Pengertian Rna, Fungsi, Struktur Dan Jenis Rna

Pengertian RNA, Fungsi, Struktur Dan Jenis RNA - Umumnya Definisi Pengertian RNA (Ribonucleic Acid) adalah rangkaian nukleotida yang terikat bersama menyerupai rantai. RNA ialah hasil transkripsi fragmen DNA, jadi RNA sebagai polimer jauh lebih pendek daripada DNA. Berbeda dengan DNA yang biasa ditemukan di inti sel, sebagian besar RNA hadir di sitoplasma, terutama pada ribosom.

Fungsi RNA

  • Sebagai penyimpan informasi 
  • Sebagai mediator antara DNA dan protein dalam proses lisan genetik alasannya berlaku untuk organisme hidup. 


Struktur RNA

  • Gula D-Ribosa
  • Fosfat
  • Basa Nitrogen

RNA terdiri dari rantai poliribonukleotida yang basa biasanya adenin, guanin, urasil, dan citosin. RNA berada di dalam inti dan sitoplasma sel. Bergam bentuk RNA lebih dari DNA. RNA mempunyai berat molekul antara 25.000 hingga beberapa juta. Umumnya RNA mengandung rantai tunggal polinukleotida, namun rantai biasa dilipat membentuk tempat heliks ganda yang mengandung pasangan basa A: U dan G: C.

Molekul RNA mempunyai bentuk yang berbeda dengan DNA. RNA berbentuk single grup band dan tidak berbentuk spiral. Setiap pita RNA ialah polinukleotida yang terdiri dari banyak ribonukleotida. Setiap ribonukleotida terdiri dari gula ribosa, basa nitrogen dan asam fosfat. Basa nitrogen RNA dibagi menjadi dua, yaitu dasar purin dan dasar pirimidin. Basis purin menyerupai dengan DNA yang terdiri dari adenin (A) dan guanin (G), sedangkan pada basis pirimidinnya berbeda dengan sitosin (C) dan urasil (U).

RNA Stage RNA terdiri dari deretan ribosa dan fosfat. RNA ribonuleotida ada secara independen dari nukleoplasma dalam bentuk nukleosida trifosfat, contohnya adenosin trifosfat (ATP), Guanosine triphosphate (GTP), cystidine triphosphate (CTP), dan Uridin triphosphate (UTP). RNA disintesis oleh DNA yang terletak di inti sel memakai DNA sebagai cetakannya.

Jenis-Jenis RNA

RNA ada tiga tipe utama atau tiga tipe utama yaitu sebagai berikut ..
1. Transfer RNA (tRNA)
RNA terbentuk dari dalam nukleus, tapi menempatkan dirinya di sitoplasma. tRNA ialah RNA terpendek dan bertindak sebagai penerjemah kodon mRNA. tRNA mempunyai proporsi nukleosida yang relatif lebih tinggi. Transfer RNA (transfer-ribonucleic acid) atau transfer asam ribonukleat ialah molekul yang menafsirkan pesan genetik dalam bentuk serangkaian kodon di sepanjang molekul mRNA dengan mentransfer asam amino ke ribosom dalam proses penerjemahan.
Setiap tRNA berisi urutan dengan tiga urutan dasar pendek. Semua 3 'tRNA berakhir mengandung rangkaian SSA yang berlawanan urutan antikodon. Sebuah amino tertentu akan melekat pada ujung final tRNA. Keterikatan ini ialah fungsi tRNA, yaitu dengan membawa asam amino spesifik yang berkhasiat dalam protein sintetis, yaitu sekuensing asam amino sesuai urutan kodon dalam mRNA.

2. RNA ribosom (rRNA)
rRNA ialah protein yang mengandung ribosom dengan massa yang hampir serupa. Molekul itu tunggal, tidak bercabang dan fleksibel. rRNA terdiri dari 80 persen RNA total dalam sel dan sel yang tidak mempunyai inti sejati yang terdiri dari beberapa jenis rRNA 23S rRNA, 16S rRNA, dan 5S rRNA.

3. Mesengger RNA (mRNA)
mRNA ialah polinukleotida pita tunggal linier dan disintesis oleh DNA di dalam nukleus. mRNA ialah rantai tunggal yang relatif panjang. Panjang pendek mRNA bekerjasama dengan panjang pendek rantai polipeptida yang telah dipersiapkan. Urchants dalam rantai asam amino yang membentuk rantai polipeptida sesuai dengan urutan kodon yang ada dalam molekul mRNA yang sesuai. mRNA bertindak sebagai teladan cetakan dalam pembentukan polipeptida. Setiap molekul membawa salinan urutan DNA, yang diterjemahkan ke dalam sitoplasma ke dalam satu atau lebih rantai polipeptida. Fungsi utama mRNA ialah membawa aba-aba genetik dari DNA ke dalam nucleus sel ke ribosom di sitoplasma. mRNA terbentuk ketika diharapkan dan kalau kiprah selesai dan lalu hancur dalam plasma.

adalah rangkaian nukleotida yang terikat bersama menyerupai rantai Pengertian RNA, Fungsi, Struktur Dan Jenis RNA

Demikianlah isu mengenai Pengertian RNA, Fungsi, Struktur, & Jenisnya. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian RNA, pengertian asam ribonukleat atau ribonucleat acid, fungsi RNA (asam ribonukleat), struktur RNA (Asam Ribonukleat), jenis-jenis RNA (asam ribonukelat). Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Rna, Fungsi, Struktur Dan Jenis Rna"

Posting Komentar