Pengertian Bioteknologi: Apa Itu Bioteknologi , Prinsip Dasar Bioteknologi Dan Tujuan Bioteknologi

Secara Umum, Pengertian Bioteknologi adalahh aplikasi organisme atau bab badan organisme ke dalam teknologi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Pemanfaatan organisme atau sbuseluler komponennya diarahkan dan dikendalikan untuk melibatkan aplikasi multidisiplin dan terpadu dengan mikrobiologi, biokimia, biologi sel, fisiologi, genetika molekuler, dan teknik kimia.

Bagian dari keberhasilan bioteknologi yang menarik perhatian masyarakat yaitu rekayasa genetika. Rekayasa genetika yaitu bab dari bioteknologi modern yang ditemukan oleh Watson dan crik tahun 1953 dari model DNA beruntai ganda. Sebelumnya masyarakat sudah mengenal bioteknologi tradisional. Bioteknologi tradisional diterapkan dengan menciptakan anggur dan keju dengan memakai mikroba, pemulihan tanaman, atau pemuliaan silang pada hewan.

Pengertian Bioteknologi Menurut Para Ahli

  • Perhimpunan Kimia Murni dan Terapan: Menurutnya, pengertian bioteknologi yaitu penerapan bikimia, biologi, mikrobiologi dan rekayasa kimia dalam proses industri, pembuatan produk baik itu pelayanan kesehatan, energi dan pertanian serta pada lingkungan. 
  • OECD (Organization for Economic Cooperation and Development): Pengertian bioteknologi berdasarkan OECD yaitu suatu penerapan prinsip ilmiah dan rekayasa pengolahan materi oleh distributor biologi untuk menyediakan barang dan jasa. 

Prinsip Dasar Bioteknologi 
Bioteknologi dikembangkan dari segala bidang yang memanfaatkan kemampuan mikroorganisme atau bagiannya. Objek studinya yang luas dengan perkembangan sedikit demi sedikit sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan meningkatkan kebutuhan manusia. Sebenarnya, prinsip bioteknologi telah diterapkan oleh orang Indonesia semenjak ratusan tahun yang lalu, bahkan 6.000 tahun sebelum orang Babel. Babilonia pada waktu itu telah menciptakan masakan dan minuman fermentasi. Contoh bioteknologi tradisional yaitu pembuatan tempe, tape, kecap, oncom atau pembuatan minuman anggur tahan usang oleh nenek moyang kita. Ada tiga karakteristik utama dalam bioteknologi tradisional, antara lain, sebagai berikut ...

  • Ada mikroorganisme dengan karakteristik tertentu dan bisa menghasilkan enzim yang berperan sebagai biokatalis
  • Adanya peropde atau prosedur tertentu untuk memanfaatkan mikroorganisme (sebagai gen) secara teknologi.
  • Akuisisi produk yang mempunyai nilai tambah dan bermanfaat terutama kepentingan manusia, baik berupa masakan (makanan dan minuman), obat-obatan terlarang, reproduksi, pemecahan duduk perkara sampah, dan produk lainnya,

Dalam beberapa dekade terakhir ini telah terjadi beberapa insiden penting dalam mendorong kemajuan bioteknologi modern, antara lain, sebagai berikut ...
1. Harga materi bakar fosil ibarat bensin, minyak tanah, dan solar) telah meningkat secara dramatis.
2. Penggunaan enzim ligase dan endonulease yang sanggup memotong DNA dan menyambung kembali untuk menghasilkan rekombinan gres untuk memanipulasi gen secara artifisial.
3. Penemuan oleh Kohler dan Milstein (1975) yang menghasilkan antibodi monoklonal dari limfosit, myeloma, dan sel tumor.

Tujuan Bioteknologi
Ketiga insiden ini mempunyai dampak besar pada kemajuan bioteknologi pada periode ini. Ada tiga tujuan utama dalam penelitian bioteknologi ketika ini, antara lain, sebagai berikut ...
  • Menemukan fitur khusus; memodifikasi; mengendalikan banyak sekali hasil genetik, biokimia dan proses organisme, baik di darat maupun di maritim untuk aplikasi bioteknologi.
  • Menggunakan alat bioteknologi modern untuk gosip pertanian, lingkungan dan pabrik untuk membantu menyebarkan produk gres dan memperbaiki metode produk, proses, dan pengujian.
  • Memberikan dorongan dan penambahan fasilitas, penyimpanan (gudang), dan data base.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern. Pemahaman kedua jenis bioteknologi tersebut yaitu sebagai berikut ...
  • Bioteknologi tradisional: Gagasan wacana bioteknologi tradisional yaitu bioteknologi sederhana dengan memakai mikroorganisme alami semenjak awal penggunaannya dengan kemungkinan tanpa dasar ilmiah.
  • Bioteknologi Modern: Gagasan bioteknologi modern yaitu bioteknologi organisme dengan produk hasil rekayasa genetika melalui perawatan yang mengubah dasar kemampuan untuk hidup, dengan mengubah urutan genetik yang memilih sifat spesifik suatu organisme, sehingga berjalan secara efisien dan efektif. .

 adalahh aplikasi organisme atau bab badan organisme ke dalam teknologi untuk menghasil Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi , Prinsip Dasar Bioteknologi Dan Tujuan Bioteknologi

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi ?... Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Referensi: Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi ?..
Muhammad Djumhana, 1995. Hukum Dalam Perkembangan Bioteknologi. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
Aryulina, Diah; Choirul Muslim, Syalfinaf Manaf, Endang Widi Winarni (2007). Biologi 3 Sekolah Menengan Atas dan MA Untuk Kelas XII. Jakarta: Esis/Erlangga

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Bioteknologi: Apa Itu Bioteknologi , Prinsip Dasar Bioteknologi Dan Tujuan Bioteknologi"

Posting Komentar