Pengertian Pertumbuhan Ekonomi : Ciri Ciri, Dan Faktor Beserta Misalnya Secara Lengkap

Dalam arti pertumbuhan ekonomi berdasarkan definisi para mahir menyampaikan itu Bahwa Pengertian pertumbuhan ekonomi yaitu suatu kondisi di mana terjadi peningkatan produk domestik bruto dari suatu negara atau daerah. Pertumbuhan ekonomi dikatakan meningkat bila terjadi kenaikan persentase Produk Domestik Bruto (PDB) dalam periode yang lebih tinggi dari periode sebelumnya.

Banyak orang merasa sulit membedakan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, bila dilihat dari pemahaman pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang sangat berbeda. Kenaikan PDB tersebut tidak disertai dengan perhitungan persentase laju pertumbuhan penduduk. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi yaitu keadaan dimana terjadi kenaikan PDB suatu negara terlepas dari apakah kenaikan tersebut lebih besar atau lebih kecil dari laju pertumbuhan penduduk.

Ciri Ciri Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi modern merupakan tanda penting dalam kehidupan ekonomi. Prof. Simon Kuznets mengemukakan enam karakteristik pertumbuhan ekonomi modern yang muncul dalam sebuah analisis berdasarkan produk dan komponen nasional, populasi, tenaga kerja dan sejenisnya. Dari keenam ciri tersebut, dua di antaranya bersifat kuantitatif dalam kaitannya dengan pertumbuhan produk dan pertumbuhan penduduk nasional, dua berkaitan dengan pergeseran struktural dan dua dengan diseminasi internasional. Kita akan membahas satu persatu karakteristik pertumbuhan ekonomi. yaitu sebagai berikut:
 Dalam arti pertumbuhan ekonomi berdasarkan definisi para mahir menyampaikan itu Bahwa Pengertian Pertumbuhan Ekonomi : Ciri Ciri, Dan Faktor Beserta Contohnya Secara Lengkap


1. laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita.
Pertumbuhan ekonomi modern, yang, menyerupai yang diungkapkan dari pengalaman negara-negara maju semenjak selesai kurun ke-18 atau awal kurun 19, ditandai oleh tingginya tingkat kenaikan produk per kapita ditambah dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cepat. Besarnya kenaikan setidaknya lima kali untuk populasi dan setidaknya sepuluh kali untuk produksi.

Profesor Kuznets menawarkan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk di tiga belas negara tidak termasuk Prancis, di zaman modern yang lebih tinggi daripada masa pra-modern. Dengan pengecualian Prancis dengan pertumbuhan populasi 2,5 persen per dekade, tingkat pertumbuhan penduduk bergerak sekitar 6 hingga 7 persen untuk Inggris, Swedia, Jerman barat, Jepang dan Belanda, dan 19-24 persen untuk Kanada, Amerika Serikat dan Australia.

2. Peningkatan Produktivitas
Pertumbuhan ekonomi modern terlihat dari meningkatnya laju produk per kapita terutama sebagai hasil dari peningkatan kualitas input yang meningkatkan efisiensi atau produktivitas per unit input. Hal ini sanggup dilihat dari meningkatnya input tenaga kerja dan modal atau kenaikan efisiensi atau keduanya. Peningkatan efisiensi berarti penggunaan output yang lebih besar untuk setiap unit input. Menurut Kuznets, tingkat kenaikan produktivitas bisa menjelaskan hampir keseluruhan pertumbuhan produk per kapita di negara maju. Bahkan dengan beberapa adaptasi untuk mengakomodasi biaya dan input tersembunyi, pertumbuhan produktivitas masih sanggup meliputi lebih dari separuh pertumbuhan produk per kapita.

3. Tingkat Perubahan Struktural Tinggi.
Perubahan struktural dalam pertumbuhan ekonomi modern termasuk pergeseran dari pertanian ke non-pertanian, dari industri ke layanan, perubahan dalam skala unit produksi, dan transisi dari masing-masing perusahaan ke perusahaan terhadap perubahan status aturan dan perburuhan.

4. Urbanisasi
Pertumbuhan ekonomi modern juga ditandai dengan meningkatnya populasi negara maju yang bergerak dari tempat pedesaan ke perkotaan. Ini disebut urbanisasi.

Urbanisasi pada umumnya yaitu produk industrialisasi. Skala ekonomi yang muncul di non-bisnis sebagai hasil perubahan teknologi menjadikan perpindahan tenaga kerja dan populasi yang sangat besar dari tempat pedesaan ke perkotaan. Sebagai sarana teknis transportasi, komunikasi dan organisasi berkembang lebih efektif, penyebaran unit skala optimum tercapai. Semua proses ini menghipnotis pengelompokan orang berdasarkan status sosial dan ekonomi mereka dan mengubah contoh dasar kehidupan.

5. Perluasan Negara yang Dikembangkan
Pertumbuhan negara maju sebagian besar tidak sama. Di beberapa negara, pertumbuhan ekonomi modern terjadi lebih cepat dari negara lain. Hal ini terutama disebabkan oleh perbedaan sejarah dan sejarah masa lalu. Seiring sains dan pengetahuan modern mulai berkembang.

6. Arus Barang, Modal dan Antarbangsa
Aliran barang, modal, dan orang antar bangsa meningkat semenjak kuarter kedua kurun ke-19 hingga Perang Dunia I namun mulai mundur dalam Perang Dunia I dan berlanjut hingga selesai Perang Dunia II. Tapi semenjak awal tahun lima puluhan terjadi peningkatan arus barang, modal dan bangsa.

Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi
Mengapa ekonomi berkembang dengan cepat, tapi terkadang tidak berkembang? Begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara, terkadang bergerak cepat, tapi terkadang bergerak perlahan. Ini lantaran ada faktor yang mempengaruhinya. Inilah faktor yang menghipnotis pertumbuhan ekonomi.

1. Barang Modal
Barang modal yaitu aneka macam jenis barang yang dipakai untuk menghasilkan output (barang dan jasa). Misalnya: mesin pabrik, peralatan pertukangan, dan lain sebagainya.

2. Teknologi
Selain barang modal, teknologi juga besar lengan berkuasa pada pertumbuhan ekonomi. Kemajuan ekonomi di aneka macam negara terutama disebabkan oleh kemajuan teknologi.

3. Tenaga kerja
Sampai dikala ini, terutama di negara berkembang, tenaga kerja masih menjadi faktor secara umum dikuasai produksi. Populasi yang besar akan meningkatkan jumlah pekerja. Penambahan tenaga kerja ini memungkinkan sebuah negara untuk meningkatkan jumlah produksinya. Dengan demikian akan menghipnotis pertumbuhan ekonomi.

4. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang disediakan alam, menyerupai tanah, iklim, hasil hutan, produk pertambangan, dan lain-lain yang sanggup dimanfaatkan insan dalam perjuangan mencapai kemakmuran. Sumber daya alam akan memudahkan membangun ekonomi suatu negara.

5. Manajemen
Perekonomian di suatu negara akan tumbuh dengan cepat bila dikelola dengan baik. Sistem administrasi ini disebut manajemen. Seperti bangsa Indonesia, mempunyai potensi sumber daya alam yang bermacam-macam dan melimpah serta populasi yang besar, bila potensi yang ada dikelola dengan baik maka sanggup mendorong pertumbuhan ekonomi.

6. Kewirausahaan
Kewirausahaan (entrepreneurship) yaitu seseorang yang sanggup dan berani mengambil risiko dalam berbisnis untuk mendapat keuntungan. Peran pengusaha dalam memajukan perekonomian telah terbukti dari waktu ke waktu. Pengusaha dalam berinvestasi akan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan output nasional, dan untuk meningkatkan penerimaan negara dalam bentuk pajak.

7. Informasi
Salah satu kondisi yang pasar sajikan sebagai alokasi sumber daya ekonomi yang efisien yaitu adanya gosip yang tepat dan berimbang. Informasi sangat mendukung pertumbuhan ekonomi lantaran pelaku ekonomi sanggup menciptakan keputusan berdasarkan gosip yang akurat dan cepat.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Ekonomi

Banyak pendapat yang membingungkan penggunaan istilah pertumbuhan ekonomi (economic growth) dengan pembangunan ekonomi (economic development). Sebenarnya kedua istilah tersebut mempunyai arti yang berbeda, meski keduanya menjelaskan perihal perkembangan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi selalu dipakai sebagai ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu negara yang diukur dengan penambahan pendapatan nasional riil. Sementara itu, pembangunan ekonomi biasanya dikaitkan dengan pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi (economic growth) merupakan pengembangan aktivitas ekonomi sehingga menghasilkan barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat meningkat dan kemakmuran masyarakat meningkat dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan. Dalam aktivitas ekonomi yang sebenarnya, pertumbuhan ekonomi berarti perkembangan ekonomi fisik yang terjadi di suatu negara, menyerupai meningkatnya jumlah dan produksi barang industri, pembangunan infrastruktur, peningkatan jumlah sekolah, pengembangan barang manufaktur, dan begitu seterusnya

Sementara itu, pembangunan ekonomi (economic development) yaitu pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan struktur ekonomi dan contoh aktivitas ekonomi atau perjuangan untuk meningkatkan pendapatan per kapita dengan mengolah potensi ekonomi menjadi ekonomi riil melalui investasi, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, dan penambahan keterampilan organisasi dan manajemen.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pertumbuhan Ekonomi : Ciri Ciri, Dan Faktor Beserta Misalnya Secara Lengkap"

Posting Komentar