Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan Beserta Teladan Penjelasannya

Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan Beserta Contoh Penjelasannya - Objek studi biologi berkembang dengan sains dan teknologi (sains dan teknologi) sehingga semakin usang semakin rumit. Agar lebih gampang dipelajari, tema objek studi biologis disortir sesuai dengan tingkat pengorganisasian kehidupan. Tingkat organisme hidup berurutan mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar, yaitu molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, masyarakat, ekosistem, biomassa, dan biosfer. Ada korelasi antara level ini antara lain sebagai berikut ...

1. Objek biologis tingkat molekuler
Penemuan mikroskop elektron yang sanggup memperbesar benda yang diamati hingga 500.000 kali, hebat biologi mengatasi duduk kasus kompleksitas organisasi kehidupan tingkat molekuler. Dengan memakai alat dan teknologi kimia modern, struktur di sel sanggup dipisahkan menjadi makro-makromolekul bahkan hingga ke atom. Umumnya, badan organisme mengandung molekul yang terdiri dari atom karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), dan nitrogen (N). Jenis molekul yang ada dalam badan organisme yakni karbohidrat, protein, lipid (lemak), dan asam nukleat.

2. Objek Biologi Tingkat Sel 
Molekul organik membentuk organel sel, yang lalu organel berfungsi membentuk sel. Sel yakni unit hidup terkecil yang hidup. Sel mempunyai organel dengan bermacam-macam fungsi, menyerupai nuclei sel (inti) yang mengatur metabolisme sel, fungsi mitokondria untuk respirasi seluler, dan ribosom yang bekerja untuk sintesis protein.

3. Objek Biologi Tingkat Jaringan
Organisasi kehidupan di tingkat jaringan terjadi pada organisme multiseluler (multiseluler). Organisme uniellular tidak ada pada tingkat jaringan alasannya yakni acara kehidupan diatur dan diimplementasikan oleh sel itu sendiri. Aktivitas kehidupan organisme multiselular dilakukan oleh banyak sel dengan menjadi terorganisir dengan baik dalam satu unit fungsional tertentu.
  • Jaringan yakni kumpulan sel yang mempunyai bentuk yang sama dengan fungsi tertentu. Contoh jaringan tumbuhan tingkat tinggi yakni epidermis, parenkim palisade, parenkim spons, sklerenki, xilem, floem, kambium dan gabus. Contoh jaringan pada tingkat tinggi binatang dan insan yakni lemak, tulang, otot, saraf, darah, dan getah bening (getah bening).
  • Organ yakni kumpulan dari beberapa jenis jaringan yang melaksanakan fungsi tertentu. Contoh organ tumbuhan tingkat tinggi, yakni akar, batang, daun, bunga, dan buah. Contoh organ binatang tingkat tinggi dan insan yakni jantung, hati, perut, hidung, paru-paru, telinga, dan usus.
  • Sistem organ yakni beberapa organ yang melaksanakan fungsi tertentu. Contoh sistem organ hwan tinggi dan insan yaitu, sistem pencernaan makanan, sistem reproduksi, sistem peredaran darah, dan sistem koordinasi.


4. Objek Biologis Tingkat Individu, Populasi dan Komunitas
  • Individu adalah makhluk hidup tunggal. Contoh individu yakni pohon kelapa, manuia, semut.
  • Populasi adalah kumpulan individu dengan spesies yang sama yang berinteraksi dan tinggal di kawasan tertentu. Contoh populasi yakni kumpulan kepala pohon, dan sejumlah semut hidup dilemparkan ke pohon.
  • Komunitas yakni kumpulan populasi aneka macam spesies dan berinteraksi dalam wilayah tertentu. Contoh komunitas yakni keseluruhan organisme yang tinggal di sawah yang terdiri dari populasi tumbuhan padi, serangga, ular, burung, tikus dan semut.


5. Objek Biologis Tingkat Ekosistem, Biomasa, dan Biosfer
  • Ekosistem yakni tingkat organisasi kehidupan yang berinteraksi antara organisme dan lingkungan abiotiknya. Komponen organisme mencakup manusia, hewan, tumbuhan, bakteri, jamur, ganggang, dan lain-lain. Organisme ini terhubung dalam jaringan masakan (makan dan makan). Organisme dalam ekosistem sanggup bertindak sebagai produsen (produsen makanan), konsumen (konsumen), atau dekomposer (dekomposer). Komponen lingkungan abiotik terdiri dari air, udara, mineral, sinar matahari, angin, tanah, suhu, batuan, pH, topografi, dan salinitas.
  • Biomassa yakni ekosistem terestrial yang umumnya dipengaruhi oleh iklim regional yang diklasifikasikan oleh vegetasi lebih banyak didominasi atau organisme dengan menyesuaikan diri di lingkungan tertentu. Biomasa mencakup area yang luas dan tumbuhan lebih banyak didominasi tertentu. Permukaan bumi terdiri dari tujuh jenis biomasa, menyerupai taiga, tundra, sabana, padang pasir, padang rumput, hutan gugu, dan hutan hujan tropis.
  • Biosfer yakni lapisan bumi dimana ada kehidupan. Bumi yakni tempat hidup kita dengan karakteristik utama mengandung oksigen yang diperlukan untuk menunjang kehidupan organisme.


Skema Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan 
Molekul-Sel-Jaringan-Organ-Sistem Organ-Individu-Populasi-Komunitas-Ekosistem-Bioma-Biosfer
 Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan Beserta Contoh Penjelasannya  Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan Beserta Contoh Penjelasannya

Demikianlah gosip mengenai Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

TAG:Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik
Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya
Macam-Macam Ekosistem Perairan (Akuatik)
Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya
Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis dan Ekosistem

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan Beserta Teladan Penjelasannya"

Posting Komentar