Pengertian Dna, Fungsi, Isolasi, Struktur, Replikasi Dan Tes Dna

Pengertian DNA, Fungsi, Isolasi, Struktur, Replikasi Dan Tes DNA - Secara Umum, Pengertian DNA (Asam Deoksiribonukleat) adalah asam nukelat yang didalamnya terdapat sebuah sel makhluk hidup. DNA merupakan biomolekul utama semua makhluk hidup yang membntuk dan menyusun berat kering. DNA dalam bahasa Inggris disebut deoxyribonucleic acid. DNA terdiri dari materi yang membentuk kromosom dan isu genetik yang tersimpan dalam badan makhluk hidup.

Kata DNA berasal dari dua kata deoxyribosa yang berarti pentosa dan gula nukleat yang berarti nukleus. DNA juga sanggup diartikan sebagai senyawa kimia yang membentuk deskripsi genetik sel makhluk hidup, yang bertindak sebagai generasi ke generasi berikutnya. DNA sebagai cetak biru atau blue print dimana arahan kehidupan setiap makhluk hidup dicatat di dalam sel.

Struktur DNA
Struktur DNA pertama kali ditemukan oleh James Watson dan Francis Crick. Struktur DNA disebut struktur rantai ganda Watson-Crick. Disini komposisi formulirnya ...

DNA yaitu molekul makro atau molekul besar dan mengandung dua ikatan polinukleosida yang saling terkait. Setiap nukleotida membentuk tiga komponen nitrogen, gula pentosa, dan kelompok fosfat. Di dasar nitrogen ada basis primidin dan purin. Primidinous basa yaitu timin dan sitosin sedangkan pada basis dasar ada adenin dan guanin.

Replikasi DNA
Replikasi DNA dilakukan sebelum sel membelah. Arti replikasi DNA yaitu penggandaan rantai ganda DNA itu sendiri. Dalam prokariota atau muils kehidupan tidak ada membran inti sel DNA replikasi yang dilakukan terus menerus. Kasus lain dengan Eukariota atau organisme yang dengan sel sangat kompleks yang di sini replikasi terjadi sangat teratur dengan proses mitosis atau miosis.

Duplikasi DNA biasanya memakai enzim DNA polimerase. Enzim mini mengikat nukleotida ke struktur polimer DNA. Semua proses dilakukan secara in vitro dengan memakai proses yang disebut PCR atau polymerase chain reaction.

Fungsi DNA 
Fungsi utama DNA yaitu sebagai pembawa materi genetic. Namun demikian fungsi DNA sangat luas yaitu sebagai berikut.. 

  • Membawa materi genetika dari generasi ke generasi berikutnya
  • Mengontrol kehidupan secara pribadi maupun tidak 
  • Sebagai auto katalis atau penggandaan diri 
  • Sebagai heterokatalis atau melaksanakan sintetis terhadap senyawa lain.


Isolasi DNA 
Biasanya para jago dalam mempelajari DNA melaksanakan isolasi DNA dengan cara centrifugasi. Centrifugasi akan menciptakan molekul berat ada diatas sedangkan molekul yang ringan ada dibawah tabung. Centrifugasi merupaka teknik awal dan terdapat tindakan-tindaka yang memerlukan penelian. 

Tes DNA 
Tes DNA sanggup mengatasi problem kriminal yang paling rumit. Karena fungsi tes DNA ialah.. 

  • Untuk mengatalisa jenis penyakit
  • Untuk mengetahui penyakit azaimer 
  • Untuk menganalisa garis keturunan 
  • Untuk menetukan cara mengatasi kobatakan dan masih banyak fungsi dari test DNA.

adalah asam nukelat yang didalamnya terdapat sebuah sel makhluk hidup Pengertian DNA, Fungsi, Isolasi, Struktur, Replikasi Dan Tes DNA

Demikianlah isu mengenai Pengertian DNA, Struktur, Replikasi, Fungsi, Isolasi, & Tes DNA. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian DNA, struktur DNA, replikasi DNA, fungsi DNA, isolasi DNA, dan tes DNA. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Dna, Fungsi, Isolasi, Struktur, Replikasi Dan Tes Dna"

Posting Komentar