Pengertian Kebudayaan Berdasarkan Para Ahli, Unsur-Unsur Kebudayaan Dan Komponen Kebudayaan

Secara Umum, Pengertian Kebudayaan yaitu hasil cipta, rasa  dan karsa insan dalam memenuhi kebuyuhan hidupnya yang kompleks dengan meliputi pengetahuan, keyakinan, seni, susila, aturan budbahasa dan setipa kecakapan, dan kebiasaan.Menurut Koentjaraningrat yang percaya bahwa budaya berasal dari bahasa Sanskerta dari kata Budhayah yang merupakan bentuk jaka dari kata budhi, yang berarti akal. Dengan demikian, budaya sanggup diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan akal.

Selain itu, ada pula yang mengelupas kata budaya sebagai turunan kata beragam budi jaya yang berarti kekuatan akal. Sementara itu, kata culture (bahasa Inggris) berasal dari bahasa latin colere yang artinya proses, terutama mengolah tanah atau pertanian. Pemahaman ini terus berkembang dimana kata budaya didefinisikan sebagai upa dan tindakan insan untuk mengolah tanah dan mengubah sifatnya.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli- Terlepas dari pengertian di atas, ada beberapa definisi budaya yang diajukan oleh para jago antara lain sebagai berikut ...

Memahami Budaya Menurut Pakar di Dalam Negeri (Indonesia)

  • Koentjaraningrat: Menurut Koentjaraningrat, bahwa pemahaman budaya yaitu keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan karya insan dalam kerangka kehidupan masyarakat yang dijadikan insan dengan belajar.
  • Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi: Budaya berarti semua pekerjaan, rasa, dan penciptaan masyarakat.
  • Ki Hajar Dewantara: Menurut Ki Hajar Dewantara, bahwa definisi budaya yaitu buah insan yaitu hasil usaha insan melawan dua dampak kuat, yaitu abad dan alam yang merupakan bukti kemuliaan hidup insan untuk mengatasi rintangan. dan kesulitan dalam hidup dan mata pencaharian untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang dalam kelahiran tertip dan damai.
  • Drs. Mohammad Hatta: Menurutnya pengertian budaya yaitu ciptaan sebuah bangsa.
  • R. Seokmono: Pengertian budaya berdasarkan R. Soekmono yaitu semua hasil usaha manusia, entah dalam bentuk benda atau hanya berupa pemikiran dan penghidupan.
  • Parsudi Suparlan: Menurut Pasudi Suparlan, bahwa pengertian budaya sama ibarat pengetahuan insan sebagai sosial yang dipakai untuk memahami dan menafsirkan lingkungan dan pengalaman, dan menjadi dasar perilakunya.


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli Luar Negeri 
  • Kluckhohn dan Kelly: Pengertian kebudayaan berdasarkan Kluckhohn dan Kelly, yaitu semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai ajaran yang potensial untuk sikap manusia. 
  • E.B. Taylor: Pengertian kebudayaan berdasarkan E.B. Taylor bahwa arti kebudayaan yaitu suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, budbahasa istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh insan sebagai anggota masyarakat. 
  • Nostrand: Menurut Nostrand, kebudayaan yaitu sebagai sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut. 
  • Bounded et. Al: Menurutnya, pengertian kebudayaan yaitu hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan insan melalui simbol-simbol tertentu. 
  • Sir Edwards B Tylor: Pengertian kebudayaan berdasarkan Sir Edwards B. Tylor bahwa kebudayaan yaitu keseluruhan kompleks dari wangsit da segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis. 

Unsur-Unsur Kebudayaan
Unsur-Unsur Kebudayaan - Menurut Koentjaraningrat yang mengacu ke pendapat Kluckholm, yang menggolongkan bahwa unsur-unsur pokok setiap kebudayaan duni yaitu sebagai berikut...
  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan 
  • Sistem mata pencaharian 
  • Organisasi sosial 
  • Sistem peralatan hidup dan teknologi 
  • Kesenian 
  • Sistem religi

Komponen budaya
Komponen Budaya - Setiap elemen budaya universal ada dalam tiga bentuk budaya, gagasan, aktivitas, dan artefak. Berdasarkan bentuknya, budaya dikelompokkan dari dua komponen sebagai berikut.
  • Budaya material yaitu budaya yang mengacu pada semua kreasi masyarakat faktual dan nyata. Masalah dalam budaya material ini yaitu temuan hasil penggalian arkeologi, ibarat mangkuk tanah liat, perhiasan, dan senjata. Budaya material juga meliputi barang-barang ibarat komputer, pesawat terbang, televisi, mesin basuh dan gedung pencakar langit.
  • Budaya nonmaterial, cenderung memusatkan perhatian pada budaya nonmaterial, yaitu kreasi abnormal yang diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat.
 Pengertian Kebudayaan yaitu hasil cipta Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli, Unsur-Unsur Kebudayaan Dan Komponen Kebudayaan

Demikianlah isu mengenai Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian kebudayaan secara umum, pengertian kebudayaan berdasarkan para jago dalam negeri, pengertian kebudayaan berdasarkan para jago diluar negeri, unsur-unsur kebudayaan, dan komponen-komponen kebudayaan. Sekian dan terima kasih. 

TAG:Pengertian Norma Menurut Para Ahli
Pengertian Lembaga Sosial, Ciri-Ciri, Fungsi, & Macam-Macamnya
Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Menurut Para Ahli
Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli
Pengertian Nilai Menurut Para Ahli
Pengertian Sosialisasi Menuru Para Ahli

Referensi: Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga. Hal: 134-136

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Kebudayaan Berdasarkan Para Ahli, Unsur-Unsur Kebudayaan Dan Komponen Kebudayaan"

Posting Komentar