Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk Dan Mobilitas Sosial Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk Dan Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli - Hai .. kali ini Membahas wacana memahami mobilitas sosial, bentuk mobilitas sosial, dan pemahaman mobilitas sosial berdasarkan para ahli. Pertama mari kita mulai dengan konsep mobilitas sosial. Apa itu Mobilitas Sosial? Secara umum, Pengertian Mobilitas Sosial adalah proses pergerakan, atau pergerakan lapisan (social strata) seseorang atau kelompok. Istilah moblitas berasal dari bahasa Latin, yaitu Mobilis yang berarti gampang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan sosial melibatkan seseorang atau kelompok warga. Secara harfiah, pengertian mobilitas sosial ialah sebagai gerakan yang terjadi sebagai akhir dari memindahkan atau mengubah posisi seseorang atau sekelempok orang pada waktu yang berbeda.

Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Ahli
Pengertian Mobilitas Sosial Menurut Ahli - Selain memahami mobilitas sosial di atas, ada beberapa pendapat para andal dalam memahami mobilitas sosial antaralain sebagai berikut ...

  • Soerjono Soekanto: Pengertian mobilitas sosial berdasarkan Soerjono Soekanto ialah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu teladan tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. 
  • Robert M.Z. Lawang: Menurut Robert M.Z. Lawang, bahwa pengertian mobilitas sosial ialah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya. 
  • H. EdwardRansford: Pengertian mobilitas sosial berdasarkan H. EdwardRansford ialah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hirarki. 
  • Kimball Young dan Raymond W.Mack: Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, bahwa pengertian moblitas sosial ialah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial. 
  • Horton dan Hunt: Menurut Horton dan Hunt, pengertian mobilitas sosial ialah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. 
  • Wiliam Kornblum: Pengertian mobilitas sosial berdasarkan William Kornblum ialah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga dan kelompok sosialnya dan satu lapisan ke lapisan sosial lainnya. 


Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial 
Bentuk Mobilitas Sosial - Mobilitas sosial dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Bentuk mobilitas sosial ialah sebagai berikut.

1. Bentuk Mobilitas Sosial Berbasis Tipenya
  • Mobilitas sosial vertikal, ialah transfer status yang dialami seseorang atau kelompok di lapisan sosial yang berbeda
  • Mobilitas sosial horisontal, ialah transfer status sosial seseorang atau kelompok dalam lapisan sosial yang setara. Dalam mobilitas sosial horisontal tidak mengubah tingkat posisi seseorang atau kelompok orang.
  • Mobilitas sosial lateral, ialah pergerakan orang dari satu tempat ke unit lainnya. Dalam mobilitas sosial lateral disebut mobilitas geografis.


2. Bentuk Mobilitas Sosial Berdasarkan Ruang Lingkupnya
  • Mobilitas sosial intragenerasional, ialah mobilitas sosial yang dialami seseorang selama masa hidupnya atau perubahan status sosial semenjak lahir hingga usia tuanya.
  • Mobilitas sosial antar generasi, ialah mobilitas sosial yang terjadi dari dua generasi atau lebih.
 Bentuk Dan Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli  Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk Dan Mobilitas Sosial Menurut Para Ahli

Demikianlah isu mengenai Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk, & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian mobilitas sosial, pengertian mobilitas sosial berdasarkan para ahli, bentuk-bentuk mobilitas sosial. Sekian dan terima kasih.


Referensi: Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk, & Menurut Para Ahli
Waluya, B. 2009. Sosiologi 2 : Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. p. 130.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Mobilitas Sosial, Bentuk Dan Mobilitas Sosial Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar