Pengertian Tulang Keras, Macam-Macam, Ciri-Ciri Dan Fungsi Tulang Keras

Pengertian Tulang Keras, Macam-Macam, Ciri-Ciri dan Fungsi Tulang Keras - Tulang Keras atau Osteon, Dalam arti tulang keras, jenis dan karakteristik tulang keras. Pembahasan tulang keras menyerupai tema di atas sanggup kita ketahui dengan bergabung dengan kita yang pada ketika kita akan membahas definisi, jenis atau jenis tulang keras dan ciri-ciri tulang keras menyerupai di atas tema, tidak hanya itu, akan dibahas wacana Penyebab tulang menjadi keras, fungsi tulang keras (osteon) kenapa? .. niscaya setiap badan kita (manusia) mempunyai fungsi menyerupai tulang keras yang mempunyai fungsinya sendiri. Pembahasan tulang keras dari kedua pengertian, jenis dan karakteristik serta cara pembentukan tulang atau pembentukan tulang keras sanggup dilihat di bawah ini.

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras

1. Pengertian Tulang Keras 
Pengertian Tulang keras dari banyak sekali buku biologi yang kami simpulkan dan beberapa andal atau pakar menyampaikan bahwa pengertian tulang keras (osteon) yakni tulang yang bersifat kaku dan keras yang tersusun dari zat kapur dan fosfor. Tulang keras atau biasa juga disebut dengan tulang sejati merupakan alat gerak pasif artinya alat gerak yang sanggup bergerak kalau digerakkan oleh otot.

Pembentukan tulang keras (Osteons), sanggup membentuk tulang keras yang berasal dari Cartilago (Cartilago) yang mempunyai rongga yang akan diisi oleh sel pembentuk tulang atau osteoblas. Osteoblas lalu akan membentuk sel tulang atau sel osteocyte dimana unit osteosit akan mengelilingi pembuluh darah maka sistem saraf membentuk sistem havers matriks yang mengandung kapur dan fosfor sehingga tulang menjadi keras dan membentuk tulang keras (Osteon).

2. Macam-Macam Tulang Keras
Tulang Keas dibedakan menjadi 2 jenis atau 2 macam menurut matriknya yakni tulang kompak dan tulang spons, berikut pembahasannya..

a. Tulang Kompak 
Tulang kompak yakni tulang yang matriksnya tersusun rapat dan padat yang mengandung zat kapur dan fosfor. Tulang kompak pada sel-sel tulangnya (osteosit) tersusun membentuk sistem havers. Pada penggalan tengah tulang kompak misalnya tulang pipa pada penggalan tengahnya terdapat terusan pembuluh darah, pembuluh limfe dan saraf, yang dikelilingi oleh sel tulang.
b. Tulang Spons 
Tulang spons yakni tulang yang matriksnya berongga dan tersusun oleh anyaman trabeculae (mirip dengan pecahan genting) yang pipih dan mengandung serat kolagen. Rongga yang terdapat pada tulang spons diisi oleh jaringan sumsum tulang.

3. Ciri-Ciri Tulang Keras 
Terdapat ciri-ciri tulang keras antara lain sebagai berikut..
a.  Bersifat kaku dan keras
b. Praktis Patah
c. Kurangnya zat perekat
d. Tersusun atas zat kapur dan fosfor
e. Sel-sel tulang tersusun menyerupai bulat yang berlapis-lapis

4. Fungsi Tulang Keras 
1. Menjaga organ lunak didalamnya
2. Membantu Aktvitas insan dalam kerja berat
3. Melekatnya Otot
4. Sebagai terusan pembuluh darah dan lemak.
 Pembahasan tulang keras menyerupai tema di atas sanggup kita ketahui dengan bergabung dengan ki Pengertian Tulang Keras, Macam-Macam, Ciri-Ciri dan Fungsi Tulang Keras


Demikian artikel tentang Pengertian Tulang Keras, Macam-Macam, Ciri-Ciri dan Fungsi Tulang Keras  supaya bermanfaat.terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Tulang Keras, Macam-Macam, Ciri-Ciri Dan Fungsi Tulang Keras"

Posting Komentar