Pengertian Rangka Insan Dan Fungsi Rangka Badan Manusia

Pengertian Rangka Manusia dan Fungsi Rangka Tubuh Manusia- Kerangka insan ada di dalam tubuh. Dalam artian kerangka dan fungsi kerangka kerja pada insan banyak jago yang mendefinisikan dengan menyatakan pendapatnya perihal tadik, memahami ketertiban dan fungsi kerangka kerja, maka beberapa pendapat jago yang disimpulkan dalam buku biologi menyampaikan bahwa pengertian kerangka insan yaitu urutan tulang belaka. terus menerus interlock secara teratur dan membentuk tubuh manusia. Bisa dikatakan bahwa bingkai jikalau terhubung satu sama lain yang menciptakan frame terhubung alasannya yaitu adanya sendi dan otot, kita tahu bahwa kerangka bodi disebut endoskeleton. Endoskeleton yaitu kerangka yang terkandung dalam tubuh insan yang dibungkus oleh otot (daging).

Bingkai akan bekerja sama yang membentuk sistem rangka. Sistem kerangka yaitu unit yang menawarkan pemberian berupa pemberian fisik yang tersusun oleh sejumlah tulang. Sistem kerangka dibagi menjadi 3 bab atau 3 jenis basis eksternal, internal dan cair (frame hidrostatik). basa cair (kerangka hidrostatik) juga dikelompokkan terpisah alasannya yaitu kurangnya struktur pendukung

 Pengertian Rangka Manusia dan Fungsi Rangka Tubuh Manusia Pengertian Rangka Manusia dan Fungsi Rangka Tubuh Manusia

Rangka mempunyai tugas penting dalam tubuh manusia, yang fungsi rangka tersebut secara garis besar rangka berfungsi sebagai menegakkan tubuh, tapi bukan hanya itu saja ada banyak fungsi-fungsi rangka dan penjelasannya yang sanggup dilihat menyerupai dibawah ini.

Fungsi Rangka Tubuh Manusia
Rangka tubuh insan dan binatang bertulang belakang tersusun atas tulang-tulang. Secara umum, rangka mempunyai enam macam fungsi. Keenam fungsi rangka itu yaitu sebagai berikut.

1. Menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh.
Penjelasannya :
Misalnya, tulang belakang dan tulang kaki berfungsi menegakkan tubuh dan tulang-tulang tengkorak bab depan berfungsi memilih bentuk wajah.

2. Pelindung alat-alat tubuh yang penting dan lunak
Penjelasannya :
Misalnya,  tulang-tulang penyusun rongga dada berfungsi melindungi jantung dan paru-paru serta tulang-tulang tengkorak berfungsi melindungi otak dan bola mata.

3. Tempat meletakat otot-otot. 
Penjelasannya :
Tanpa rangka, otot-otot rangka tidak mempunyai kawasan melekat. Misalnya, otot bisep yang terdapat pada lengan, ujung atasnya menempel pada tulang belikat dan tulang lengan atas, sedangkan ujung bawahnya menempel pada tulang pengumpil.

4. Tempat pembuatan sel-sel darah 
Penjelasannya : 
Tempat pembuatan sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih, contohnya di dalam tulang-tulang pipih dan tulang-tulang pendek.

5. Tempat sumsum kuning
Penjelasannya :
Tempat sumsum kuning yang mengandung sel-sel lemak, contohnya di dalam tulang pipa tulang paha.

6. Sebagai alat gerak.
Penjelasannya :
Dengan meluruskan atau merapatkan anggota badannya, binatang dan insan sanggup berpindah dan bergerak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Rangka Insan Dan Fungsi Rangka Badan Manusia"

Posting Komentar