Pengertian Darah, Macam-Macam Fungsi Darah Insan Dan Komponen-Komponen Darah

Pengertian Darah, Macam-Macam Fungsi Darah Manusia Dan Komponen-Komponen Darah - Darah ialah cairan di semua makhluk hidup (kecuali tanaman) yang berfungsi untuk mentransmisikan zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut banyak sekali materi kimia dari produk metabolik, dan sebagai pertahanan badan virus atau bakteri. Dalam ilmu kedokteran, darah berawal dari kata hemo atau hemato yang berasal dari kata Yunani haima yang berarti darah.

Darah Manusia ialah cairan dalam badan yang mempunyai fungsi untuk mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh sel ke seluruh tubuh. Darah insan merah dari merah jelas kalau ada banyak oksigen hingga merah renta kalau kekurangan oksigen. Warna merah dalam darah disebabkan oleh hemoglobin, serta protein pernafasan yang mengandung zat besi dalam bentuk heme, dan merupakan kawasan berikatan molekul oksigen.

Manusia mempunyai sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir di pembuluh darah dan beredar oleh jantung. Kemudian jatung mengkompres darah ke paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme dalam bentuk karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui arteri pulmonalis, kemudian dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirim ke seluruh badan melalui pembuluh darah aorta. Darah membawa oksigen ke seluruh badan melalui jalan masuk darah halus yang disebut pembuluh kapiler. Darah kembali ke jantung oleh vena vena kava superior dan inferior vena cava.

Macam-Macam Fungsi Darah Manusia

  • Mengangkut oksigen yang diharapkan sel-sel ke seluruh tubuh
  • Sebagai penyuplai jaringan badan dnegan nutrisi 
  • Mengangkut zat-zat sisa metabolisme
  • Terkandung materi penyusun sistem imun dengan tujuan mempertahankan badan dari banyak sekali penyakit
  • Sebagai pengedar hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) oleh plasma darah 
  • Penutup luka melalui keping-keping darah
  • Menyebarkan panas ke seluruh tubuh
  • Dapat memelihara keseimbangan asam bada dalam tubuh


Komponen-Komponen Darah
Apabila ketika sedang melihat darah dengan mata telanjang (tanpa memakai alat menyerupai mikroskop dan lain sebagainya) tentu yang terlihat hanyalah sebuah cairan yang berwarna merah. Namun, sebetulnya darah tersebut terbentuk dari komponen darah yang mempunyai fungsi darah yang sangat penting dan saling berkaitan. Berikut komponen darah : 

Korpuskuler
Korpuskuler ialah unsur padat yang ada pada darah dan teridiri dari sel darah merah (Eritrosit), sel darah putih (Leukosit), dan keping darah (Trombosit).

Sel Darah Merah (Eritrosit)
Sel darah merah atau sanggup disebut juga dengan Eritrosit merupakan serpihan utama dari sel darah. Sel darah merah mempunyai bentuk bikonkaf atau pipih dengan kedua sisi yang cekung terdapat di serpihan tengah. Warna merah yang ada pada eritrosit dikarenakan terdapat kandungan hemoglobin di dalamnya. Fungsi darah eritrosit atau sel darah merah berkhasiat untuk mengikat oksigen.

Sel Darah Putih (Leukosit)
Sel darah putih atau Leukosit mempunyai inti, akan tetapi tidak mempunyai bentuk tetap. Fungsi leukosit atau sel darah putih ialah sebagai pemakan bibit-bibit penyakit dan benda absurd yang lainnya yang akan masuk ke dalam tubuh. Leukosit atau sel darah putih jumlahnya akan meningkat tergantung dengan banyak sedikitnya bibit penyakit ataupun benda absurd yang masuk ke tubuh. Sel darah putih terdiri dari beberapa jenis, antara lain : limfosit, monosit, granulosit, dan agranulosit.

Keping Darah (Trombosit)
Keping darah atau Trombosit mempunyai bentuk yang lingkaran kecil. Keping darah ialah salah satu dari komponen darah yang mempunyai peranan penting di dalam proses pembekuan darah. Pada dikala terjadi luka, maka keping darah atau trombosit tersebut akan menutupi pembuluh darah yang rusak dengan cara membentuk sebuah jaring-jaring berupa benang fibrin. Selain fungsi trombosit untuk menutup luka, trombosit juga berfungsi untuk melawan abses yang disebabkan lantaran virus dan kuman dengan cara menghancurkan dan memakan virus atau kuman tersebut.

Plasma Darah
Plasma darah merupakan komponen darah yang terdiri dari protein darah dan air (Albumin, Globulin, dan Fibrinogen). Cairan yang ada pada plasma darah yang tidak mempunyai kandungan fibrinogen disebut serum darah. Protein dalam serum darah tersebut mempunyai fungsi sebagai antibodi terhadap gangguan dari benda asing. Fungsi plasma darah ialah untuk mengangkut banyak sekali sari masakan atau nutrisi menuju ke sel-sel serta jaringan badan dan membawa sisa metabolisme ke kawasan pembuangan. Peran plasma darah juga sanggup menghasilkan zat antibodi guna menjaga sistem kekebalan tubuh.


Darah ialah cairan di semua makhluk hidup  Pengertian Darah, Macam-Macam Fungsi Darah Manusia Dan Komponen-Komponen Darah

Demikianlah gosip mengenai Pengertian Darah dan Fungsi Darah Manusia. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian darah dan fungsi darah manusia. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Darah, Macam-Macam Fungsi Darah Insan Dan Komponen-Komponen Darah"

Posting Komentar