Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Jago Sejarah / Berdasarkan Para Ahli

Secara Umum, Pengertian Sejarah ialah insiden yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan aneka macam peristiwa.atau sederhana, pengertian sejarah ialah ilmu yang mempelajari semua insiden atau insiden yang telah terjadi di masa kemudian dalam kehidupan umat manusia.

Sejarah dalam bahasa Yunani dari kata Historia yang berarti penyidikan atau pengetahuan yang didapat melalui penelitian mendalam. Menurut bahasa Arab, sejarah berasal dari kata syarataun yang berarti pohon kayu yang bercabang alasannya ialah sejarah bunga antara satu titik insiden yang bercabang hingga ke titik insiden lain yang saling terkait. Menurut bahasa Jawa, sejarah berasal dari kata badad yang berarti sejarah dan sejarah atau bisa berarti memotong flora dengan pisau sehingga menjadi terang. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti masa lalu, masa kemudian umat manusia.
 Pengertian Sejarah ialah insiden yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan p Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah / Menurut Para Ahli

Sedangkan dalam bahasa sejarah berdasarkan bahasa terbagi menjadi dua yaitu pengertin sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Rasa sejarah dalam arti sempit ialah sebuah insiden atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas ialah insiden insan dari akar dalam perwujudan diri dengan kebebasan dan keputusan kekuatan spiritual.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli - Adapun pendapat para andal yang mendefinisikan pengertian sejarah. Macam-macam pengertian sejarah berdasarkan para andal ialah sebagai berikut...

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli di Luar Negeri 


  1. Aristoteles: Pengertian sejarah berdasarkan Aristoteles merupakan satu sistem yang meneliti suatu insiden semenjak awal tersusun dalam bentuk kronologi. serta berdasarkan Aristoteles bahwa sejarah ialah peristiwa-peristiwa masa kemudian yang memiliki catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit. 

  2. J.V. Bryce: Menurut J.V. Bryce, bahwa pengertian sejarah ialah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.  

  3. W.H. Walsh: Pengertian sejarah berdasarkan W.H. Walsh yang mengartikan sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga meurpakan dongeng yang berarti. 

  4. Roeslan Abdulgani: Menurut Roeslan Abdulgani bahwa ilmu sejarah ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menilik secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi evaluasi dan penentuan keadaan kini serta arah proses masa depan. 

  5. Patrick Gardiner: Pengertian sejarah berdasarkan Patrick Gardiner bahwa arti sejarah ialah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia. 

  6. Herodotus: Pengertian sejarah berdasarkan Herodotus ialah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban. 

  7. Robin Winks: Pengertian sejarah berdasarkan Robin Winks ialah studi wacana insan dalam kehidupan masyarakat. 

  8. Leopold Von Ranke: Menurut Leopald Von Ranke bahwa pengertian sejarah ialah apa yang sungguh-sungguh terjadi. 

  9. Sir Charles Firth: Pengertian sejarah berdasarkan Sir Charles Firth bahwa sejarah merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat, dan merekam kondisi-kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangannya.   

  10. Rober V. Daniels: Menurut Robert V. Daniels, pengertian sejarah ialah kenangan dari rujukan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah manusia. Manusia merupakan pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki oleh insan ialah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya. Memori ini akan menjadi sumber sejarah. 
  11. R. G. Collingwood: Pengertian sejarah berdasarkan R. G. Collingwood ialah sebuah bentuk penyelidikan wacana hal-hal yang telah dilakukan oleh insan pada masa lampau. 


Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Dalam Negeri (Indonesia) 

  1. Muhammad Yamin: Pengertian sejarah berdasarkan Muhammad Yamin ialah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa insiden yang sanggup dibuktikan dengan materi kenyataan
  2. Moh. Hatta: Menurut Moh. Hatta, sejarah dalam wujudnya memperlihatkan pengertian wacana masa lampau. Sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari insiden di masa kemudian sebagai masalah. Sejarah tidak sekedar insiden masa lampau, tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung aneka macam dinamika, mungkin berisi problematik pelajaran bagi insan berikutnya. 
  3. Nugroho Notosusanto: Pengertian sejarah berdasarkan Nugroho Notosusanto bahwa sejarah ialah peristiwa-peristiwa yang menyangkut insan sebagai makhluk bermasyarakat yang erjadi di masa lampau.  
  4. Taufik Abdullah: Pengertian sejarah berdasarkan Taufik Abdullah ialah tindakan insan dalam jangka waktu tertentu di masa lampau yang dilakukan di daerah tertentu. 
  5. Drs. Sidi Gazalba:  Arti sejarah berdasarkan Drs. Sidi Gazalba ialah masa kemudian insan dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap mencakup urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan klarifikasi yang memberi pengertian dan pemahaman wacana apa yang berlaku. 
  6. Moh. Ali: Pengertian sejarah berdasarkan Moh. Ali bahwa sejarah merupakan keseluruhan perubahan, dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi. Sejarah ialah ilmu yang menilik perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.  
  7. Rochmawati Wiriatmaja: Pengertian sejarah berdasarkan Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah ialah disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-ilai spritual, dan kultural alasannya ialah kajiannya yang bersifat memperlihatkan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan masa depan. 
  8. Ismaun: Pengertian sejarah berdasarkan Ismaun ialah suatu ilmu pengetahuan wacana kisah mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau berlangsung dalam segala aspeknya di masa lampau. Sejarah merupakan catatan atau rekaman pilihan yang disusun secara teliti wacana segala aspek kehidupan umat insan di masa lampau. 


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian sejarah secara umum, pengertian sejarah berdasarkan bahasa, pengertian sejarah berdasarkan istilah, pengertian sejarah secara sederhana, pengertian sejarah dalam arti sempit, pengertian sejarah dalam arti luas dan pengertian sejarah berdasarkan para andal sejarah baik itu pengertian sejarah berdasarkan para andal dalam negeri, maupun pengertian sejarah berdasarkan para andal luar negeri. Sekian dan terima kasih. 

Referensi: Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Sejarah 
Marwan Supriyadi, Sejarah 1 untuk Sekolah Menengan Atas / MA Kelas X / penyusun, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Jago Sejarah / Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar