Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Macam, Unsur & Fungsi Seni Rupa

Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Macam, Unsur & Fungsi Seni Rupa- Secara Umum, Pengertian Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan  rabaan.Seni juga didefinisikan sebagai hasil penciptaan kualitas, hasil, ekspresi, atau keindahan alam atau apapun yang melampaui keaslian dan pembagian terstruktur mengenai objeknya terhadap kriteria tertentu yang tercipta dalam suatu struktur sehingga bisa dinikmati dengan memakai indera mata dan sentuhan. .

Unsur-Unsur Seni Rupa 
Unsur Seni Rupa - Seni dibangun dari beberapa unsur yang membentuk masing-masing padatan terpadu sehingga bisa dinikmati secara keseluruhan. Unsur seni yaitu elemen yang dipakai untuk mewujudkan sebuah karya seni. Unsur seni rupa yaitu sebagai berikut ...

1. Titik, yaitu unsur seni paling dasar yang melahirkan suatu bentuk gagasan atau gagasan yang melahirkan garis, bentuk, atau bidang. Teknik pengecatan yang memakai kombinasi banyak sekali warna ukuran dan titik dikenal dengan Pointilisme.
2. Garis, adalah elemen seni rupa sebagai hasil elemen titik. Berdasarkan jenisnya, garis dibedakan dari garis lurus, panjang, melengkung, pendek, vertikal, horizontal, diagonal, bergelombang, patah, siral, putus-putus dan lainnya. Berbagai garis akan membuat kesan tertentu menyerupai garis lurus yang berkesan tegak lurus dan keras, garis-garisnya patah kesan kaku, garis melengkung lembut dan lentur, dan garis spiral berkesan membungkuk. Selain itu, garis ini juga memberi kesan huruf yang bisa dijadikan keinginan misalnya.

  • Garis tegak melambangkan keagungan, kestabilan. 
  • Garis halus, melengkung-melengkung berirama mengesankan kelembutan kewanitaan. 
  • Garis miring, melambangkan akan kegoncangan, gerak, tidak stabil. 
  • Garis tegas, kuat, terpatah-patah mengesankan atau melangmbangkan kekuasaan.

Sedangkan, berdasarkan wujud garisnya yaitu sebagai berikut..

  • Garis nyata, ialah garis yang dihasilkan dari coretan atau gesekan lengkung. 
  • Garis semu, yaitu garis yang muncul sebab terdapat kesan balance pada bidang, warna atau ruang. 


3. Bidang, yaitu pengembangan garis yang membatasi suatu bentuk sehingga sanggup membentuk bidang yang melingkupi dari beberapa sisi. Bidang mempunyai sisi panjang, dan lebar dengan mempunyai ukuran.

4. Bentuk, yaitu unsur seni rupa dari gabungan banyak sekali bidang. Bentuk dikelompokkan dalam 2 macam yaitu sebagai berikut..
a. Bentuk Geografis, ialah bentuk yang terdapat ilmu ukur seperti
  • Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok 
  • Bentuk silindris, contohnya tabung, bola dan kerucut. 
b. Bentuk Nongeometris, yaitu bentuk yang memalsukan bentuk alam, menyerupai hewan, insan dan tumbuhan.
5. Ruang, adalah unsur seni rupa dengan dua sifat. Dalam seni rupa dua dimensi, ruang besifat semu sedangkan dalam seni rupa tiga dimensi, ruang bersifat nyata. Ruang juga digolongkan menjadi dua yaitu Ruang dalam bentuk nyata, menyerupai ruangan kamar, ruangan patung. Ruangan dalam bentuk imajinasi (ilusi) menyerupai ruangan yang terkesan dari lukisan.

6. Warna, adalah unsur seni rupa yang menjadikan kesan dari pantulan cahaya pada mata. Warna dikelompokkan dalam beberapa macam yaitu sebagai berikut..
  • Warna Primer, yaitu warna dasar yang tidak diperoleh dari gabungan warna lain. Warna primer terdiri dari warna merah, kuning dan biru.
  • Warna Sekunder, yaitu warna yang dapatkan dari gabungan dua warna primer dalam dosis tertentu.
  • Warna Tersier, yaitu warna yang didapatkan dari pencampuran warna sekunder
  • Warna Analogus, yaitu deretan warna yang letaknya berdampingan dalam satu bulat warna atau berdekatan, menyerupai deretan warna hijau ke warna kuning.
  • Warna  Komplementer, yaitu warna yang kontras dan letaknya bersebrangan yang dibuat dalam satu bulat warna, contohnya warna merah dengan hijau, warna kuning dengan warna ungu.

7. Tekstur, yaitu sifat dan keadaan suatu permukaan bidang atau permukaan benda pada sebuah karya seni rupa. Setiap benda mempunyai sifat permukaan yang berbeda. Tekstur sanggup dibedakan menjadi tekstur aktual dan tekstur semu. Tekstur aktual yaitu nilai raba yang sama antara penglihatan dan rabaan. Sedangkan teksur semu yaitu kesan yang tidak sama antara penglihatan dan perabaan.
8. Gelap Terang, yaitu unsur yang bergantung dari intensitas cahaya. Semakin besar intensitassuatu cahaya maka semakin terang, sedangkan semakin kecil intensitas cahaya, maka akan semakin gelap. Dalam karya seni rupa dua dimensi, unsur gelap jelas dibuat berdasarkan gradiensi dan pemilihan warna yang ada.

Fungsi Seni Rupa

1. Fungsi Individu 

a. Fungsi pemenuhan kebutuhan fiisk 
Pada dasarnya, insan yaitu makhluk homofaber yang mempunyai kemampuan untuk menghargai keindahan dan penggunaan benda. Seni terapan memang mengacu pada kepuasan kebutuhan fisik sehingga dalam hal kenyamanan menjadi penting. Misalnya bangunan seni, furnitur seni, pakaian seni / tekstil, kerajinan seni, dll.
b. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional
Setiap orang mempunyai kualitas yang berbeda dengan insan lain. Pengalaman setiap orang sangat berbeda untuk mempengaruhi emosi atau perasaannya. Misalnya, perasaan sedih, gembira, letif-lelah, kasihan, cinta, benci, dll. Manusia bisa mencicipi semua itu sebab di dalam dirinya ada dorongan emosional sebab ini yaitu situasi psikologis setiap insan normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional insan membutuhkan dorongan eksterior yang menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya. Misalnya mengalami kelelahan yang membutuhkan rekreasi menyerupai teater, menyaksikan buket, konser, festival seni dll.

2. Fungsi Sosial
a. Fungsi sosial Seni dalam rekreasi
Banyak acara seseorang membuat mereka merasa jenuh sehingga orang tersebut membutuhkan penyebarannya menyerupai hiburan untuk rekreasi objek wisata (rekreasi alam). dan Seni serta objek rekreasi menyerupai seni teater, festival melukis, pertunjukan musik, dan festival bonsai. Arti seni rekreasi yaitu seni yang membuat kondisi diseminasi dan pembaharuan kondisi yang ada.

b. Fungsi Sosial Seni dalam Komunikasi
Setiap insan harus berkomunikasi dengan bahasa sebab cara komunikasi yang paling efektif sanggup dengan gampang dipahami. Tapi bahasa mempunyai keterbatasan sebab tidak semua bahasa bisa dipahami oleh semua orang di dunia ini sebab bahasa masing-masing negara berbeda, oleh sebab itu diharapkan bahasa universal yang biasa berkomunikasi di seluruh dunia. Berdasarkan pernyataan tersebut, seni diyakini berperan sebagai bahasa universal. Seperti affandi yang berkomunikasi di seluruh dunia dengan lukisannya, Shakespare berkomunikasi dengan puisinya. Berdasarkan pola aktual ini, seni bisa menembus batasan verbal, begitu pula perbedaan lahiriah semua orang.

c. Fungsi Sosial dalam Pendidikan
Dalam arti luas, pendidikan yaitu kondisi transformasi yang menyakitkan kondisi tertentu menjadi lebih maju. Seni bisa memperlihatkan edukasi sebab setiap pagelaran seni ada makna yang disampaikan. Seni ini berkhasiat untuk membimbing dan mendidik mental dan sikap seseorang untuk menjadi negara yang lebih maju daripada sebelumnya. Dari sini, seni itu memupuk pengalaman estetis dan etis.

d. Fungsi Sosial Seni di bidang Spiritual

Menurut Kar Barth, kecantikan berasal dari Tuhan. Agama yaitu salah satu sumber insipulasi seni yang berfungsi untuk tujuan keagamaan. Pengalaman religius menggambarkan bentuk nilai estetika.

Tidak hanya itu fungsi nya seni sanggup dilihat dibawah ini..
  • Memuaskan batin seniman penciptanya atau memperlihatkan kepuasan tersendiri 
  • Memberikan keindahan yang dinikmati secara luas berdasarkan evaluasi yang berbeda. 
  • Menyampaikan nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman 
  • Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis 
  • Sebagai media atau alat untuk mengenang suatu kejadian tertentu 
  • Sebagai sarana ritual keagamaan.

Macam-Macam Seni Rupa 

Jenis seni dikelomokkan berdasarkan bentuk, massa dan fungsinya yaitu sebagai berikut ..
1. Jenis Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya
  • Fine Art Two Dimensions, yaitu seni rupa dengan karya dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni dua dimensi hanya bisa dilihat dari satu arah yaitu dari depan. Contoh seni dua dimensi yaitu lukisan, seni batik, sketsa, dan ilustrasi seni.
  • Tiga Dimensi Seni, yaitu seni rupa yang mempunyai tiga panjang, lebar dan tinggi atau ketebalan (memiliki volume). Hasil karya seni bisa dinikmati atau dihargai dari segala arah pandang. Contoh seni tiga dimensi yaitu seni kerajinan, seni taman, seni bangunan, dekorasi dan lain-lain.

2. Macam-Macam Seni Rupa Berdasarkan Massanya
  • Kesenian Tradisional, yaitu seni rupa yang tercipta dengan pola, aturan, atau pegangan tertentu sebagai panduan dalam karya seni dan dibuat berulang kali tanpa mengubah bentuk aslinya. Aturan umum yang berkaitan dengan penciptaan bentuk, warna, pola, penggunaan warna, materi dan ukuran. Aspek karya seni menyerupai seni tradisional masih dipelihara dari generasi ke generasi, dari generasi ke generasi hingga sekarang. Sehingga seni visual itu statis, dari dulu hingga kini bentuk dan coraknya tidak berubah.
  • Seni modern, yaitu karya seni yang ditandai dengan kemunculan kreativitas untuk berkhotbah hal-hal gres yang belum pernah ada sebelumnya. Unsur-unsur gres menjadi sangat penting dan harus ada untuk memperlihatkan karya seni rupa modern yang mengutamakan aspek kreativitas dalam berkarya membuat karya baru. Sehingga seni modern lebih individualistis. Contoh seni modern berupa lukisan, grafis, patung dan kerajinan.
  • Contemporary Art, yaitu sebuah karya seni yang penampilannya dipengaruhi oleh waktu dimana karya seni diciptakan. Seni kontemporer bersifat kontemporer dan sementara yang diangkat dari seni kontemporer wacana situasi dan kondisi ketika karya diciptakan yang biasa untuk ekspresi eksklusif sang seniman dan mengungkap kekuatan fantasi, imajinasi, dan harapan harapan yang terkait dengan keadaan ketika pekerjaan itu tercipta
3. Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsi
  • Applied Art, yaitu seni visual yang dipresentasikan dari suatu tujuan praktis. Karya yang dipakai dari benda-benda dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat, menyerupai senjata, poster, keramik, rumah dan lain-lain.
  • Fine Art yaitu karya seni yang diciptakan bukan untuk tujuan dipakai namun untuk mengekspresikan wangsit pencipta dan hanya memprioritaskan nilai keindahan. Seni terapan, gratis bagi semua orang dalam mengekspresikan keinginan, harapan, impian, fantasi dalam karya seninya.
adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dir Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Macam, Unsur & Fungsi Seni Rupa

Demikianlah informasi mengenai Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam & Fungsi. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian seni rupa, unsur-unsur seni rupa,fungsi seni rupa, macam-macam seni rupa. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Macam, Unsur & Fungsi Seni Rupa"

Posting Komentar