Pengertian Vitamin, Fungsi Vitamin Secara Umum, Jenis-Jenis Vitamin Dan Tumpuan Sumber Vitamin

Pengertian Vitamin, Fungsi Vitamin secara umum, Jenis-Jenis Vitamin Dan Contoh Sumber Vitamin- Kali ini teman membahas makna vitamin, fungsi vitamin dan jenis vitamin atau banyak sekali vitamin dan sumber dari jenis vitamin ini atau sanggup dikatakan hanya dimana vitamin tersebut ada atau sanggup ditemukan. Vitamin niscaya bukan sesuatu yang gres kita dengar, apalagi vitamin C niscaya semua orang tahu wacana vitamin C, tapi tidak hanya vitamin itu ada banyak jenis atau jenis vitamin. Seperti tema di atas kita akan membahas dulu wacana definisi vitamin, apa itu vitamin Vitamin yaitu senyawa kimia yang tidak sanggup dibentuk sendiri oleh tubuh, tetapi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Tubuh memerlukan vitamin dengan jumlah sedikit, tetapi terus-menerus. Vitamin bekerja untuk pertumbuhan sel, mengatur, dan memperbaiki fungsi tubuh, dan mengatur penggunaan makanan dan energi.

1. Fungsi Vitamin Secara Umum
Ada banyak jenis vitamin yang mempunyai fungsinya sendiri, untuk dikala ini kita akan menyediakan fungsi vitamin pada umumnya. Fungsi vitamin pada umumnya antara lain sebagai berikut ...

  • Mengatur zat dalam tubuh
  • Memperkuat penguatan gigi dan tulang
  • Mempercepat Pertumbuhan
  • Memperkuat sistem kekebalan badan terhadap penyakit
  • Mempercepat proses penyembuhan penyakit
  • Menjaga dan meningkatkan kebugaran
  • Memperlambat dalam proses penuaan
  • Membentuk sistem kekebalan badan atau sistem kekebalan tubuh
  • Jaga semoga badan Anda tetap segar dan menghilangkan rasa lelah
  • Vitamin juga dianggap berfungsi sebagai katalis dalam reaksi biokimia tubuh
 fungsi vitamin dan jenis vitamin atau banyak sekali vitamin dan sumber dari jenis vitamin ini  Pengertian Vitamin, Fungsi Vitamin secara umum, Jenis-Jenis Vitamin Dan Contoh Sumber Vitamin


2. Fungsi, Sumber dan Jenis-Jenis Vitamin
Beberapa macam vitamin yang telah diketahui fungsi dan sumber-sumber dari banyak sekali macam atau jenis vitamin tersebut antaralain sebagai berikut...

a. Vitamin A (Retinol)
Vitamin A yaitu vitamin yang berperan penting untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit semoga tetap halus dan halus. Fungsi lain yang sangat penting yaitu menumbuhkan badan dan menjaga kesehatan mata. Vitamin A ditemukan pada wortel, sayuran hijau, ubi jalar, squash, alpukat, dan semangka. Sumber vitamin A dari makanan masih dalam bentuk provitamin A. Selanjutnya, di hati, provitamin A diubah menjadi vitamin A. Kekurangan vitamin A sanggup mengakibatkan kebutaan malam hari dan Xeroftalma Xeroftalmia mengakibatkan mata kering sehingga sanggup mengakibatkan kebutaan.

b. Vitamin B1 (Tiamin)
Vitamin B1 merupakan salah satu vitamin penting bagi tubuh. Fungsi vitamin yaitu untuk meningkatkan nafsu makan dan mengatur fungsi alat pencernaan dan fungsi syaraf. Sumber vitamin B1 terbaik yaitu biji-bijian yang masih mempunyai epidermis, kecambah, gandum, ragi, dan kacang kering. Kekurangan vitamin B1 akan mengakibatkan gangguan saraf, kelelahan, kekurangan pencernaan sempurna, dan mengakibatkan penyakit beri beri.

c. Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 berperan penting dalam pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan kuku, dan membantu proses metabolisme karbohidrat untuk mendapat energi. Sumber vitamin B2 yaitu susu, kacang-kacangan, telur, dan ragi.

d. Vitamin B6 (Pyridoxine)
Vitamin B6 bekerja dalam pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rmabut, mengurangi rasa mual dan mengurangi mabuk, mengurangi ketegangan lengan, dan mencegah pelagra atau kulit garang (meradang). Sumber vitamin B6 merupakan biji yang masih mempunyai epidermis, jagung, ikan, dan ragi. Kekurangan vitamin B6 mengakibatkan pelagra, insomnia, gampang tersinggung, dan depresi.

e. Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
Vitamin B12 berperan dalam proses pembentukan sel darah merah dan meningkatkan konsentrasi. Sumber vitamin B12 mencakup hati, daging, dan telur. Kekurangan vitamin B12 akan mengakibatkan anemia, kelelahan, dan kelainan kulit.

f. Vitamin C (Ascorbic Acid)
Vitamin C berperan dalam proses penyembuhan abuh serta alergi dan tesbut. Sumber vitamin C, termasuk jeruk, tomat, nanas dan sayuran segar. Kekurangan vitamin C sanggup mengakibatkan gusi berdarah, proses penyembuhan luka tertunda, nyeri sendi, dan resistansi rendah terhadap infeksi.

g. Vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang dan menguatkan kerangka. Sumber vitamin D, termasuk minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan ikan laut. Sumber vitamin D dari makanan masih provitamin D. Sinar matahari akan membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D pada permukaan kulit. Kekurangan vitamin D mengakibatkan pertumbuhan kerdil, kaki bengkok, gigi keropos, dan kejang otot.

h. Vitamin E (Tokoferol)
Vitamin E berfungsi untuk mencegah keguguran, kemandulan, dan pendarahan. Sumber vitamin E berupa bibit kecambah, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Kekurangan vitamin E mengakibatkan gangguan otot dan kemandulan

i. Vitamin K (Filokuinon)
Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah dikala terjadi cedera. Vitamin K ditemukan pada sayuran hijau, kedelai, dan tomat. Kekurangan vitamin K mengakibatkan darah menggumpal.

Demikian pembahasan wacana Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin dan lihat juga banyak sekali macam artikel-artikel bermanfaat di blog ini. Semoga artikel wacana Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin bermanfaat. 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengertian Vitamin, Fungsi Vitamin Secara Umum, Jenis-Jenis Vitamin Dan Tumpuan Sumber Vitamin"

  1. Vitamin K belum banyak diketahui fungsinya dan orang sering mengabaikannya

    BalasHapus