Pengertian Pramuka, Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Indonesia

Pengertian Pramuka, Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Indonesia- Pramuka yaitu kependekan para muda karana yang berarti orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda merupaka ukuran dari semangat untuk maju. Kepramukaan yaitu nama kegiatan yang terdapat pada pramuka ibarat kegiatan menarik dan berpendidikan. Sedangkan Understanding Scout Movement yaitu wadah atau organisasi penempaan dimana pramuka berkumpul dan menuntaskan dilema bersama, tingkat organisasi ibarat pergerakan pramuka kwartir daerah, front cluster dan lain-lain.

Di dunia internasional, Pramuka disebut "kepanduan" (Pramuka). Gerakan Pramuka mempunyai Kode Pramuka Kehormatan, yang terdapat dalam Asosiasi Pramuka yang terdiri dari sebuah komitmen yang disebut Satya dan ketentuan sopan santun yang disebut Kode Etik Pramuka Darma yang diubahsuaikan menurut kelompok usia dan perkembangan spiritual dan fisik; .


  • Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri dari Dwisatya dan Dwidarma 
  • Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri dari Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma 
  • Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pendega yang terdiri dari Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. 
  • Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri dari Trsatya Anggota Dewasa dan Dasadarma 


Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia
Sejarah Pramuka Dunia - Sejarah pramuka dunia pertama kali dipelopori oleh Lord Baden Powel atau oleh nama lengkap Robert Sthepenson Smyth Baden Powel dari Giwell, seorang warga Inggris yang telah menjadi seorang tentara. Sejak kecil Baden Powel dikenal sebagai anak yang menyayangi acara di luar ruangan (outdor). Baden Powell selalu bermain di hutan kecil di samping sekolahnya. Tenda pertama yang dilakukan oleh Lord Baden Powel-nya berlangsung pada tanggal 1 Agustus 1907, terletak di Pulau Brwonsea, Inggris. Sehingga pada tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai hari peringatan Hari Dunia.

Sejarah Pramuka Indonesia - Saat di Indonesia, Sejarah Pramuka lahir pada tahun 1961 sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961 perihal Susunan Pelaksana Formasi Gerakan Pramuka yang diperkuat dengan Keputusan Presiden RI No. 238 tahun 1961. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1961 saat Presiden Republik Indonesia menawarkan rahmat Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI No. 448 tahun 1961. Sejak itu, tanggal ulang tahun Gerakan Pramuka Indonesia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus.

 Pramuka yaitu kependekan para muda karana yang berarti orang Pengertian Pramuka, Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Indonesia

Demikianlah warta mengenai Pengertian Pramuka & Sejarah Pramuka Dunia & Indonesia. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pramuka dan sejarha pramuka dunia dan sejarah pramuka di indonesia. Sekian dan terima kasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Pramuka, Sejarah Pramuka Di Dunia Dan Indonesia"

Posting Komentar