Pengertian Persaingan (Competition) Macam - Macam, Fungsi Dan Contohnya

Pengertian Persaingan (Competition) Macam - Macam, Fungsi Dan Contohnya - Secara umum, Pengertian persaingan (competition) ialah suatu proses sosial saat ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu. Persaingan terjadi apabila terdapat beberapa pihak menginginkan sesuatu yang jumlahnya terbatas atau mejadi sentra perhatian umum. Seperti, ribuan dewasa berlomba masuk dalam jajaran dua belas penyanyi idola besar. Persaingan mengacu pada norma dan nilai yang diakui dan diterapkan pada masyarakat. Kecil dari kemungkinan persaingan memakai kekerasan atau ancaman. Sehingga bisa dikatakan bahwa kompetisi dilakukan dengan cara yang sehat atau sportif.

Persaingan disertai kekerasan, bahaya dan juga dari cita-cita untuk menyakiti pihak lain disebut persaingan tidak sehat. Dalam perkara ini, tindakan tersebut tidak lagi disebut persaingan, melainkan permusuhan atau perselisihan. Apapun hasil sebuah kompetisi harus diterima dengan kepala yang dingin, tanpa ada dendam. Sejak awal, setiap partai yang bersaing menyadari akan ada pemenang dan pecundang.
 ialah suatu proses sosial saat ada dua pihak atau lebih saling berlomba dan berbuat se Pengertian Persaingan (Competition) Macam - Macam, Fungsi Dan Contohnya

Contoh-Contoh Persaingan (Competition) 
Berikut beberapa pola persaingan (competition)....

  • Bidang ekonomi, persaingan antara produsen barang homogen dalam merebut pasar yang terbatas
  • Dalam hal ini kedudukan persaingan untuk menduduki jabatan strategis
  • Dalam kebudayaan persaingan dalam penyebaran ideologi, pendidikan, dan unsur kebudayaan lainnya. 
  • Menyalurkan cita-cita individu atau kelompok yang sama-sama menuntut dipenuhi, padahal sulit untuk dipenuhi semuanya secara serentak. Contohnya, membangun jalan desa atau dengan memperbaiki pos keamanan di lingkungan permukiman. 
  • Menyalurkan kepentingan serta nilai dalam masyarakat, khususnya pada kepentingan dan nilai yang menimbulkan konflik. Contohnya di Provinsi Aceh warganya dilarang berpakaian minim atau pendek, mereka juga harus berpakaian islami. 
  • Menyeleksi individu yang juga pantas memperoleh kedudukan serta tugas yang sesuai dengan kemampuannya

Demikianlah gosip mengenai Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian persaingan (competition), dan pola persaingan (competition). Sekian dan terima kasih. 


Referensi : 
Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga. Hal : 70-71

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Persaingan (Competition) Macam - Macam, Fungsi Dan Contohnya"

Posting Komentar