Pengertian Tulang Rawan, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Rawan

Dalam artian, ciri dan jenis tulang rawan yang akan kita bahas kali ini. Tulang rawan yaitu divisi tulang berdasarkan jaringan penyusunnya. Pengertian Cartilage berdasarkan definisi jago atau jago menyampaikan itu Bahwa. Pengertian tulang rawan adalah jaringan ikat dimana tulang yang bersifat liat dan lentur alasannya yaitu zat-zat antarsel tulang banyak mengandung zat perekat dan mengandung zat kapur.  

Zat kapur pekerat tulang yaitu homogen protein yang disebut kolagen. Tulang rawan, sesudah tulang rawan remaja diganti menjadi tulang keras. Tapi tidak semua tulang rawan akan diganti menjadi tulang keras, tulang rawan pada orang remaja ada di telinga, hidung, dan di ujung tulang keras, dimana sendi sendi (sendi).

1. Struktur tulang rawan
Pengertian, Jenis dan Karakteristik Cartilage Cartilage (tulang rawan) yaitu jaringan ikat yang mengatur sistem tulang rawan jaringan tulang rawan yang tersusun dari sel tulang rawan. Sel tulang rawan, mengeluarkan matriks yang disebut kondrin. Matriks menjadikan tulang rawan menjadi fleksibel, lincin dan kuat. Fleksibilitas tulang rawan di rusuk rongga dada menjadikan tulang rusuk bergerak bebas mengikuti ekspansi paru-paru ketika bernafas. Tulang rawan di antara tulang belakang sangat besar lengan berkuasa dan tahan terhadap tekanan sehingga gampang kembali ke bentuk semula.

2. Jenis tulang rawan
Tulang rawan dibagi menjadi tiga jenis yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastis, kartilago fibrokartilago, lihat penjelasannya ibarat di bawah ini.

a. Cartiline Hyaline yaitu bentuk umum dalam badan manusia. tulang rawan di embrio dan di masa dewasa. Tulang rawan pada embrio yaitu kerangka untuk sebagian besar tulang yang terbentuk melalui osifikasi endokondria, tulang rawan di masa dewasa, sebagian besar tulang rawan telah diganti menjadi tulang keras kecuali pada sendi, tulang rusuk, hidung, laring, dan trakea, dan brongkus.
b. Kartilago lentur adalah tulang rawan yang fleksibel dimana matriksnya yaitu serat lentur bercabang. Kartilago elatis ditemukan di indera pendengaran bab luar (aurikular), epiglotis, larings, dinding tuba pendengaran (eustachii).
c. Tulang rawan Fibrocartilago yaitu tulang yang mengandung banyak serat kolagen padat pada matriks tidak beraturan yang lebih kaku dan kuat. Kartilago fibrokartilago ada di sumsum tulang belakang.

3. Ciri-Ciri Tulang Rawan
Ciri-ciri tulang rawan terbagi atas 3 ciri antara lain sebagai berikut..
a. Berbentuk khusus jaringan ikat dengan fungsi utama menyokong jaringan lunak.
b. Terdiri atas sel-sel (kondrosit dan kondroblas) dan matriks (serat dan substansi dasar).
c. Matriksnya mengandung serat kolagen atau serat elastin yang memberi kekuatan dan kelenturan.
d. Tulang rawan mempunyai kekuatan renggang, penyokong struktural, dan memungkinkan fleksibilitas tanpa distorsi.
 ciri dan jenis tulang rawan yang akan kita bahas kali ini Pengertian Tulang Rawan, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan


Demikianlah isu mengenai Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Rawan. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian tulang rawan, jenis-jenis tulang rawan, ciri-ciri tulang rawan. Sekian dan terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Tulang Rawan, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Rawan"

Posting Komentar