Pengertian Manajemen Perkantoran,Unsur-Unsur, Tujuan, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya

Pengertian Administrasi Perkantoran,Unsur-Unsur, Tujuan, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya- Administrasi kantor yang akan kita bahas baik definisi, karakteristik, ruang lingkup, unsur, tujuan dan fungsi manajemen perkantoran. Langsung saja, Secara umum, Pengertian Administrasi Perkantoran adalah suatu kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah organisasi. Biasanya seorang karyawan yang bertugas dalam hal ini disebut dengan direktur kantor atau manajer kantor.

Pengertian Administrasi Perkantoran terbagi menjadi dua yaitu pengertian manajemen perkantoran secara luas dan manajemen kantor secara sempit. Pengertian manajemen perkantoran merupakan kerjasama yang luas secara sistematis dan terkoordinasi sesuai pembagian kiprah sesuai dengan struktur organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan definisi kantor manajemen dalam arti sempit yaitu semua kegiatan bersifat teknis manajemen dalam pelaksanaan kerja operasi, penyediaan informasi bagi pimpinan, dan membantu kelancaran kemajuan organisasi.

Karakteristik Administrasi Perkantoran
Karakteristik Administrasi Perkantoran - Administrasi kantor berbeda dengan manajemen perkantoran. Ada faktor pembeda, mulai dari jenis kegiatan dan ruang lingkup kerja sebagai daerah dalam pelaksanaan kegiatan. Untuk lebih jelasnya di sini yaitu karakteristik / karakteristik manajemen perkantoran ...

a. Bersifat pelayanan (Service) pada semua pihak atau orang
Ini berarti bahwa pekerjaan kantor umumnya merupakan layanan dan dukungan untuk acara organisasi.
b. Merembes dan dilaksanakan oleh semua pihak
Ini berarti bahwa pekerjaan kantor mempengaruhi unit lain yang selalu hadir dan diterapkan di setiap organisasi.
c. Hasil hasilnya yaitu informasi
Informasi yaitu deskripsi yang berisi data yang sanggup mendapatkan amanah untuk kepentingan pihak tertentu. Pihak terkait dengan informasi yang berada di kantor lain; pemimpin, pemegang saham, pemerintah, masyarakat, dan karyawan organisasi, dll.
d. Bersifat memudahkan
Pekerjaan kantor merupakan alat katalis yang mempunyai banyak sekali acara dari masing-masing perusahaan yang bersatu.
e. Bersifat pengetikan dan penghitungan
Komposisi pekerjaan kantor lebih banyak terdiri dari pekerjaan mengetik
f. Dilakukan oleh semua pihak
Pekerjaan kantor tidak selalu dilakukan di satu bab dimana beberapa kantor dilakukan di setiap bab perusahaan.

Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran
Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran - Administrasi perkantoran mempunyai beberapa unsur-unsur antara lain sebagai berikut...
  1. Organisasi, ialah mengelompokkan dan menyusun kerangka kerja, jalinan relasi kerjasama antara para pekerja dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tertentu. 
  2. Manajemen, berfungsi dalam merencanakan, mengorganisasikan, membina, membimbing, menggerakkan, dan mengawasi sekelompok orang serta mengerahkan segenap kemudahan untuk tujuan yang telah ditentukan sanggup tercapai dengan baik. 
  3. Komunikasi, yaitu kegiatan yang memberikan berita, pemberian ide, dan gagasan dari seseorang kepada orang lain, yang bersifat timbal balik antara pimpinan dengan pimpinan, pimpinan dengan bawahan, baik secara formal maupun yang nonformal. 
  4. Informasi yaitu kegiatan yang menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, menyebarkan, dan menyimpan banyak sekali informasi. 
  5. Personalia, ialah kegiatan yang mengatur dan mengolah penggunaan tenaga kerja
  6. Keuangan, yaitu kegiatan yang mengatur dan mengolah penggunaan sumber daya sekaligus yang dipertanggungjawaban penggunaan dana.
  7. Perbekalan, yaitu kegiatan yang merencanakan, mengurus dan mengatur dalam penggunaan peralatan kerja. 
  8. Humas, ialah kegiatan yang membuat relasi dan dukungan yang baik dari lingkungan masyarakat terhadap sekitar perusahaan. 


Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran - Ruang lingkup manajemen perkantoran meliputi dari kegiatan kantor dan saranan kemudahan kerja kantoran. Ruang lingkup manajemen perakantoran yaitu sebagai berikut...

1. Kegiatan Kantor 
Kegiatan kantor merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam perkantoran dimana semakin luas tujuan perusahaan maka semakin besar pula kegiatan perkantoran yang dilakukan. Pada umumnya kegiatan perkantoran terdri dari beberapa kegiatan antara lain sebagai berikut..

a. Perencanaan Perkantoran (Office Planning), adalah proses memilih arah kegiatan kantor, dengan peninjauan kembali terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor. Perencanaan perkantoran terdiri dari
1). Perencanaan gedung
2). Tata ruang kantor
3). Penerangan/cahaya
4). Ventilasi
5). Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
6). Anggaran (budgetting) perkantoran
7). Standar kualitas kerja
8). Sistem informasi dan telekomuniktasi

b. Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing), adalah pengaturan sejumlah fungsi organisasi dengan fungsi-fungsi meliputi
  • Pembagian kiprah dan pekerjaan untuk efisiensi dalam organisasi perusahaan 
  • Pemeliharaan relasi kerja yang baik dengan atasan maupun dengan bawahan
  • Penyediaan peralatan/perlengkapan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan untuk memudahkan karyawan dalam melaksanakan pekerjaan.

c. Pengarahan Perkantoran (Office Actuating), Pengarahan perkantoran yaitu suatu kegaitan yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara maksimal sesuai dengan sasaran dan sasaran yang telah ditentukan serta untuk membuat lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Pengarahan perkantoran yaitu sebagai berikut. 
  • Penggunaan teknik yang efektif dalam melaksanakan pengawasan terhadap bawahan
  • Penggunaan teknik yang efektif dalam menunjukkan motivasi terhadap bawahan
  • Pemberian santunan kepada karyawan dalam memecahkan persoalan dikala karyawan menghadapi kesulitan dalam pekerjaan 
  • Penyatuan visi misi karyawan dan organisasi
  • Perancangan cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, untuk komunikasi antara atasan dengan bawahan semoga sedianya sanggup berjalan lancar. 
  • Penggunaan tolak ukur yang benar dan adil dalam pemberian honor karyawan.

d. Pengawasan Perkantoran (Office Controlling), Pengawasan perkantoran yaitu kegiatan yang mematikan bahwa sasaran dan perencanaan sanggup berjalan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Objek pengawasan perkantoran terdiri dari:
  • Penggunaan peralatan dan perabot kantor
  • Metode-metode dan standarisasi pekerjaan kantor
  • Kualitas pekerjaan kantor 
  • Pelayanan kantor 
  • Waktu
  • Biaya perkantoran

2. Saranan dan Fasilitas Kerja Kantoran

Dari hasil uraian diatas, kantor merupakan keseluruhan ruang dalam suatu bangunan yang terdapat kegiatan tata perjuangan atau kegiatan manajemen maupun banyak sekali kiprah lainnya. Perkantoran terikat dengan prasarana seperti:
a. Lokasi Kantor
Faktor-faktor yang diperhatikan dalam penentuan lokasi kantor yaitu sebagai berikut..
  • Keamanan 
  • Lingkungan
  • Harga

b. Gedung
Faktor-faktor yang menjadi perhatian dalam penentuan gedung yaitu sebagai berikut.. 
  • Gedung menjamin keamanan dan kesehatan karyawan
  • Gedung mempunyai kemudahan yang memadai
  • Harga gedung yang kompetitif seimbang dengan biaya dan keuntungannya. 

c. Peralatan 
Peralatan digolongkan kedalam dua kelompok antara lain sebagai berikut..
1). Perabotan kantor (office furniture), contohnya kursi, meja, laci, rak dan sebagainya yang terbuat dari besi, kayu, maupun bahan-bahan lainnya, yang mempunyai peranan penting dalam kantor. 
2). Perbekalan kantor (office suplies), contohnya kertas, penghapus, pena, tinta printer, dan peralatan habis pakai lainnya.

d. Interior
Interior yaitu tatanan perabot atau perangkat yang menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor, contohnya plafon, penerangan, ventilisais, hiasan kantor dan jendela.

e. Mesin-Mesin Kantor
Dalam perencanaan kegiatan kantor mempunyai rumus perencanaan mesin yang dipakai sesuai dengan mekanisme kerja, metode kerja dan kebutuhan interior.

Tujuan Administrasi Perkantoran
Tujuan Administrasi Perkantoran - Umumnya, manajemen perkantoran merupakan pekerjaan kantor yang bertujuan menghimpin, mencatat, mengelolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diharapkan dalam kegiatan kantor. Tujuan-tujuan manajemen perkantoran yaitu sebagai berikut...
a. Menghimpun, yaitu suatu kegiatan-kegiatan yang mencari data, mengusahakan tersedianya segala informasi yang belum ada sehingga siap untuk dipakai jikalau diperlukan.
b. Mencatat, ialah kegiatan yang membutuhkan banyak sekali peralatan tulis informasi sehingga terwujud goresan pena yang sanggup dibaca, dikirm, dan disimpan.
c. Mengolah, yaitu kegiatan yang mengolah informasi dengan maksud untuk menyajikan dengan bentuk yang lebih berguna
d. Menggandakan, adalah kegiatan yang memberikan dengan banyak sekali cara dan alat.
e. Mengirim, ialah kegiatan yang memberikan dengan banyak sekali cara dan alat yang informasinya terdiri dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.   
f. Menyimpan, yaitu kegiatan yang menaruh informasi dengan sejumalh cara dan alat dalam suatu daerah yang aman.

 Administrasi kantor yang akan kita bahas baik definisi Pengertian Administrasi Perkantoran,Unsur-Unsur, Tujuan, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Administrasi Perkantoran, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya . Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian manajemen perkantoran, pengertian manajemen perkantoran secara luas, pengertian manajemen perkantoran secara sempit, karakteristik manajemen perkantoran, ruang lingkup manajemen perkantoran, unsur-unsur manajemen perkantoran, tujuan manajemen perkantoran. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Manajemen Perkantoran,Unsur-Unsur, Tujuan, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya"

Posting Komentar