Pengertian Biosfer: Apa Itu Biosfer Dan Rujukan Penjelasannya

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer Dan Contoh Penjelasannya- Secara umum, Definisi Biosfer yaitu lapisan lingkungan organisme hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Menurut ilmu Biologi, definisi biosfer yaitu lapisan Bumi dimana ada kehidupan di bumi. Menurut Ilmu Geografi, pemahaman wacana lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang yang ditempati oleh organisme. Secara etimologis, istilah biosfer berasal dari dua kata yaitu bio yang berarti makhluk hidup dan bola yang berarti lapisan. Makara biosfer yaitu lapisan kehidupan (flora dan fauna).

Dalam pengertian luas berdasarkan Geophysiology, Biosphere yaitu sistem ekologi global yang menyatukan semua makhluk hidup dan hubungannya, termasuk interaksi dengan unsur litosfer (batu), hidrosfer (air), dan atmosfer bumi (udara). Biosfer diperkirakan telah terjadi di Bumi selama 3,5 miliar tahun dari 4,5 miliar tahun di bumi.


Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli 

  • Eduard Suess: Menurut Eduard Sues spesialis geoglogi di austria tahun 1875 yang menyampaikan bahwa pengertian biosfer yaitu tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam. 
  • James Lovelock: Menurut James Lovelock, pengertian biosfer yaitu sebuah organisme hidup, yang hidsebut sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia menjelaskan bagaimana faktor abiotik dan biotik berinteraksi dalam lingkungan. 
  • Vladimir wanouich veinadsky: Biosfer yaitu sebuah sistem terbuka dan berkembang semenjak dimulainya sejarah bumi. 
  • Jhon Wiley: Menurut Jhon Wiley, pengertian biosfer yaitu zona dari planet bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah. 
  • Michael Allaby: Menurutnya, pengertian biosfer adlaah bab lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka berinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet. 

Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup 


  1. Protoplasma, yaitu zat hidup dalam sel dan terdiri dari senyawa organik kompleks menyerupai protein, lemak, dan sejenisnya. 
  2. Sel, yaitu satuan dasar organisme yang terdiri dari protoplasma dan inti yang terdapat di membran. 
  3. Jaringan, ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama, menyerupai jaringan otot.  
  4. Organ, yaitu bab suatu organisme dengan fungsi tertentu, menyerupai kaki atau indera pendengaran pada hewan, dan manusia, daun atau akar pada tumbuhan.  
  5. Sistem Organ, yaitu kolaborasi antara struktural dan fungsional yang harmonis, menyerupai kolaborasi antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan.  
  6. Organisme, ialah makhlukh hidup. 
  7. Populasi, yaitu kelompok organisme homogen yang hidup dan berkembang biak di suatu tempat tertentu. Seperti populasi insan di jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi rino di Ujung Kulon. 
  8. Komunitas, yaitu semua populasi dari banyak sekali jenis yang berada di suatu tempat tertentu. 
  9. Ekosistem, yaitu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 
 Apa itu Biosfer Dan Contoh Penjelasannya Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer Dan Contoh Penjelasannya


Demikianlah isu mengenai Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?.... Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua, baik itu pengertian biosfer secara umum, pengertian biosfer berdasarkan ilmu biologi, pengertian biosfer berdasarkan ilmu geografi, pengertian biosfer berdasarkan ilmu geofisiologi, pengertian biosfer berdasarkan para ahli, tingkatan organisasi makhluk hidup. Sekian dan terima kasih.

TAG Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi
Pengertian Litosfer: Apa itu Listosfer ?..
Pengertian Hidrosfer: Apa itu Hidrosfer ?.. 
Objek Permasalahan Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Penyebaran Flora di Indonesia
Penyebaran Fauna di Indonesia
Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya
Macam-Macam Ekosistem Perairan (Akuatik)
Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya
Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis dan Ekosistem

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Biosfer: Apa Itu Biosfer Dan Rujukan Penjelasannya"

Posting Komentar