Pengertian Daun Dan Fungsi Daun Bagi Tumbuhan

Teman mungkin sudah terbiasa melihat dan memegangnya tapi tahukah pengertian daun fungsinya untuk tanaman. Apa tugas atau fungsi daun tanaman? Apakah hanya hiasan untuk tumbuhan atau ada banyak sekali manfaat yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman? ... mungkin merupakan tanda tanya besar. Karena itu kita akan membahas makna dan fungsi dedaunan.Pengertian daun yakni flora yang tumbuh pada ranting yang umumnya berbentuk pipih dan berwarna hijau. Berwarna hijau lantaran mengandung klorofil. Tapi beberapa tumbuhan mempunyai daun merah. Misalnya, daun ekor tupai. Tak hanya itu, tumbuhan puring mempunyai daun campuran, antara lain hijau, kuning dan merah.

Organ terpenting dari flora yang tumbuh dari batang ini umumnya mempunyai warna hijau ini disebabkan lantaran mengandung klorofil. Daun di sebut organ vital bagi flora lantaran dalam melangsungkan hidupnya flora termasuk kedalam organisme autotrof obligat yaitu organisme yang harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya menjadi energi kimia.
 Teman mungkin sudah terbiasa melihat dan memegangnya tapi tahukah pengertian daun fungsin Pengertian Daun dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan

Dalam dunia "pegenal jenis tumbuhan" terutama flora kehutanan, bentuk daun yang beraneka ragam dijadikan anutan dalam membedakan jenis flora walaupun bunga dan buah tetaplah menjadi kunci utama dalam membedakan flora yang mempunyai daun yang sangat mirip. 

Seperti kita ketahui bahwa kebanyakan daun berwarna hijau, warna hijau pada daun ini berasal dari kandungan klorofil, Klorofil yakni senyawa pigmen yang berperan dalam menyeleksi panjang gelombang cahaya yang energinya diambil dalam fotosintesis. Sebenarnya daun juga mempunyai pigmen lain, contohnya karoten (berwarna jingga), xantofil (berwarna kuning), dan antosianin (berwarna merah, biru, atau ungu, tergantung derajat keasaman). Daun bau tanah kehilangan klorofil sehingga warnanya bermetamorfosis kuning atau merah (dapat dilihat dengan terang pada daun yang gugur).


Fungsi Daun bagi Tumbuhan
Daun mempunyai fungsi sebagai berikut...


  • Daun berfungsi sebagai daerah keluar masuknya gas karbon dioksida dan oksigen. Bagian daun yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya kedua macam gas tersebut yakni stoma (mulut daun).
  • Daun berfungsi sebagai daerah melaksanakan fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses pengolahan makanan dari karbon dioksida dan air menjadi zat tepung dengan derma energi cahaya. 
  • Daun berfungsi untuk mengatur proses transpirasi atau penguapan apabila badan flora kekurangan atau kelebihan air. Bagian daun yang sanggup mengurangi penguapan yakni lapisan zat lilin atau kutikula yang terdapat pada permukaan atas daun. 
  • Daun berfungsi sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif. Misalnya, flora cocor angsa sanggup membentuk tunas liar, yaitu tunas adventif yang tumbuh di daun. 
Demikian artikel tentang Pengertian Daun dan Fungsi Daun bagi Tumbuhan biar bermanfaat. terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Daun Dan Fungsi Daun Bagi Tumbuhan"

Posting Komentar