Aspek Sejarah, Sumber Dan Ruang Lingkup Sejarah"

Posting Komentar