Tokoh Sejarah Pada Masa Kerajaan Islam Di Indonesia

Kerajaan Islam di Indonesia membawa imbas besar dari aneka macam tokoh sejarah dalam kepemimpinan mereka di kerajaan yang dipimpin dan ada banyak dongeng warisan yang kini menjadi sejarah bagi bangsa Indonesia dalam perjalanan Islam di Indonesia hingga kini yang sanggup kita dampak dari Angka-angka - sejarah. Kerajaan Islam umumnya dipimpin oleh seorang sultan. Para sultan yaitu tokoh sejarah terpenting dalam sejarah bangsa Indonesia. Tokoh sejarah ini mempunyai dongeng usaha melawan imbas dan usaha melawan penjajah. Tokoh sejarah dalam periode Islam di Indonesia, antra lainnya sebagai berikut ..

Tokoh Sejarah pada Masa Islam di Indonesia 


a. Sultan Malik al Saleh
Sultan Malik al Saleh yaitu pendiri dan raja pertama Pasai Ocean Kingdom. Sebelum menjadi raja, ia mempunyai Red Sile atau Red Selu. Sultan Malik al Saleh yaitu putra Gajah Merah. Dikatakan Red Selu mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Akhirnya, ia berhasil diangkat menjadi raja di kawasan Pasai yang Samudera. Red Selu masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail sebuah Sharif di Mekah. Setelah masuk Islam, Merah Selu diberi gelar Sultan Malik al Saleh atau Sultan Malikus Saleh

b. Sultan Iskandar Muda
Sultan Iskandar Muda yaitu raja Kerajaan Aceh Darussalam yang memerintah dari tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya, Aceh Darussalam mencapai puncak kemuliaannya. Aceh Darussalam yaitu sentra perdagangan yang sibuk. Sultan Iskandar Muda sangat menentang pendudukan. Ia menolak impian Belanda untuk memonopoli atau mengendalikan perdagangan di wilayah Kerajaan Aceh Darussalam.

c. Sultan Agung
Sultan Agung yaitu raja kerajaan Mataram Islam yang memerintah pada 1631-1645. Sultan Agung dikenal sebagai pemimpin yang menentang penjajah Belanda. Sultan Agung berusaha keras untuk mengusir VOC Belanda yang telah menduduki Batavia. Namun, serangan ini gagal. Pada masa pemerintahan Sultan Agung, Mataram Islam mencapai kemuliaan punjak.

d. Sultan Hasanuddin
Sultan Hasanuddin menjadi Raja Kerajaan Makassar pada tahun 1653-1670. Di bawah kepemimpinannya, Makassar mengalami puncak kemuliaannya. Sultan Hasanuddin terus-menerus menentang CVOC Belanda kolonial. Karena kegigihannya melawan monopoli perdagangan Belanda, Sultan Hasanuddin dijuluki Rooster dari Timur.

e. Raden Patah
Raden Patah yaitu pendiri dan raja Kerajaan Demak pada tahun 1500-1518. Raden Patah yaitu keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Selama Raden Patah memimpin kerajaan, ia dibantu oleh seorang wali berjulukan Sunan Kalijaga. Selama masa pemerintahannya, dibangun sebuah masjid yang sangat populer hingga sekarang. Masjidnya yaitu Masjid Demak. Pada 1518, Raden Patah meninggal. Dia menggantikan Pati Unus.

Demikian artikel wacana Tokoh Sejarah pada Masa Islam di Indonesia supaya bermanfaat.terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tokoh Sejarah Pada Masa Kerajaan Islam Di Indonesia"

Posting Komentar